You are on page 1of 11

PERAN KOMPREHENSIF FUNGSI

PERSONEL
BIMBINGAN DAN KONSELING
DI SEKOLAH
Oleh

Rasman Sastra
Wijaya, M.Pd

? .Siapakah Penanggungjawab pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah..

memanaje. • Kepala sekolah secara komprehensif harus mampu memimpin. • Pengendalian program pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling haruslah dipimpin oleh seorang pemimpin yang memiliki kemampuan sistem manajerial yang baik. . dan bertanggung jawab terkait pelaksanaan pendidikan pada unit sekolah yang dipimpinnya.Siapakah yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pelaksanaan BK di sekolah? • Pelaksanaan layanan BIMBINGAN dan KONSELING tidak mungkin tercipta. terselenggara. dan tercapai bila tidak memiliki suatu sistem pengelolaan (manajemen) yang bermutu.

Fungsi Personel Sekolah terhadap Bimbingan dan Konseling 1. dengan tugasnya yaitu:  Mengkoordinasikan seluruh kegiatan pendidikan  Menyediakan dan melengkapi sarana dan prasarana demi pelayanan BK  Memberi kemudahan dan Mendukung terlaksananya kegiatan BK  Melakukan supervisi pelaksanaan BK  Menetapkan koordinator BK  Membuat surat tugas guru BK  Menyiapkan surat pernyataan melakukan kegiatan BK  Membangun Kerja sama denga instansi lain demi keberlanjutan pelayanan BK . sebagai Penanggung jawab kegiatan Pendidikan di Sekolah. KEPALA SEKOLAH.

Wakil Kepala Sekolah. membantu kepala Sekolah dalam hal: Mengkoordinasikan pelayanan BK Melaksanakan kebijakan pimpinan kepala sekolah terutama dalam pelaksanaan BK Mendukung seluruh kegiatan layanan BK .2.

3. Koordinator Bimbingan dan Konseling memiliki tugas sebagai berikut: Mengkoordinasikan kepada para guru BK Membuat usulan kepada Kepala Sekolah dan mengusahakan terpenuhinya tenaga. sarana. dan prasarana BK Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan BK kepada kepala sekolah .

Guru Bimbingan dan Konseling/ Konselor bertugas untuk:          Memasyarakatkan kegiatan BK Merencanakan program BK Merumuskan persiapan kegiatan BK Melaksanakan layanan BK terhadap peserta didik (Konseli) yang menjadi ampuan tanggungjawabnya Menilai proses dan hasil kegiatan layanan BK Menganalisis hasil penilaian Melaksanakan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis penilaian Mengadministerasi kegiatan BK Bertanggung jawab atas tugas dan semua kegiatan kepada koordiantor BK .4.

Guru Mata Pelajaran  Membantu Memasyarakatkan kegiatan BK Kepada Peserta didik  Melakukan Kerja Sama dengan Guru BK mengidentifikasi peserta didik yang memerlukan BK  Mengalihtangankan peserta didik yang memerlukan BK kepada guru BK  Mengadakan upaya tindak lanjut layanan BK (remedial)  Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperoleh layanan BK dari guru BK  Membantu mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam rangka penilaian layanan BK  Ikut serta dalam kegiatan BK .5.

Wali Kelas. sebagai Mitra Kerja Guru BK dan bertugas  Membantu guru BK melaksanakan layanan BK yang menjadi tanggung jawabnya  Membantu memberikan kesempatan dan kemudahan bagi peserta didik.6. khusus kelas ampuannya untuk mengikuti kegiatan BK  Memberikan informasi tentang peserta didik di kelasnya untuk memperoleh layanan BK dari guru BK  Menginformasikan kepada guru Mapel tentang peserta didik yang perlu diperhatikan khusus  Ikut serta dalam konferensi kasus .

Staf administrasipun memiliki tugas dalam layanan BK. Staf Administrasi (Tata Usaha) Seperti personel BK lainnya. Membantu guru BK dan Koordinator dalam mengadministrasi seluruh kegiatan BK di sekolah Membantu mempersiapkan fasilitas dan seluruh kebutuhan administrasi kegiatan BK Membantu menyiapkan sarana yang dibutuhkan pada pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling .7.

. YES...!!! . ITU LEBIH BAIK BK.BEKERJA TEAM..