You are on page 1of 23

PERMAINAN BOLA KECIL

SOFTBALL
Nama :
1. Aufa Hammam Y.S
2. Dwi Cahyo Pambudi
3. Dwi Kritiyasari
4. Rezsi Wahyu Kunarni
XI MIA 1
SMA NEGERI 3 PURWOREJO
2014/2015

A.Definisi permainan softball
Softball adalah salah satu cabang
olahraga dalam permainan bola kecil.
Di Indonesia softball mirip dengan
permainan Bola Kasti. Softball adalah
permainan
beregu
yang
setiap
regunya terdiri dar 9 orang pemain
dan membutuhkan kerja sama tim
untuk mendapatkan kemenangan.
Menjadi
juara
dalam
setiap
pertandingan softball merupakan satu
pemicu yang dapat membangkitkan
semangat bagi setiap atlet yang akan

Kemudian lahirlah Federasi Softball Internasional (International Softball Federation). olahraga ini berkembang ke Kanada dan dari sanalah softball makin berkembang ke seluruh penjuru dunia. . Badan inilah yang akhirnya membuat peraturan-peraturan yang menyangkut permainan olahraga softball yang berlaku di seluruh dunia. Sejarah softball Permainan softball lahir di Amerika Serikat. Softball dapat dimainkan oleh setiap orang dengan tidak memandang usia. dan tak memerlukan lapangan yang luas dan yang terutama dapat dimainkan di gelanggang tertutup.B. karena permainannya berbeda-beda dengan baseball. baik pria ataupun wanita. Dari Amerika Serikat. yang diciptakan oleh George Hancoc di kota Chicago tahun 1887. daya tarik yang utama mengapa permainan ini cepat dicintai masyarakat. termasuk Indonesia pada saat ini.

Taiwan. Jepang. Muangthai. Pakistan. Softball telah menjadi permainan rakyat. Anggotanya antara lain: Philipina. Taiwan. Mengingat pesatnya perkembangan olahraga ini di Asia. India. Singapura. softball semakin menyebar untuk dikenal dan digemari. Korea Selatan. . yang disingkat ASA-ASIA (Persatuan Softball Amatir se-Asia). Kejuaraan Softball se-Asia ini diselenggarakan setiap setahun sekali bergantian antara putera dan puteri. Philipina. dan Indonesia. Di Jepang. Korea Selatan. Perkembangan Softball Di Asia Setelah Perang Dunia II usai. Hongkong.1. dibentuklah Ameteur Softball of Asia.

. Perkembangan Softball di Indonesia Sebelum perang kemerdekaan sebetulnya softball sudah ada yang melakukannya di Indonesia. Ketiak Asian Games Bangkok. Artinya hanya dimainkan di sekolah-sekolah tertentu saja. Pada mulanya ada anggapan bahwa permainan olahraga Softball hanya pantas dimainkan oleh golongan wanita saja. namun sifatnya masih sangat terbatas. terbukalah mata kita bahwa sebenarnya olahraga Softball itu dapat dimainkan baik oleh puteri maupun putera.2. Hal ini terus berlangsung sampai tahun 1966.

maka dibentuklah Induk Organisasi dengan nama PERBASASI (Perserikatan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia. Bandung. dan Surabaya. Sejak PON VII di Surabaya. Tetapi kini telah menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat digemari masyarakat. Softball menjadi salah satu cabanhg olahraga yang dipertandingkan. Semarang. Mulanya softball hanya berkembang di Jakarta. terutama para pelajar dan mahasiswa.Melihat perkembangan Softball sedemikian cepatnya dan adanya kompetisi antara negara setiap tahunnya. Palembang. Untuk menyalurkan kegiatan-kegiatan softball di Indinesia. . diperlukan suatu badan yang mengaturnya.

c. Pegang bola di tangan kanan. dengan bantuan pergelangan tangan lepas dan lemparkan bola ke depan. Teknik Dasar Permainan Softball 1) Teknik melempar Bola •) Lemparan Pitcher Pitcher adalah seorang pelambung bola yang bertugas melambungkan bola. b. tangan kiri memegang glove. Kaitkan kedua tangan dengan posisi bola didalam glove. Cara melakukan lemparan sebagai berikut: a. Lemparan pitcher harus berada di atas lutut dan di bawah dada pemukul atau disebut dengan strike zone. .C. Injak pitcher plate kemudian putar tangan yang memegang bola satru putaran bahu penuh.

• a. dan di lapangan luar. Lemparan antar base Lemparan ini dilakukan oleh semua penjaga baik yang berkedudukan di lapangan dalam atau penjaga base. d. b. c. Teknik melempar bola antar base: Teknik lemparan dengan ayunan atas Teknik lemparan dengan ayunan samping Teknik lemparan bawah Teknik lemparan dengan lecutan tangan .

dengan posisi tangan menghadap ke depan menyongsong gerakan bola yang dilempar pitcher ) Tangan yang lain membungkus agar bola tidak lepas .2) Teknik menangkap bola Pemain yang bertugas menangkap bola adalah catcher dan penjaga base/lapangan termasuk pitcher. a) Teknik menangkap bola untuk catcher: ) Posisi awal jongkok ) Tangan kiri memakai glove khusuh catcher.

b) Teknik menangkap bola untuk penjaga lapangan/base: ) Teknik menangkap bola yang bergulir di tanah •) Buka kaki agak lebar •) Bungkukkan badan 90 derajat untuk bola pelan. atau badan jongkok dengan salah satu lutut menumpu tanah untuk bola cepat •) Kudua tangan siap menangkap dengan tangan kiri yang memakai glove berada di bawah sedangkan tangan kanan melingkupi bola dengan .

sedangkan tangan yang lain melingkupi bola agar tidak lepas  Teknik menangkap bola lurus caranya sama dengan menangkap bola lambung bedanya hanya pada saat menangkap bola. Teknik menangkap bola lambung • Kaki di buka selebar bahu dengan salah satu kaki di depan • Badan tegak dengan pandangan ke arah datangnya bola • Posisi tangan setinggi kepala • Tangan kiri yang memakai glove menyongsong datangnya bola. posisi tangan ke depan dada .

yaitu pegang stik di bagian pegangan di atas knop. . Cara memukul dalam permainan softball yaitu memukul bola dengan ayunan penuh (swing) dan memukul bola tanpa ayunan (bunting). Teknik memegang alat pemukul (grip). dengan posisi ruas jari-jari kedua membentuk satu garis lurus. Hal yang harus diperhatikan pada saat memukul: a.3) Teknik memukul (batting) Tujuan memukul dalam permainan softball antara lain melewati atau mencapai base di depannya dengan selamat. mencetak nilai kalau bisa melewati semua base dengan selamat.

Cara mengayunkan stik (swing).b. Cara berdiri (stand). berdiri di dalam batter boxes dengan kedua kaki kangkang. dengan berat badan di kaki belakang. yaitu ayunkan stik dengan cara mendorong ke depan sambil meluruskan siku e. kaki depan digeser atau dilangkahkan ke arah datangnya bola d. yaitu pada waktu akan mengayun stik. Gerak lanjut (follow through). maka memutar badan ke arah pukulan dengan menjaga keseimbangan sebagai gerak lanjutnya. c. . Cara menggeserkan kaki depan (stride). yaitu setelah melakukan swing dengan impak bola yang benar.

Tujuan penggunaan teknik sliding: a. Teknik sliding mengait •. Untuk mengurangi laju lari ke arah base tanpa kehilangan tempo lari antar base dan dapat berhenti tepat di atas base tersebut. 3 macam teknik sliding: •. b. Untuk menghindar dari kejaran lawan sehingga dapat mencapai base dengan selamat. Teknik sliding dengan kepala lebih dahulu . Teknik sliding lurus •.4) Teknik sliding Sliding adalah upaya menjangkau base dengan cepat dengan cara meluncurkan dan mnyentuhkan anggota badan ke base.

.

Perlengkapan Dan Lapangan Softball Peralatan yang digunakan dalam permainan softball: 1) Glove (pelindung tangan) 2) Bola softball 3) Pemukul 4) Leght guard 5) Body protector 6) Masker 7) Lapangan lengkap .D.

gunanya untuk menentukan bola itu jatuhnya didalam atau di luar garis batas. Ukuran lapangan softball sebagai berikut: •) Panjang setiap sisisnya 16.76 meter. Base terdiri atas base I.II. sedang base IV langsung tempat untuk memukul (home base) •) Perpanjangan garis dalam home base ke base I dan II di sebut garis batas/sector. •) Jarak dari home base ke tempat pelempar adalah 13. berukuran 60x15 meter) •) Permainan softball mempunyai tiga tempat hinggap pelari yang disebut base.Peraturan Permainan Softball 1) Lapangan softball berbentuk segiempat. . dan III.07 meter •) Tempat pelempar berdiri (pitcher plate.

selain itu penjaga belakang menggunakan pelindung muka (face mark) dan pelindung badan (body protektor) •) Bola terbuat dari kulit yang di dalamnya terdiri atas campuran gabus dan karet. berukuran 38x38 dan beratnya 283 gram.2) Perlengkapan Pemain Softball •) Pemain penjaga menggunakan glove terbuat dari kulit agak tebal. Lingkaran bola 30 cm dan berat bola 190 gram •) Alat pemukul atau stick yang di pakai .

3) Peraturan Permainan Softball •) Jumlah pemain dalam satu regu berjumlah 9 orang •) Pertandingan dipimpin oleh wasit. di setiap base ditempatkan seorang pembantu wasit (umpire) yang disebut base umpire •) Lamanya permainan ditentukan oleh inning. Adapun yang di maksud satu inning adalah setiap regu bermain sekali giliran memukul dan sekali giliran menjaga •) Untuk menentukan siapa yang menjadi regu penjaga dan siapa yang menjadi regu pemukul harus di lakukan undian (toss) dengan uang logam . yaitu 7 inning.

Tim yang berjaga berusaha mematikan anggota tim yang mendapat giliran memukul.4) Penilaian Pada Permainan Softball Permainan terdiri dari 9 babak yang disebut inning. Tim yang mendapat giliran memukul bergantian seorang demi seorang untuk memukul bola. Tim yang mendapat giliran memukul mendapat kesempatan 3 kali mati (out) sebelum giliran memukul digantikan tim yang bertahan. Ketika tim yang menyerang mendapat giliran memukul. seorang pelempar bola tim bertahan melemparkan bola ke arah penangkap bola sekencang-kencangnya agar bola tidak dapat dipukul. Di dalam satu inning tim yang bertanding masing-masing mempunyai kesempatan memukul (batting) untuk mencetak angka (run). .

tim yang mencetak angka (run) terbanyak menjadi pemenang. Setelah menghabiskan inning. di sebut 1 inning. Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out.Skor atau run dihasilkan dari seorang runner berlari menginjak semua marka secara berurutan dan kembali menginjak home plate. Setiap pelari yang berhasil mengelilingi dan menginjak home plate mendapat satu angka. . Waktu permainan ditentukan oleh inning.

Lapangan Softball .E.

SEMOGA BERMANFAAT TERIMAKASIH  .