You are on page 1of 14

INDUSTRI OBAT TRADISIONAL

Oleh:

Yulianus Kotouki
Internasional Women University (IWU)
Bandung

.(enam ratus juta rupiah).(enam ratus juta rupiah). pilis. Obat tradisional yang diproduksi untuk tujuan diedarkan baik di wilayah Indonesia maupun di luar negeri terlebih dahulu harus didaftarkan sebagai persetujuan menteri kecuali untuk obat tradisional hasil produksi:  Industri Kecil Obat Tradisional dalam bentuk rajangan.000. Sedangkan yang dimaksud dengan Industri Kecil Obat Tradisional menurut peraturan ini adalah industri obat tradisional dengan total asset tidak lebih dari Rp.Industri ObatPENGERTIAN Tradisional menurut Permenkes No. 246 tahun 1990 adalah industri yang memproduksi obat traditional dengan total asset diatas Rp 600. tidak termasuk harga tanah dan bangunan. tidak termasuk harga tanah dan bangunan.000. tapel.000. dan pareM  Usaha jamu racikan .000. 600.

Dalam mendirikan suatu industri obat tradisional memerlukan izin Menteri Kesehatan. dijual di satu tempat tanpa penandaan dan atau merk dagang. cairan. Usaha lndustri Obat Tradisional/Industri Kecil Obat Tradisional wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut: . pilis. tapel atau parem dengan skala kecil. dan atau pengolahan obat tradisional dalam bentuk rajangan. serbuk. 1990). pencampuran. tanpa penandaan dan atau merk dagang serta dijajakan untuk langsung digunakan (Menkes.Yang dimaksud dengan Usaha Jamu Racikan adalah usaha peracikan. pencampuran. sedangkan untuk usaha jamu racikan dan jamu gendon. Sedangkan Usaha Jamu Gendong adalah usaha peracikan. pitis. tapel atau parem. tidak diperlukan izin Menteri Kesehatan dalam pendiriannya. pengolahan dan pengedaran obat tradisional dalam bentuk cairan.

4. Dilakukan oleh Perorangan warganegara Indonesia atau Badan Hukum berbentuk Perseroan Terbatas atau Koperasi 2. Usaha lndustri Obat Tradisional harus mempekerjakan secara tetap sekurangkurangnya seorang Apoteker warga negara Indonesia sebagai penanggung jawab teknis 5. 1990) .1. Harus didirikan di tempat yang bebas pencemaran dan tidak mencemari lingkungan. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak 3. Dilakukan oleh Badan Hukum berbentuk Perseroan Terbatas atau Koperasi. Wajib mengikuti Pedoman Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB)(Menkes.

05.00.Dibuat sesuai dengan ketentuan tentang Pedoman Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik atau Cara Pembuatan Obat yang Baik yang berlaku.1384 yang berbunyi sebagai berikut: 1) Obat tradisional.41. .masyarakat haruslah memenuhi persyaratan yang diwajibkan oleh pemerintah serta telah memiliki izin edar sebagaimana diharuskan dalam Pasal 2 Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia Nomor: HK.Penandaan berisi informasi yang lengkap dan obyektif yang dapat menjamin penggunaan obat tradisional. keamanan dan kemanfaatan / khasiat. rasional dan aman . harus memenuhi kriteria sebagai berikut: . . obat herbal terstandar dan fitofarmaka secara tepat.Menggunakan bahan berkhasiat dan bahan tambahan yang memenuhi persyaratan mutu. 2) Untuk memperoleh izin edar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus dilakukan pendaftaran 3) Untuk dapat memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal diatas maka obat tradisional. obat herbal terstandar dan fitofarmaka yang dibuat dan atau diedarkan di wilayah Indonesia wajib memiliki izin edar dari Kepala Badan.

Dengan kondisi masyarkat yang semakin menginginkan produk-produk herbal inilah menjadi peluang besar yang harus direspon oleh pelaku usaha yang bergerak di bidang industri herbal. Saat ini di Indonesia terdapat 1. Sisanya.247 industri obat tradisional yang di antaranya 129 industri obat tradisional. dengan produk herbal memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan produk farmasi lainnya. merupakan usaha kecil obat tradisional dan usaha mikro . dan harganya juga lebih terjangkau.Potensi pasar industi herbal di Indonesia sangat Industri Herbalindustri Saat Iniherbal/jamu. Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia DPD Jateng Stefanus Handoyo Saputro mengatakan. beberapa tahun terakhir permintaan herbal mengalami peningkatan dibandingkan industri farmasi. Hal ini menjanjikan bagiObat kalangan dikarenakan penggunana herbal tradisional di Indonesia terus meningkat. "Masyarkat sekarang ini semakin mengarah ke produk herbal sebagai obat. Karena mereka memadang.

seperti Purwaceng Ekstra dan Buyung Upik. "Pertumbuhan industri jamu sangat baik. Direktur Pemasaran PT Jamu Jago Vincent mengakui. tidak hanya kesulitan menciptakan produk berkualitas namun juga menghadapi daya saing pasar. akan sangat menjanjikan. Tidak hanya pasar lokal tetapi juga harus mampu mengikuti pasar internasional. "Industri jamu jika mampu ekspor. sehingga produk jamu dari Indonesia bisa diminati di mancanegara. beberapa produk dari PT Jamu Jago mendapatkan respon yang baik di pasar. Selama ini Industri jamu masih terkendala dengan pengembangan dan pemasaran produk. Terbukti. . potensi pasar jamu di Indonesia memang sangat besar. pelaku industri harus mampu beradaptasi dengan kebutuhan konsumen. Karena itu. Vincent mengatakan. PT Jamu Jago terus mengalami pertumbuhan setiap tahun.Untuk bisa bertahan di industri herbal. dibutuhkan inovasi untuk menyesuaikan pasar.". Karena 95 persennya dari lokal.

Misalnya Papirus Ebers.Selama berabad-abad. berbagai macam obat telah berupaya ditemukan manusia untuk mengobati berbagai penyakit. Padahal tak perlu jauh jauh ke negri orang dengan biaya yang sangat mahal sekali. dari mulai mampu mengobati penyakit kelas ringan bahkan penyakit sampai ke penyakit kelas berat. memuat ratusan obat rakyat untuk berbagai penyakit. Tanaman Obat atau yang biasa kita sebut Tanaman herbal sangat banyak sekali jenisnya dan manfaatnya. yang disusun di Mesir sekitar abad ke-16 SM. Meskipun ada yang berpendapat bahwa obat tradisional atau obat herba lebih aman daripada obat-obat farmasi modern. Dari dulu hingga sekarang tanaman herbal ataupun tanaman obat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tapi sayang sekali banyak warga Indonesia saat ini malah lebih memilih produk kesehatan luar negri dibanding negri sendiri. Indonesia adalah negara agraris yang terkenal akan kekayaan rempah rempah dan berbagai jenis tanaman. Selain itu Tanaman obat juga sudah banyak teruji ampuh dibandingkan . obat tradisional bukannya tidak berisiko. Sejak zaman yang paling awal. pengobatan herbal biasanya diturunkan secara lisan dari generasi ke generasi. obat tradisional yang kebanyakan berupa obat herbal telah digunakan untuk mengobati penyakit. di negri kita jauh lebih kaya dan alami dalam segi pengobatan. Akan tetapi.

Kesehatan Peranan Obat Tradisional Dalam Pelayanan Kesehatan Pada tingkat rumah tangga pelayanan kesehatan oleh individu dan keluarga memegang peranan uatama. . Ditingkat masyarakat peranan pengobatan tradisional termasuk peracik obat tradisional / jamu mempunyai peranan yang cukup penting dalam pemerataan pelayanan kesehatan untuk mewujudkan derajad kesehatan masyarakat yang oprtimal. Pengetahuan tentang obat tradisional dan pemanfaatan tanaman obat merupakan unsur memperoleh hidup sehat.

dan di pergunakan dalam pengobatan tradisional. baik yang barasal dari hewan.9 Tahun 1960.7 tahun 1963 tentang Farmasi). ialah seluruh pengetahun dan praktik. Sementara itu. atau mineral. atau social. dan penyembuhan terhadap penggunaan fisik. yang di gunakan untuk menetapkan diagnosis. mental. tentang Pokok-Pokok Kesehatan dan UU No.Yang di maksud dengan obat tradisioan atau obat asli Indonesia merupakan ramuan-ramuan yang diperoleh langsung secara alamiah di indonesia. . serta sepenuhnya di dasarkan pada pengalaman praktis dan pengamatan yang di teruskan dari satu generasi ke generasi berikutnya secara tertulis maupun lisan (WHO Technical Report Series 622. di olah secara sederhana atas dasar pengalaman. baik yang di jelaskan maupun tidak. 1978). tumbuhan. Obat tradisioal yang telah di ramu dan siap untuk di pasarkan lazim di sebut sebagai jamu (jawa) (Menurut UU No. pencegahan. yang di maksud dengan “pengobatan tradisional” (Traditional medicine).

Hal ini du sebabkan oleh sebagian besar penduduknya berdiam di daerah pedesaan dengan berpenghasilan rendah yang justru sangat membutuhkan pelayan kesehatan sederhana. Jenderal WHO. efektif. sedangkan fasilitas kesehatan yang cukup lengkap dan relative mahal umumnya terpusat di sebagian kota-kota besar saja. dan sampai saat ini masih banyak yang di gunakan meskipun fasilitas penggunaan modern sudah tersedia. dan terjangkau sesuai dengan kemampuan merek.tradisional mengemukakan menduduki tempatbesar penting dalam pemeliharaan kesehatan rakyat. Oleh kerena itu Direktur Jenderal WHO berpendapat bahwa “bila Negara-negara sedang berkembang tetap bertahan hanyadengan menggantungkan diri pada system pengobatan berdasarkan ilmu kedokteran yang secara resmi dianut.Penggunaan obat tradisional telah berlangsung sejak berabadabad yang lalu. Di Indonesia. cara tradisional masih banyak di anut bahkan di hormati oleh sebagian besar rakyatDirektur sehingga pengobatan masih Dokter Haldfand Mahler. bahwa “ sebagian Negara yang sedang berkembang menghabiskan kurang lebih 80% dari anggaran kesehatannya hanya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang dapat menjangkau tidak kurang dari 20% penduduknya. . murah. pemerataan pelayanan kesehatan beum dapat terpenuhi.

dan pengembangan obat-obatan serta cara penobatan tradisional” (BBHN RI 1988-1993). dan terjangkau oleh masyarakat luas. Pemanfaatan obat tradisional ini telah dicantumkan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1988 tentang Arah dan kebijaksanaan Pembangunan Bidang Kesehatan dalam Pelita V butir satu di sebutkan bahwa: “dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan secara lebih luas dan merata segaligus memelihara dan mengembangkan warisan budaya bangsa. hewan. benar khasiatnya serta mempunyai mutu yang memenuki persyarakatan yang diterapkan.asalah ini adalah dengan memanfaatkan obat tradisional yang bahannya bersumber dari tumbuhan. Dalam usaha untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dalam bidang obat dan pengobatan. Di Indonesia dalam upayapembangunan di bidang kesehatan perlu tersedia obat dalam jenis dan jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan nyata masyarakat. pemerintah Indonesia juga berusaha untuk membudayakan penggunaan obat tradisional. perlu terus di lakukan penggalian. atau mineral yang ada disekitar tempat tinggal penduduk.Alternatif pemecahan . aman penggunaannya. tersebar merata. . penelitian. pengujian.

Depkes RI. Di samping itu. obat tradisional yang terbukti berkhasiat di kembangkan dan di gunakan dalam upaya keshatan. 1982). dibimbing.Kebijakan Obat Nasional menyatakan bahwa di dalam upaya penyediaan obat. . dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN) tercantum pula bahwa pengobatan tradisional yang terbukti berhasil guna dan berdaya guna dibina. serta dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan (SKN.

THANK THANKYOU YOU .