You are on page 1of 8

MATERIAL SEMI

KONDUKTOR

Ratna Mayasari (M0213074)

Komposit plastic untuk semikonduktor yang selama ini digunakan terbuat dari turunan minyak bumi yang bahan bakunya semakin hari semakin terbatas dan tidak bisa diperbarui. . jagung. dengan perkembangan teknologi pembuatan alat-alat elektronik semakin meningkat. dimana selama ini kebutuhan material semikonduktor dipenuhi dari komposit plastik dengan bahan aktif silica. Oleh karena itu. contoh : pati (yang berasal dari kentang. untuk memenuhi kebutuhannya para peneliti untuk mencari alternatif material semikonduktor yang baru yaitu dengan polimer alami dalam bionanokomposit.Pendahuluan  Industri elektronik merupakan industri yang kemajuannya sangat pesat. sagu. Tuntutan akan material yang ramah lingkungan dan Semua peralatan elektronik membutuhkan semikonduktor sebagai komponen dasarnya. singkong).

   Bagaimana cara memanfaatkan polimer alami yang melimpah di Indonesia ? Apakah manfaat yang dapat diperoleh dari bionanokomposit ? .

2009).Pembahasan  Bionanokomposit merupakan konsep baru material ramah lingkungan yang berhubungan dengan material multifungsi.kentang) ataupun turunan dari karbohidrat seperti Poli Lactic Acid (PLA). terigu. . khitin. thermal stability menunjukan perbaikan bila dibandingkan material konvensional (Avelle. protein. karet dan DNA menghasilkan komposit yang dapat didaur ulang. Prinsip umum dari komposit optik adalah pendekatan kedua phase penyusun komposit. yang merupakan bagian aktif dari elektrokimia. Pengguanaan bahan matrik yang ramah lingkungan berupa polimer alami menggantikan matrik yang berasal dari derivat minyak bumi. memberikan peluang penggunaan bahan pertanian. Aplikasi bionanokomposit dengan sifat fungsional. pati (jagung. pengisi metalik dan ZnO (Tjong. Selain itu sifat mekanik sepertitensile strength.optikal atau perlatan photoelektrikal. 2006). selulosa. enzim. Sifat elektrik dari isolator polimer dapat dimodifikasi dengan penambahan patikel seperti nanotube. Komponen utama polimer alami yang berperan sebagai matrik yaitu polimer yang bersifat isolator. tapioca.

Jumlah penggunaan material plastik berbahan polimer alami tahun 2007 yaitu 0.5 Mt.36 Mt masih sangat kecil hanya 0.2% dibandingkan dengan material plastik berbahan derivat minyak bumi.  Gambar 1.5% yang dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai keprluan. . Kapasitas produksi material plastik polimer alami sampai tahun 2020 (Shen.Dari penelitian dan survey yang dilakukan oleh Li Shen pada tahun 2009 menyatakan bahwa sekitar 17x10^10 metrik ton (Mt) polimer alami dihasilkan dari alam setiap tahunnya dan baru 3. Dalam penelitian Shen memprediksi kapasitas produksi materialplastik sampai tahun 2020 sebesar 3. 2010).

PHA.  . biobased ethylene. PLA. dan biobased monomer untuk diproduksi menjadi materialplastik terus meninhkat. Konsumsi material plastic dunia dengan bahan derivate minyak bumi pada tahun 2007 sebesar 267. Bila dilihat dari produksi material plastic tahun 2007sebesar 360 ktmaka dengan prediksi tahun 2020 sebesar 344 Mt maka terdapat peluang pasar bagi matrial plastik berbahan polimer alami sebesar 236.900 kt. dan secara tenis 90% darijumlah trsebut dapat di substitusi dengan material plastic berbahan polimer alami.Peluang pati.550 kt.

tapioca. sensor. lampu LED. dan lainnya serta bahan komponen semikonduktor sebagai bahan pengisi seperti silica. optoelektronik dan photoelektrokimia dari bionanokomposit menjadikan material ini sangat luas penggunaanya. aluminium. dan nanogenerator. varistor. kaoline. seng oksida. bauksit. . sifat optic. sagu. actuator. besi dan lainnya cukup berlompah dan beragam di Indonesia sehingga pembuatan material semikonduktor merupakan hal yang sangat memungkinkan untuk dikembangkan. solar cell. Pengembangan bionanokomposit sebagai material semikonduktor dapat mendorong tumbuhnya industry elektronik. selektif mebran. beras.Kesimpulan  Industri bionanokomposit di Indonesia belum berkembang padahal potensi polimer alami (pati) sebagai bahan utama bionanokomposit sepeti jagung. UV shelding. seperti untuk peralatan optic dan elektrik.

Eco-challenges of Biobased Polymer Composites . . 25-40. Materials 2. Biofuel. Shen. 4. L. 2009 . 2010.Daftar Pustaka  Avelle. Present and Future Development in Plastic from Biomass. Bioprod.W. 911-925. M.e. Bioref.