You are on page 1of 17

Struktur teks

Proklamasi
kemerdekaan
Indonesia
Pedj
a

Orientasi Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi yaitu sebelum di proklamasikannya kemerdekaan Indonesia. Berawal dari jatuhnya bom Hiroshima dan Nagasaki di Jepang oleh Amerika Serikat yang mulai menurunkan moral semangat tentara Jepang di seluruh dunia. .

Urutan peristiwa sejarah tahap 1 Sebuah bom atom dijatuhkan di atas kota Hiroshima Jepang oleh Amerika Serikat yang mulai menurunkan moral semangat tentara Jepang di seluruh dunia. Terjadi pada tanggal 6 Agustus 1945. .

Urutan peristiwa sejarah tahap 2 Bom atom kedua dijatuhkan di atas Nagasaki sehingga menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya. Momen ini pun dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya. . terjadi pada tanggal 9 Agustus 1945.

Terjadi pada tanggal 10 Agustus 1945.Urutan peristiwa sejarah tahap 3 Sutan Syahrir telah mendengar berita lewat radio bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu. Para pejuang bawah tanah bersiap-siap memproklamasikan kemerdekaan RI. . dan menolak bentuk kemerdekaan yang diberikan sebagai hadiah Jepang.

.Urutan peristiwa sejarah tahap 4 Jepang melalui Marsekal Terauchi di Dalat. Terjadi pada tanggal 10 Agustus 1945. mengatakan kepada Soekarno. Hatta dan Radjiman bahwa pemerintah Jepang akan segera memberikan kemerdekaan kepada Indonesia dan proklamasi kemerdekaan dapat dilaksanakan dalam beberapa hari. Vietnam. tergantung cara kerja PPKI.

Terjadi pada tanggal 24 Agustus 1945. .Urutan peristiwa sejarah tahap 5 Sutan Syahrir mendesak agar Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan karena menganggap hasil pertemuan di Dalat sebagai tipu muslihat Jepang.

Urutan peristiwa sejarah tahap 6 Jepang menyerah kepada Sekutu. Namun golongan tua tidak ingin terburu-buru. Mereka tidak menginginkan terjadinya pertumpahan darah pada saat proklamasi. golongan muda mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. .

Urutan peristiwa sejarah tahap 7 Soekarno dan Hatta segera mempersiapkan pertemuan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) guna membicarakan segala sesuatu yang berhubungan dengan persiapan Proklamasi Kemerdekaan. . Terjadi pada pukul 10 pagi 16 Agustus 1945.

Terjadi pada pukul 10 pagi 16 Agustus 1945. .Peserta rapat tidak tahu telah terjadi peristiwa Rengasdengklok.Urutan peristiwa sejarah tahap 8 Rapat PPKI tidak dilaksanakan karena Soekarno dan Hatta tidak muncul.

Sukarni.Urutan persitiwa sejarah tahap 9 Para pemuda pejuang termasuk Chaerul saleh. Terjadi pada dini hari 6 Agustus 1945. Shodanco Singgih dan pemuda lainnya membawa soekarno. . Wikana. fatmawati dan Guntur serta hatta ke rengasdengklok yang kemudian dikenal dengan peristiwa rengasdengklok.

Terjadi pada malam hari 6 Agustus 1945.Urutan peristiwa sejarah tahap 10 Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta. Kepala Departemen Urusan Umum pemerintahan militer Jepang. . Lalu bertemu dengan Mayor Jenderal Otoshi Nishimura.

B. . Diah.M. Hatta. Achmad Soebardjo dan disaksikan oleh Soekarni. M. Sudiro dan Sayuti Melik. Terjadi pada 6 Agustus 1945.Urutan peristiwa sejarah tahap 11 Penyusunan teks Proklamasi dilakukan yang oleh Soekarno.

yang telah dijahit oleh bu Fatmawati. Kemudian bendera Merah Putih. Terjadi pada pagi hari 17 Agustus 1945. . dikibarkan oleh seorang prajurit PETA yaitu Latief Hendraningrat dibantu oleh Soehoed dan seorang pemudi membawa nampan berisi bendera Merah Putih .Urutan peristiwa sejarah tahap 12 Pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks.

yang selanjutnya dikenal sebagai UUD 45. .Urutan peristiwa sejarah tahap 13 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengambil keputusan. Terjadi pada tanggal 18 Agustus 1945. mengesahkan dan menetapkan Undang-Undang Dasar (UUD) sebagai dasar negara Republik Indonesia.

Reorientasi Terbentuknya Pemerintahan Negara Kesatuan Indonesia yang berbentuk Republik (NKRI) dengan kedaulatan di tangan rakyat yang dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Soekarno dan M.Hatta terpilih atas usul dari Oto Iskandardinata dan persetujuan dari PPKI sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia .

Sekian!!! .