You are on page 1of 23

Efektivitas Manajerial

(Individu, Kelompok & Efektivitas
Organisasi)
Bab ini menjelaskan:
Bagaimana manajer dapat mencapai
efektivitas individu, kelompok dan
organisasi melalui prestasi dan fungsifungsi manajemen

10/6/16

Moh Thamrin Bey

1

Materi Pembelajaran
Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Literatur

1. Perspektif Efektivitas.

IV. Efektivitas
Manajerial
(Individu, Kelompok
& Efektivitas
Organisasi)

2. Pekerjaan Manajerial
Yang Efektif.

J.L. Gibson;
J.M.
Ivancevich &
J.H Donnelly
Jr;

3. Tiga Pendekatan
Mencapai Efektivitas.
4. Kriteria Efektivitas.

10/6/16

Moh Thamrin Bey

2

Perspektif Efektivitas 10/6/16 Moh Thamrin Bey 3 .

EFEKTIVITAS INDIVIDU .KELOMPOK ORGANISASI GOA L 10/6/16 Moh Thamrin Bey 4 .

PERSPEKTIF MENGENAI EFEKTIFITAS Tiga komponen efektifitas INDIVIDUAL EFFECTIVENESS GROUPS EFFECTIVENESS ORGANIZATIONAL EFFECTIVENESS Source : Gibson 10/6/16 Moh Thamrin Bey 5 .

EFECTIVENES S Achievement of goals EFFICIENCY The ratio of effective output the input required to achieve it. Source : Gibson 10/6/16 Moh Thamrin Bey 6 .

CAUSES OF EFFECTIVENESS Sumber: Gibson INDIVIDUAL EFFECTIVENESS GROUPS EFFECTIVENESS ORGANIZATIONAL EFFECTIVENESS CAUSES CAUSES CAUSES Ability Skill Knowledge Attitude Motivation Stress 10/6/16 Cohesivenes s Leadership Environment Technology Structure Strategic choices Status Structure Roles Processes Moh Thamrin Bey Norms Culture 7 .

CAUSES OF EFFECTIVENESS Sumber: Gibson EFEKTIITAS INDIVIDU EFEKTIVITAS KELOMPOK EFEKTIVITAS ORGANISASI SEBAB2 SEBAB2 SEBAB2 Kemampua n Ketrampila n Pengetahu an 10/6/16 Sikap Kekompaka n Kepemimpi nan Struktur Status Moh Thamrin Bey Peran lingkungan Hidup teknologi pilihan strategi struktur 8 proses .

Pekerjaan Manajerial Yang Efektif 10/6/16 Moh Thamrin Bey 9 .

KONTRIBUSI MANAJEMEN MENUJU EFEKTIVITAS Manajemen melaksa-nakan fungsi:  Perencanaan  Pengorganisasian  Pengarahan  Pengendalian Mengkoordina sikan perilaku:  Individuals  Groups  Organization s Umpan Balik 10/6/16 Moh Thamrin Bey Untuk mencapai: Individuals effectiveness Groups effectiveness Organizational effectiveness Sumber: Gibson 10 .

Management Performs The Functions Manajer efektif dan manajer in-efektif dapat dilihat dari performanya dalam melaksanakan fungsi – fungsi manajemen. yaitu: 1 Perencanaan Prestasi Yang Effektif 2 Pengorganisasian Prestasi yang Efektif 3 Mengarahkan Prestasi secara Efektif 4 Mengendalikan Prestasi secara Efektif 10/6/16 Moh Thamrin Bey 11 . Dalam hal ini Gibson menjelaskan ada 4 fungsi manajemen.

tentang apa yang akan di capai oleh organisasi.1. Aktiivitas perencanaan dapat menjadi kompleks atau sederhana. 10/6/16 Moh Thamrin Bey 12 .Perencanaan Prestasi Yang Effektif Yaitu. implisit atau eksplisit. kemampuan manajer untuk merumuskan hasil yang akan dicapai dan menetapkan cara untuk mencapai hasil itu. impersonal atau personal Aktivitas perencanaan yang efektif adalah adanya pemahaman yang sama dari semua anggota orgisasi.

Pengorganisasian Prestasi yang Efektif Fungsi pengorganisasian Manajer yang efektif maksudnya adalah kemampuan manajer dalam menata seluruh aktivitas perencanaan ke dalam struktur tugas dan wewenang. fungsi pengorganisasian terdiri dari: 1) Mendesain tanggungjawab dan wewenang dari masing-masing pekerjaan individu. Dalam praktik.2. dan mereka harus diintegrasikan dalam suatu koordinasi Tugas manajer adalah memikirkan metode dan Moh Thamrin Bey proses yang tepat untuk mengintegrasikan 10/6/16 13 . 2) Mengelompokkan (mengklasifikasikan) jenis-jenis pekerjaan dalam suatu departemen2 / divisi2 / bagian2. Sebuah struktur oragnisasi (satu sub sistem) terdiri dari individu dan kelompok yang berbeda.

3. bagan organisasi dan kebijakan. Mengarahkan Prestasi secara Efektif Yaitu kemampuan manajer dalam membina hubungan sehari-hari yang erat dengan personal (membimbing). uraian pekerjaan. Fungsi pengarahan dalam hal ini bersifat personal dan interpersonal. Masing-masing menganggap pekerjaan dan tempat kerjanya berbeda-beda (unik) Manajer harus memperhatikan keberagaman (keunikan) ini. Fungsi perencanaan dan pengorganisasian telah memberikan panduan dan arah dalam bentuk : rencana. manajer harus lebih memahami aspek psikologi 10/6/16 Moh memahami Thamrin Bey manusia sebagai alat untuk keberagaman 14 . padahal orang yang melakukan pekerjaan2 itu berbeda-beda. individu2 dan kelompok. Untuk itu.

Fungsi pengendalian mencakup pertimbangan efektivitas pada tingkatan: individu – kelompok dan – organisasi. Aktivitas pengendalian meliputi: seleksi dan penempatan karyawan. inspeksi (pengawasan) terhadap penggunaan material. Mengendalikan Prestasi secara Efektif Yaitu kemampuan manajer untuk menjamin bahwa pelaksanaan kegiatan mampu menghasilkan sebagaimana yang direncanakan. Manajer menilai kinerja kelompok dalam organisasi secara efektif.4. Evaluasi kerja dilakukan dengan jalan membandingkan kinerja karyawan dengan standar kinerja yang ditetapkan. evaluasi kinerja. 15 . Misalnya apakah kinerja bagian produksi telah berprestasi 10/6/16 Moh Thamrin Bey sebagaimana yang diharapkan. analisis laporan keuangan dan aspek2 manajerial lainnya.

Perencanaan Prestasi Yang Effektif Pengorganisasia n Prestasi yang Efektif Mengarahkan Prestasi secara Efektif Mengendalikan Prestasi secara Efektif 10/6/16 merumuskan hasil dan cara mencapainya menata seluruh aktivitas Membimbing individu & kelompok Menjamin bhw pelaksanaan mampu menghasilkan sesuai yang direncanakan Moh Thamrin Bey 16 .Efektivitas Manajer dapat dilihat dari performanya dalam melaksanakan fungsi – fungsi manajemen.

bahwa “me-manage manusia (SDM) secara efektif merupakan kunci dari peningkatan efektivtas dalam kelompok dan organisasi”. teknik. Dan studi tentang “perilaku organisasi” menekankan pada pentingnya unsur manusia. 10/6/16 Moh Thamrin Bey 17 . dan hubungan antar manusia. Para ahli menyebutkan. sebagaimana uraian diatas memerlukan keterampilan konseptual.Performan manajer dalam melaksanakan fungsi – fungsi manajemen. administrasi.

administra si. teknik.PERFORMA MANAJER KETERAMPILAN & KEMAMPUAN YANG EFEKTIF keterampil an konseptual . dan hubung an antar manusia 10/6/16 Perencanaan Prestasi Yang Effektif Pengorganis asian Prestasi yang Efektif Mengarahka n Prestasi secara Efektif Mengendalik an Prestasi Moh Thamrin Bey merumuskan hasil dan cara mencapainya menata seluruh aktivitas Membimbing individu & kelompok Menjamin bhw pelaksanaan mampu menghasilkan sesuai yang 18 .

Pendekatan “multiple constituency”.Tiga Pendekatan tentang Efektivitas 1. Pendekatan “tujuan”. 3. Pendekatan “teori sistem”. 2. 10/6/16 Moh Thamrin Bey 19 .

Efektivitas pencapaian tujuan atau sasaran organisasi bergantung pada “upaya bersama” para anggotanya. Pemikian ini sejalan dengan konsep “Management By Objective – MBO” (Manajemen Berdasarkan Sasaran) yang dikemukakan oleh Peter Drucker (The Practice of Management) 1954. yaitu metode penilaian kinerja karyawan yang berorientasi pada pencapaian sasaran kerja.com) 10/6/16 Moh Thamrin Bey 20 . Derajat pencapaian tujuan itulah yang dinyatakan sebagai derajad efektivitas.1. bahwa suatu organisasi dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan bersama. (http://kamusbisnis. Pendekatan “tujuan” Mencapai Efektivitas Dasar pemikirannya. •Manajemen berdasarkan tujuan (management by objectives/MBO) adalah sebuah strategi penilaian kinerja di mana bawahan menentukan dan menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri berdasarkan tujuan dan sasaran umum organisasi.

organisasi akan mengambil sumberdaya (sebagai input) dari lingkungannisasiya (sistem yang lebih besar) dan mengubahnya (memproses) dengan sumberdaya internalnya untuk menghasilkan produk (outpu). bahwa organisasi merupakan sebuah elemen (sub-sistem) dari sejumlah elemen (sistem yang lebih besar) dan berinteraksi secara interdependensi. Moh Thamrin Bey Manajer harus mampu menjaga keseimbangan diantara 10/6/16 21 . baik dengan lingkungan internal maupun eksternalnya. Pendekatan “teori sistem” Efektivitas “Teori Sistem” dalam hal ini adalah suatu pendekatan dalam menganalisis perilaku organisasi yang menekankan aspek Input – Proses – Output serta mengadaptasikan diri terhadap lingkungan eksternal yang mendukung organisasi. Produk (output) akan dimanfaatkan oleh pihak diluar orgnisasi. Jadi. Seorang manajer harus mampu berhubungan secara intensif. Asumsinya.2.

agar dapat mengendalikan “sumberdaya” yang bernilai untuk pencapaian tujuan organisasi. Manajer juga harus dapat menegosiasikan tuntutan mereka yang berbeda-beda. individu dan kelompok. Tugas manajer adalah bagaimana caranya agar organisasi dapat memenuhi harapan tsb. mengembangkan koalisi dan mensinergikan kekuatan masing2. Mereka (individu maupun kelompok) mengharapkan organisasi dapat memberikan manfaat dan memenuhi harapannya. dalam organisasi yang besar. 10/6/16 Moh Thamrin Bey 22 Efektivitas organisasi dapat dicapai dengan mengidentifikasi kekuatan . Bahwa. individu maupun kelompok. memiliki “kepentingan” yang berbeda-beda. Bagaimana caranya agar individu dan kelompok mempunya kesadaran kolektif untuk mencapai tujuan organisasi dengan tidak mengesampingkan kepentingan individu maupun kelompok.3. Pendekatan Efektivitas Model: “multiple constituency” “Multiple Constituency” adalah perspektif yang menekankan pentingnya hubungan relatif antar kelompok dan individu di dalam organisasi yang masing2 memiliki kepentingan. Salah satu caranya adalah menyadarkan “para pihak” (stakeholder).

Tiga Pen dek atan tent ang Efek tivit as Bagai mana manaj er menca pai efektiv itas organi sasi? 10/6/16 1 GOA L 2 GOA L 3 GOA L Moh Thamrin Bey 23 .