You are on page 1of 10

PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Hidup Harmonis Bersama Alam
• Manusia adalah makhluk hidup yang merupakan bagian
tak terpisahkan dari lingkungan hidup. Lingkungan hidup
merupakan sistem kehidupan di mana terdapat campur
tangan manusia terhadap tatanan ekosistem.
• Lingkungan alam merupakan tempat hidup berbagai
makhluk hidup. Banyak makhluk hidup yang menghuni
Bumi, masing-masing hidup pada lingkungannya, baik
lingkungan air (aquatik) maupun lingkungan darat
(terestrial).
• Makhluk hidup ada yang hidup berkelompok dan ada
yang melakukan kerja sama di antara makhluk hidup.
Hidup bersama secara harmonis di lingkungan alam
dilakukan melalui beberapa cara hubungan: (1) Simbiosis
Mutualisme (saling menguntungkan), (2) Simbiosis
Komensalisme (yang satu untung yang lain tidak merasa

Manusia harus mampu belajar dan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan alam sekitarnya. Peradaban sebenarnya sudah ada sejak manusia mempelajari cara menggunakan api dan alat utk mengubah lingkungan. yaitu mengenal tenaga alam. . • Sejak manusia lahir hingga akhir hayatnya selalu membutuhkan dan selalu terlibat dengan lingkungannya. manfaat tumbuhan serta binatang yang ada di lingkungan sekitarnya. manusia dituntut mampu mengatasi masalah lingkungan yg terjadi di sekitarnya. Dengan menggunakan kemajuan iptek. • Seiring dengan perkembangan zaman dan terjadinya perubahan lingkungan yang pesat. Kehidupan merupakan dinamika yg mengandung pergeseran dan perubahan secara terus menerus.PENGETAHUAN LINGKUNGAN Belajar Hidup Dari Lingkungan • Lingkungan alam terkembang menjadi guru dan manusia adalah muridnya. Manusia primitif untuk dapat melangsungkan hidupnya harus mengenal lingkungannya. manusia dituntut untuk lebih mengenal lingkungan hidupnya.

(2) adaptasi . manusia tidak perlu bermigrasi seperti makhluk hidup yang lain. • Hewan menyesuaikan diri terhadap lingkungan melalui: (1) adaptasi struktur atau morfologi.PENGETAHUAN LINGKUNGAN Adaptasi Manusia Terhadap Lingkungan • Manusia memiliki akal pikiran sehingga dapat mengembangkan kemampuannya menyesuaikan diri atau beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan hidupnya. Manusia telah mampu membuat pakaian atau peralatan untuk mengatasi suhu dingin atau panas tersebut. • Untuk menghadapi suhu dingin atau suhu panas. • Dengan adanya kemajuan iptek. manusia makin mudah beradaptasi secara serasi dan harmonis terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan hidupnya. Manusia mampu mengembangkan peralatan untuk memenuhi kebutuhan sesuai kondisi lingkungannya.

(4) pemangsaan. • Pengaruh perubahan alam lingkungan terhadap komunitas. yang mempunyai struktur dan penampakan yang sama. • Komunitas adalah sekelompok tumbuhan dan hewan yang terdapat di suatu area.PENGETAHUAN LINGKUNGAN Perubahan Lingkungan • Perubahan lingkungan dapat disebabkan oleh dua hal: (1) Perubahan lingkungan alam karena pengaruh faktor alam (perubahan lingkungan secara alami). (3) wabah penyakit. Beberapa pengendali pertumbuhan komunitas antara lain: (1) adanya persaingan. Pada dasarnya alam telah mengadakan kendali terhadap pertumbuhan suatu komunitas sehingga jumlah makhluk hidup dapat terkendali. (2) kelaparan. . (2) Perubahan lingkungan alam karena faktor manusia (perubahan lingkungan secara buatan).

omnivora). (c) pengurai. karnivora. • Komponen ekosistem biotik. (b) konsumen: hewan. manusia (herbivora. bakteri. • Ekosistem adalah tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan. • Komponen ekosistem abiotik: (a) faktor kimiawi senyawa . stabilitas.PENGETAHUAN LINGKUNGAN Ekosistem Sebagai Lingkungan Hidup Manusia • Prinsip dasar ilmu pengetahuan lingkungan adalah bahwa manusia pada hakekatnya merupakan bagian yang tak terpisahkan sistem lingkungan alam (ekosistem). dekompuser: jamur. dan produktivitas lingkungan hidup. makhluk hidup yang memiliki berbagai peran dalam ekosistem: (a) produsen: tumbuhan. Konsep ekosistem menekankan adanya saling keterkaitan dan ketergantungan antara komponen yang membangun lingkungan alam. Kalau manusia ingin memecahkan masalah lingkungan maka terlebih dahulu harus memahami ekosistem.

komponen ekosistem diperlukan untuk: (1) menyediakan sumber daya untuk kebutuhan hidup. (2) membentuk kondisi lingkungan. . kelimpahan dan penyebaran suatu spesies dalam ekosistem ditentukan oleh tingkat ketersediaan sumberdaya serta kondisi faktor kimiawi dan fisis yang harus berada dalam kisaran yang dapat ditoleransi oleh spesies tersebut.PENGETAHUAN LINGKUNGAN Fungsi Komponen Ekosistem Bagi setiap makhluk hidup. Hukum Toleransi Kehadiran.

Daur Materi Materi di alam terdapat dalam jumlah tertentu dan terbatas. Materi diputarkan dalam ekosistem melalui daur-daur yang keterkaitannya berada terutama di atmosfer. . Hasil fotosintesis dimanfaatkan oleh makhluk hidup lain melalui hubungan makanan (rantai makanan. Contoh biologis: energi matahari memungkinkan fotosintesis oleh tumbuhan. litosfer. jaring makanan dan piramida ekologi).PENGETAHUAN LINGKUNGAN Proses Dinamika Ekosistem Aliran Energi Sumber energi untuk hampir semua kegiatan di Bumi adalah matahari. serta menentukan cuaca. dan hidrosfer. Contoh fisis: energi matahari menggerakkan angin dan daur air.

estuaria. danau. desa. . muara sungai. kota. (4)Binaan. hutan konifer. dll. Contoh Ekosistem (1)Daratan. lahan basah. laut terbuka.PENGETAHUAN LINGKUNGAN Ekosistem Alami dan Binaan • Ekosistem alami mengalami proses perubahan secara alami tanpa campur tangan manusia. gurun pasir. sungai. pertanian. (3)Lautan. (2) Air tawar. savana. • Ekosistem binaan membutuhkan pengelolaan dan penambahan energi atau materi oleh manusia agara dapat dipertahankan dalam kondisinya. hutan tropis.

PENGETAHUAN LINGKUNGAN Matra Ekologi Hubungan keterkaitan dan ketergantungan antar keenam komponen utama ekosistem harus dipertahankan dalam kondisi yang stabil dan seimbang. MANUSIA HEWAN TUMBUHAN TANAH AIR UDARA .

PENGETAHUAN LINGKUNGAN Ekosfer (Biosfer) Keseluruhan ekosistem di Bumi. hidrosfer dan litosfer. ATMOSFER (udara) HIDROSFE R (air) LITOSFER (tanah) . meliputi semua bagian Bumi yang mengandung kehidupan. terdiri dari komponen biotik yang berinteraksi dengan lingkungan abiotik yang merupakan bagian dari atmosfer.