You are on page 1of 32

ETIKA BERPAKAIAN

DAN PERGAULAN

{

DRS. H. ABDUL JALIL DJAUHARY, M.PD

Istilah pakaian terjemahan dari kata “libas” atau
“tsiyab”. Dalam Al-Qur’an kata libas menunjukkan
pakaian lahir maupun pakaian batin, sedangkan
kata “tsiyab” (pakaian) digunakan untuk pakaian
lahir.
 Kata ini diambil dari kata “tsaub” yang berarti
kembali, yakni kembalinya sesuatu pada keadaan
semula, atau pada keadaan yang seharusnya sesuai
dengan ide pertamanya.
 Ide dasar tentang pakaian adalah kembalinya
manusia pada keaadan semula, yaitu “tertutupnya
aurat”, namun karena godaan setan, aurat manusia
terbuka;

trend. akan tetapi berpakaian lebih merupakan upaya yang sesungguhnya untuk mengembalikan manusia (setelah ditipu dan digoda setan untuk telanjang) pada fitrah dirinya sebagai makhluk yang mulia. . beradab dan berbeda dengan makhluk yang lainnya. Persoalan bukan hanya persoalan yang menyangkut hobi. mode. budaya maupun kesukaan dari seseorang.

TUJUAN DAN FUNGSI PAKAIAN .

dan itu bisa disebut perhiasan.  Bisa saja orang berpakaian apa adanya. perlindungan dari sesuatu yang membahayakan (baju besi untuk peperangan).  . misalnya untuk perhiasan. sedangkan fungsi pakaian beraneka ragam.Tujuan utama pakaian adalah untuk menutup aurat. akan tetapi tujuan utama berpakaian tidak terpenuhi yaitu menutup aurat. untuk menambah kepercayaan diri. dan perlindungan dari panas matahari. tampil menarik. menonjolkan aurat dan orang akan mengatakan sebagai keindahan (bahkan ada yang menafsirkan suatu kemajuan). minim.

Menutup aurat merupakan kewajiban setiap orang yang beriman. (hal ini telah menjadi kesepakatan para ulama’). sementara itu aurat bagi wanita. Imam Syafi’I dan Imam Hambali)  . seluruh anggota tubuhnya kecuali muka dan telapak tangannya (Imam Malik.  Adapun bagian tubuh yg termasuk aurat (yg wajib ditutupi) bagi laki-laki meliputi anggota badan dari pusar sampai lutut.

Suatu pakaian dipandang telah memenuhi kriteria menutup aurat apabila 1. Pakaian itu mampu menghalangi pandangan seseorang untuk mengetahui warna aurat (kulitnya) 3.  . Pakaian itu mampu menghalangi seseorang untuk mengetahui lekuk dan bentuk aurat seseorang. Pakaian itu tidak lubang sehingga seseorang dapat melihat bagian tubuh yang termasuk aurat 2.

kepada mereka seperti punuk onta yang miring (memakai sanggul/rambut pasangan pada rambutnya). mengajarkan wanita berlenggak-lenggok (memalingkan wanita lain dari Allah SWT). berlenggok-lenggok (jalannya) (berpaling dari Allah SWT). dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang. Muslim) .‫ب ال لبقققرر‬ ‫رصن لقفارن رملن أ قلهرل ال نقنارر ل قلم أ ققرههقما ققلوطم قمقعههلم رسقياطط ك قأ قلذقنا ر‬ ‫ت‬ ‫ت قمارئل ق ط‬ ‫ت همرميل ق ط‬ ‫عاررقيا ط‬ ‫يقلضررهبوقن ربقها ال نقناقس قورنقساءط قكارسقيا ط‬ ‫ت ق‬ ‫خ ر‬ ‫حقها‬ ‫هرهءوهسهه نقن ك قأ قلسرنقمرة ال لبه ل‬ ‫جن نققة قول ق يقرجلدقن رري ق‬ ‫ت ال لقمارئل قرة ل ق يقلدهخل لقن ال ل ق‬ ‫حقها ل قهيوقجهد رملن قمرسيقررة ك ققذا قوك ققذا‬ ‫قورإ ن قن رري ق‬ Rasulullah SAW bersabda: Dua golongan ini dari ahli neraka yang belum pernah aku lihat. walaupun baunya tercium selama perjalanan ini dan ini (jauhnya)”. wanita seperti ini tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. yaitu: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia. (HR.

Membaca doa ketika memakai pakaian: ‫و‬ ‫و‬ ‫ه‬ ‫ل‬ ‫و‬ ‫و‬ ‫ه‬ ‫م ا‬ ‫ر‬ ‫ي‬ ‫خ‬ ‫ن‬ ‫م‬ ‫و‬ ‫ه‬ ‫ر‬ ‫ي‬ ‫خ‬ ‫ن‬ ‫م‬ ‫ك‬ ‫هل‬ ‫أ‬ ‫أأس‬ ‫نأ ي‬ ‫إ‬ ‫م‬ ‫ه‬ ‫و‬ ‫و‬ ‫ه‬ ‫إ‬ ‫إ‬ ‫إ‬ ‫ن‬ ‫س‬ ‫س‬ ‫و‬ ‫ل‬ ‫ه‬ ‫و‬ ‫إ و س‬ ‫س‬ ‫إ‬ ‫اهلل و إ‬ ‫و‬ ‫و‬ ‫شنرهإ وو و‬ ‫ن و‬ ‫ه‬ ‫ه‬ ‫م‬ ‫ك‬ ‫ب‬ ‫ذ‬ ‫و‬ ‫ع‬ ‫أ‬ ‫و‬ ‫ه‬ ‫ه‬ ‫إ‬ ‫م ا ههوو هل و ه‬ ‫شنر و‬ ‫إ‬ ‫ه‬ ‫س‬ ‫هل و س‬ 4. 2.ETIKA BERPAKAIAN 1. Membaca doa ketika membuka pakaian atau mengambil pakaian dari tempatnya. Membaca doa ketika memakai pakaian baru: ‫ل‬ ‫س‬ ‫و‬ ‫و‬ ‫و‬ ‫ر‬ ‫م‬ ‫ه‬ ‫ي‬ ‫ن‬ ‫ق‬ ‫ز‬ ‫ر‬ ‫و‬ ‫ذا‬ ‫ه‬ ‫نأ ي‬ ‫س ا‬ ‫ك‬ ‫ذ ي‬ ‫اهل‬ ‫ه‬ ‫ل‬ ‫هل‬ ‫د‬ ‫م‬ ‫ح‬ ‫اهل‬ ‫إ‬ ‫إ‬ ‫إ‬ ‫إ‬ ‫إ‬ ‫إ‬ ‫إ‬ ‫ن غ وي إس‬ ‫س‬ ‫و‬ ‫ه‬ ‫و‬ ‫و‬ ‫س‬ ‫س‬ ‫وو‬ ‫مننأ ي وول و قهولةة‬ ‫ل إ‬ ‫و‬ ‫حو س ة‬ . Setiap memulai sesuatu pekerjaan hendaknya membaca “basmalah” dengan lafadz “bismillahirrahmanirrahim” . agar semua pekerjaan senantiasa diberkahi Allah SWT. dengan doa: ‫ل‬ ‫ل‬ ‫و‬ ‫و‬ ‫ه‬ ‫ل‬ ‫إ‬ ‫ه‬ ‫إهل‬ ‫ل‬ ‫ذ ي‬ ‫سم إ اهللهإ اهل‬ ‫ه‬ ‫إ‬ ‫بإ س‬ ‫و‬ ‫و‬ ‫إ إ‬ 3.

‬‬ ‫‪dan mulai melepaskannya dengan anggota yang kiri. Memulai berpakaian dengan anggota baigan kanan.‬‬ ‫س‬ ‫و‬ ‫خلعوو‬ ‫س‬ ‫س‬ ‫ه‬ ‫إ إوذا ان ست وعو و‬ ‫مون ى ووإ إوذا و‬ ‫لأ و‬ ‫م فولي وب سد وأ إب اهلي ه س‬ ‫حد هك س‬ ‫و‬ ‫س‬ ‫و‬ ‫س‬ ‫س‬ ‫س‬ ‫ن‬ ‫م ا‬ ‫م ا‬ ‫ش‬ ‫ب اهل‬ ‫أ‬ ‫د‬ ‫ب‬ ‫ي‬ ‫فلل‬ ‫مسيع ا أوس هل إي و س‬ ‫ج إ‬ ‫م ا و‬ ‫ل‬ ‫س‬ ‫و‬ ‫خلعسهه و‬ ‫ل ووهلي هن سعإلهه و‬ ‫و‬ ‫إ‬ ‫إ‬ ‫مي سعع ا )رواه مسلم(‬ ‫ج إ‬ ‫و‬ ‫‪6.‫‪5.‬‬ ‫عن ابن عباس عن النبي صنلى الله عليه وسلم‬ ‫أنه لعن المتشبهات من النساء بالرجال‬ ‫والمتشبهين من الرجال بالنساء )رواه النسائي(‬ . Tidak berpakaian yg menyerupai lawan jenisnya.

‬‬ ‫أن رأسول اهلله صل ى اهلله عليه وأسلم نه ى‬ ‫ص و‬ ‫عن هلبس اهل و‬ ‫فرإ وعن ت و‬ ‫ق إ‬ ‫أ ي واهلمعو س‬ ‫س ن‬ ‫خت تم إ‬ ‫اهلذهب وعن قراءة اهلقرآن فأ ي اهلركوع‬ ‫)رواه مسلم(‬ ‫‪8. Tidak berpakaian menyerupai orang yang non-Islam.‫‪7.‬‬ ‫أيما امرأة استعطرت فمرت على قوم ليجدو من‬ ‫ريحها فهيزانية )رواه النسائي(‬ . Tidak menggunakan wangi-wangian yg‬‬ ‫‪menimbulkan fitnah dan rangsangan nafsu.

9. Hendaklah hijab/jilbab / pakaian tersebut menutup seluruh badan (auratnya). bukan berupa perhiasan yg menyolok. 10. Hendaklah pakaian itu yg wajar dan beradab. . yg aneh-aneh baik potongannya maupun memiliki warna warni yg menarik.

.

mengajarkan wanita berlenggak-lenggok (memalingkan wanita lain dari Allah SWT). transparan. tidak menampakkan lekuk tubuh dan aurat. berlenggok-lenggok (jalannya) (berpaling dari Allah SWT). tidak ketat. Hendaklah hijab/jilbab/pakaian tersebut menutu seluruh badan (auratnya). tidak tipis.11. Rasulullah SAW bersabda: Dua golongan ini dari ahli neraka yang belum pernah aku lihat. (HR. kepada mereka seperti punuk onta yang miring (memakai sanggul/rambut pasangan pada rambutnya). walaupun baunya tercium selama perjalanan ini dan ini (jauhnya)”. yaitu: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia. tidak sempit. Muslim) . dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang. wanita seperti ini tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya.

‫ه‬ ‫ل اهلل إ‬ ‫أ ل‬ ‫ن ور ه‬ ‫و‬ ‫ل‬ ‫ه‬ ‫و‬ ‫و‬ ‫و‬ ‫خي ول ووء‬ ‫م‬ ‫هل ى‬ ‫إ‬ ‫ه‬ ‫ل‬ ‫اهل‬ ‫ر‬ ‫ظ‬ ‫ن‬ ‫ي‬ ‫ل‬ » ‫ل‬ ‫ق ا‬ ‫ه ه‬ ‫س‬ ‫جلر ث ووسب هو‬ ‫ن و‬ ‫و‬ ‫ه‬ ‫و س‬ ‫ه‬ ‫إ‬ (‫« )رواه مسلم‬ Rasulullah SAW bersabda: “Allah tidak melihat (tidak memberi rahmat) kepada orang yang melabuhkan (menyeret) pakaiannya karena sombong (HR Muslim) . ‫و‬ ‫ل‬ ‫أسو و‬ -‫صل ى اهلله عليه وأسلم‬. Hendaknya tidak memakai pakaian dengan model yg aneh-aneh agar berbeda dgn kebanyakan orang. dan memakainya dgn perasaan sombong dan takabbur.12.

 Kedua. internal umat Islam. Salah satu upaya kuffar untuk menghancurkan kaum muslimin dengan melontarkan konsep “pergaulan bebas antara .  Beberapa sebab: pertama. yaitu. eksternal. Tidak adanya kejelasan di kalangan masyarakat Islam mengenai metode operasionalisasi ajaran Islam kehidupan.  3. kaafiruun. Kurangnya pemahaman yg mendalam pada masyarakat Islam mengenai ide-ide dasar pokok dalam ajaran Islam  2. yg tidak mungkin terputus antara ide-ide Islam dan metode operasionalisasi ajaran Islam. musyikuun) untuk menghancurkan Islam. Tidak adanya usaha menjalin satu ikatan yang kuat.  1.ETIKA PERGAULAN Pendahuluan  Terjadinya pergeseran interpretasi dan penerapan yang salah terhadap nilai-nilai pergaulan laki-laki dan perempuan menurut ajaran Islam. yaitu upaya yg tidak henti-hentinya dari musuh musuh Islam (munaafiquun.

bekerja sama dalam rangka kemaslahatan seperti jual beli. persaksian dalam pengadilan dan lain-lain. mental ataupun yang lain. di samping juga dalam hal mu’amalah. . akad syirkah. Islam memandang hubungan laki-laki dan wanita dapat dilakukan dalam ikatan pernikahan dalam rangka untuk kelangsungan jenis. Kapitalis memandang bahwa hubungan antara laki-laki dan perempuan adalah semata-mata untuk memenuhi kebutuhan seksual. serta menjaga kelangsungan keturunan. yaitu dapat menyebabkan kelainan fisik. Mereka menganggap pengekangan terhadap naluri seksual akan berakibat fatal.Hubungan Antara Laki-laki dan Peremp 1. 2. Dan dalam melaksanakan amal ma’ruf nahi munbkar.

manusiawi dan universal. . Islam benar-benar melarang aktivitas (baik perkataan. perbuatan atau berfikir) yang dapat membangkitkan nafsu seksual yang tidak sesuai dengan ketentuan syara’.Pengaturan hubungan laki-laki dan perempuan  Islam memberikan ruang gerak hubungan laki-laki dan perempuan sesuai dengan kodratnya.

Pengaturan hubungan laki-laki dan perempuan  Meskipun. . Allah SWT menciptakan lawan jenis sebagai hiasan yang menyenangkan satu sama lainnnya. sementara kesenangan yang hakiki dan abadi adalah pada Allah SWT. tetapi Allah SWT memperingatkan bahwa kesenangan tersebut hanya sementara dan hanya terdapat di dunia.

1. Laki-laki dan Wanita Dijadikan Hidup Berdampingan dalam Masyarakat .

amar ma’ruf nahi mungkar. tidak boleh makan sesuatu yang haram. misalnya tentang kewajiban mengemban da’wah. dilarang berbohong diwajibkan jujur. merampok.2. . tidak boleh mecuri. muhasabah lil hukkam. Rasulullah SAW diutus untuk semua manusia. Kesederajatan Laki-laki dan Perempuan dalam Hukum Secara umum laki-laik dan wanita memiliki tugas yang sama. membunuh kecuali yang disahkan syara’ dan lain-lain. tanpa membedakan laki-laki dan perempuan. khitab hukum baik yang bersifat perintah maupun larangan tertuju pada orang yang beriman secara umum.

Kesederajatan Laki-laki dan Perempuan dalam Hukum .2.

Kesederajatan Laki-laki dan Perempuan dalam Hukum .2.

Kesederajatan Laki-laki dan Perempuan dalam Hukum Nabi Muhammad SAW bersabda: (‫رإ نقنما ق ال رن نقساهء قشققارئهق الرنرقجارل )رواه أبو داود‬ “Sesungguhnya kaum wanita adalah setara dengan kaum laki-laki” (HR.2. Abu Daud) .

orang yg bertato dan orang yg . Laki-laki dan Perempuan Memiliki Tugas yang Berbeda Menyangkut Hal Yang Berkaitan Dengan Fitrah Masing-Masing ‫لعن رسول الله صنلى الله عليه وسلم الرجل‬ ‫يلبس لبسة المرأة والمرأة تلبس لبسة الرجل‬ (‫)رواه أبو داود‬ “Rasulullah SAW melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita dan wanita memakai pakaian laki-laki” (HR. Abu Daud) ‫لعن الله الواصلة والمستوصلة والواشمة‬ ‫والمستوشمة‬ (‫)رواه البخاري‬ “Allah melaknat orang yg menyambung ramut. orang yg minta disambunkannya.3.

Wajib Menjaga dan Memelihara Pandangan .4.

Wajib Menutup Aurat Untuk Menjaga Kehormatan .5.

Wajib Menutup Aurat Untuk Menjaga Kehormatan .5.

6. ‫ل يخلونن رجل بامرأةة ول تسافرنن امرأةط رإل ن‬ ‫ومعها محرطم‬ “Janganlah orang laki-laki dan perempuan bersunyi-sunyi dan janganlah seorang perempuan bepergian kecuali disertai mahramnya” (HR. tempat menyendiri dan lain-lain. seperti dalam rumah. Larangan Khalwat Laki-Laki dan Perempuan Khalwat adalah keadaan laki-laki dan perempuan yang tidak mahramnya dalam menyendiri dan bersunyi-sunyi di suatu tempat yang tidak mungkin orang lain masuk tanpa izin keduanya. Bukhori) . mobil.

Ketika bapaknya wafat ia meminta izin kepada Rasulullah SAW untuk menghadiri pemakaman jenazahnya. hal.7. Rasulullah SAW bersabda : “Takutlah pada Allah dan jangan menentang suamimu”. melarang istrinya keluar rumah. Annabhany. (Nidzomul Ijtima’I fil Islam. “Sesungguhnya orang laki-laki bepergian. 23) . ketika bapaknya sakit ia meminta izin kepada Rasulullah SAW bersabda kepadanya : bertaqwalah kepada Allah dan jangan menentang suami” . Kemudian Allah memberikan wahyu pada Nabi Muhammad SAW : “Aku mengampuni dosanya karena taat kepada suaminya”. Seorang Istri Keluar Rumah Izin Suami Diriwayatkan dari Ibnu Bathah dalam bab hukum wanita dari Anas bin Malik RA yg artinya.

sehingga terciptalah dalam dirinya kontrol pasif internal pada setiap diri umat Islam dalam kehidupan sehari-hari dimanapun dan dalam keadaan apapun.8. . orang muttaqin memahami kehidupan dan hidup ini dalam rangka mencari ridla Allah SWT dengan jalan melaksanakan semua yang diperintahkan dan meninggalkan semua yang dilarang Allah SWT. Islam Memerintahkan Pria Dan Wanita Supaya Taqwa Kepada Allah SWT Dengan ketaqwaan ini diharapkan manusia dalam kehidupan ini selalu dalam naungan Al-Qur’an dan Al-Hadits.