You are on page 1of 21

Transportation in Supply

Chain

MAYANG DELIMA
DINI
DYAH AYU P
ORIZA WAHYU
FAIZAL RIDHO

Supply chain cost analysis of long
distance transportaion of energy
wood in Finland

Abstrak

Meningkatnya penggunaaan bio-energi merupakan hasil dari perkembanganya permintaan
transportasi jarak jauh dari energy wood. GIS yang dikembangkan untuk rantai pasok energy wood
digunakan untuk mensimulasikan biaya yang terkait untuk beberapa kasus rantai pasok di Finland.
Transportasi yang sering digunakan untuk jarak jauh adalah menggunakan truk dan kereta api.
Untuk mengetahui transportasi mana yang paling potensial dalam rangka mengembnagkan rantai
pasok, maka akan dilakukan analisis menggunakan analisis sensitivitas dari 11 skenario rantai
pasok yang telah dimodifikasi.
Dari dua alternatif di atas, cost yang paling kompetitif adalah kombinasi dari roadside chipping,
transportasi menggunakan truk ke terminal dan kereta menuju ke hutan. Namun, dengan upah
kerja yang rendah, transportasi dengan kereta dirasa tidak kompetitif. Sedangkan jika mengurangi
beban angkut truk akan meningktakan hubungan kompetitif antara rantai loose residue dan
transportasi ketera, dimana jika harga bahan bakan turun akan meningkatkan competitif dari truk.

Cost yang dikeluarkan tiap transportasi ditunjukan pada tabel dibawah ini. Selama beberapa dekade transportasi truk meningkat secara konstan. Penelitian lain menyebutkan bahwa kayu log yang diimpor hanya 45% menggunakan truk sedangan lebih dari 23% menggunakan kereta. Sekitar 80% pengiriman kayu log menggunakan truk sedangkan 16 % menggunakana kereta api.Introduction  Truk mendominasi transportasi dosmestik untuk kayu log di finlandia. .  Jarak rata-rata yang ditempuh menggunakan kereta api 3 kali lebih panjang dari pada transportasi menggunakan truk.

CONT.  Penggunakan teknologi yang berbeda untuk produksi forest fuel di finlandia pada tahun 2007 telah diestimasi berdasrkan survey energi dari supplier energy wood. asumsi share dari transportasi kereta adalah nol. .

 Dibandingkan dengan transporatsi truk dari hutan menuju pabrik. Industri perhutanan merupakan client terbesar untuk tansportasi kereta api. . transportasi melalui kereta api lebih rumit pengkoordinasiannya dalam hal meminimasi peminjaman alat dan besarnya cargo  Sehingga perlu dikembangkan teknologi dan metode terbaru untuk transportasi energi wood sebagai bagian keseluruhan rantai logistik karena aktivitas di awal rantai pasok mempengaruhi pemilihan dan cost di fase selanjutnya pada rantai pasok.  Transportasi kereta telah dimonopoli sejak tahun 2007 yaitu ketika privat companies diperbolehkan untuk menawarkan pelayanan untuk transportasi barang.CONT.

. Jumlah stasiun kereta adalah 24.Material  Perusahaan CHP terletak di Uimaharju dan Varkaus. Rute transportasi di gambarkan di samping  Road network data digunakan sebagai basis data untuk menghitung cost dari transportasi menggunakan truk  Sedangkan untuk transportasi kereta berdasarkan data network ketreta yang diperoleh dari national land survey of Finland.

. Simulasi dari 10 basik supply chain merepresentasikan rantai pasok yang paling umun dengan rata-rata cost dan parameter efisiensi dan combinasi dengan transportasi kereta.Metode  Supply chain 10 rantai pasok yang berbeda untuk forest chip dibandingkan dalam studi kasus ini.

COST CALCULATION  Cost Calculation :  Distance – Independent Cost Cost yang dikeluarkan tidak begantung pada jarak yang ditempuh. Driving a loaded truck c.  Distance – Depend on Distance Terdapat 3 distance depaend on distance yaitu : a. Dilihat dari contoh tersebut biaya transportasi tidak terikat dengan jarak. Driving truck without load b. Contoh lainnya adalah biaya untuk operasi loading dan unloading dihitung dengan mengalikan lama peralatan di gunakan dengan harga sewa. Transporting by train . Sebagai contoh adalah biaaya chipping di terminal diasumsikan 70% dari roadside chipping cost.

jarak terdekat menuju pabrik adalah 70km daro batas selatan-barat karelia utara.2 driving cost dapat didapatkan dengan rumus Dimana. cost driving dihitung dari stasiun kereta terdekat.CONT Distance – Depend on Distance    GIS model bertujuan untuk menenukan rute tercepat dari tiap gudang kayu log menuju perusahaan. Dalam kasus ini.  Berdasarkan Network Analyst extention ArcGIS 9. hourly cost adalah total biaya per jam dari permakainan truk Driving time adalah waktu mengemuni dalam menit Truk load size adalah ukuran muatan truk  Dalam rantai pasok. . termasuk transprtasi kereta.

Namun menurut referensi yang ada. distance = jarak (km) jalur kereta dari terminal menuju perusahaan/pabrik Untuk lebih lanjutnya. biaya transportasi kereta api per volumen dapat ditemukan dengan membagi wagon cost dengan wagon load volume (m³) .CONT Distance – Depend on Distance    Untuk cost transportasi lewat kereta api tidak ada data empiris dan mdodel yang jelas. biaya transportasi kereta api / wagon adalah Dimana .

Untuk memodelkan dependen distance cost antara transportastion distance dan total cost.CONT. Berikut ini merupakan hasil perhitugan cost tiap skenario . Kurva regresi dipilih berdasarkan nilai dari goodness of fitna dan coefisien determinasinya. dibuatlah kurva regresi . COST CALCULATION  Total Cost Total cost dapat ditemukan dengan menjumlah distance independen cost dengan distancedepend cost.

.

 Dijelaskan bahwa coefisien determinasinya adalah 1 untuk semua rantai pasok truk.04-0.Pembahasan  Dari perhitungan sebelumnya. Dan untuk variansi coedisien determinasi antara 0.90 . jika dibuat grafik maka akan terlihat seperti gambar di samping.

PEMBAHASAN  dari referensi rantai pasok. chipping di penyimpanan roaddise dan transportation dari full truk chip dan trailer unit menuju pabrik merupakan alternatif dengan biaya yang paling efisien untuk trasportasi dengan jarak 60160 km. Total cost dari rantai pasok dengan truk lebih sensitif dari pada jarak transportasi dari pada train-based chain pada jarak 160 km (gambar 4) .CONT.  Untuk jarak yang lebih dekat. truk loose residue yang dikombinasikan dengan chipping di pabrik adalah alternatif yang paling mahal .

total costnya 11€m-³ lebih mahal dibandingkan dengan metode transportasi yang sama untuk logging residue (gambar 5). PEMBAHASAN  Untuk rantai pasok energi wood untuk thinning. .CONT.

daerahmurah terletak di dekat terminal kereta api. 6. Untuk kombinasi truk dan kereta .CONT. . PEMBAHASAN  Variasi spasial dari total biaya rantai pasokan untuk pabrik Uimaharju diilustrasikan pada Gambar. seperti rantai 2 (Chip kereta). Untuk pilihan transportasi berbasis truk seperti rantai 1 (Chip truk) biaya meningkat sebagai fungsi dari jarak transportasi total.

PEMBAHASAN  Di Finlandia. sedangkan untuk jarak menengah chipping di pinggir jalan bersama-sama dengan transportasi truk menawarkan biaya terendah. transportasi kereta api menawarkan biaya terendah pada 90 km jarak. . dan maksimal transportasi truk ke stasiun kereta api terbatas 30 km.CONT. Transportasi kereta api menjadi kompetitif ketika jarak transportasi melebihi 145 km dan 160 km untuk penebangan residu. Ketika truk muatan berkurang dari 38 ton menjadi 25 ton.loose residu option withendfasilitas chipping adalah pilihan yang paling murah untuk jarak pendek.

 kendala utama peningkatan penggunaan transportasi kereta api untuk energy wood di Finlandia adalah kurangnya koneksi kereta api dan terminal di pabrik energi.  Untuk jarak jauh. Infrastruktur yang tepat dari terminal kereta api untuk menyimpan.Improving overall efficiency SCM  Meningkatnya kebutuhan biofuel dan ketidakseimbangan geografis antara pasokan kayu energi dan permintaan mungkin akan meningkatkan kebutuhan transportasi jarak jauh dari bahan bakar kayu dalam beberapa tahun.  Kurang terampilnya pengemudi truk dan tuntutan untuk meningkatkan keselamatan jalan lalu lintas menciptakan tekanan tambahan untuk memindahkan transportasi kayu dari jalan ke rel kereta api. kereta api menawarkan sarana transportasi biaya yang paling kompetitif dan energyefficient. comminuting dan loading bersama-sama dengan teknologi dioptimalkan dan integrasi dengan industri logistik kayu sangat dapat mengurangi biaya logistik dari pasokan bahan bakar kayu. .

 Namun. Dalam penelitian menemukan bahwa rantai pasokan yang langsung dari hutan menuju pabrik menghasilkan biaya yang lebih rendah dibandingkan yang menggunakan terminal dan kombinasi transportasi yang berbeda baik untuk jarak pendek dan menengah. dalam transportasi jarak jauh penggunaan terminal kereta api untuk mengumpulkan bahan bakar tampaknya mengurangi biaya rantai pasokan. Terminal juga menyediakan kemungkinan pengurangan biaya logistik baru  Biaya yang murah dan hemat energi mnjadikan transportasi kereta api cocok dengan tuntutan untuk mengurangi pemborosan dalam transportasi kayu dan harga bahan bakar yang berkembang cenderung meningkatkan daya saing transportasi kereta api jika dibandingkan dengan truk.  Peranan terminal atau stasiun kereta sangat penting dalam meningkatkan perkembangan transportasi kereta untuk kayu log dan energy wood .

KESIMPULAN  Studi ini menunjukkan bahwa terminal pengumpulan bahan bakar terkait dengan transportasi kereta api memiliki potensi besar sebagai alternatif transportasi truk untuk jarak bahkan di bawah 100 km. dan kemungkinan untuk membagi dan berbagai kualitas langsung ke konsumen yang tepat .  Rantai pasokan berbasis kereta masih termasuk potensi pengembangan yang luar biasa. Terminal menawarkan peluang bisnis baru untuk meningkatkan kualitas bahan bakar dan keandalan keseluruhan dari rantai pasokan.

Karena data empiris yang hilang. Juga. Ini terutama menyangkut faktor biaya transportasi kereta api. biaya crusher ponsel berat). distribusi sumber daya kayu dan tanaman energi. biaya overhead rantai pasokan yang berbeda.KESIMPULAN  Hasil penelitian ini hanya bersifat sementara dan simulasi didasarkan pada kondisi Finlandia rata-rata. . biaya operasi terminal (misalnya. beberapa faktor biaya didasarkan pada asumsi. dimensi dan kapasitas beban maksimum truk tersedia dapat bervariasi secara signifikan. bervariasi kepadatan) dan alam lingkungan. biaya investasi untuk terminal tidak dimasukkan. bahkan dengan produktivitas dan biaya parameter yang sama. jenis kayu (misalnya. hasilnya bisa berbeda di daerah lain memiliki infrastruktur logistik yang berbeda. Biaya rantai pasokan berbasis kereta didasarkan pada asumsi bahwa stasiun yang sudah ada dapat digunakan sebagai terminal bongkar. Dengan demikian. dan pangsa truk kosong mengemudi di transportasi kayu energi.