You are on page 1of 24

DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK

DI TAMAN POSYANDU

OLEH : BETY SUNARISASI., S.KM. M.KES

APA YANG DIMAKSUD DENGAN DETEKSI DINI TUMBUH
KEMBANG ?

• Upaya yang dilakukan untuk menentukan
penyimpangan tumbuh kembang anak sedini (seawal)
mungkin. Agar tumbuh kembang anak berlangsung
optimal, yaitu anak menjadi sehat dan cerdas sesuai
dengan kemampuan yang sudah dibawanya sejak
dalam kandungan serta berperilaku baik.

Kader PKK di Posyandu. . TPA.SIAPA YANG MELAKUKAN DETEKSI DINI? DIMANA ? Ibu. BKB (Bina Keluarga Balita) ataupun petugas kesehatan ditempat mereka memberikan pelayanan kesehatan. dikelompok bermain. Ayah anggota keluarga atau orang dewasa lainnya dirumah.

BAGAIMANA CARA MELAKUKAN DETEKSI DINI ? Dengan cara mengamati secara cermat dan teratur tumbuh kembang anak. . kemudian mencocokkan dengan gambar-gambar yang ada pada KMS dan kalender balita.

Terdapat variasi-variasi pada anak-anak normal. yang menunjukan reaksi aktif dari individu yang sedang tumbuh terhadap pengaruh faktor-faktor keturunan dan lingkungan yang sangat banyak dan beragam . bertambah besarnya ukuran tubuh anak yang dapat diukur yaitu : tinggi badan. • PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN adalah proses berkesinambungan yang dinamis sejak konsepsi yang berlangsung secara bertahap teratur hingga dewasa. • KEMBANG (perkembangan): adalah bertambah matangnya orgam tubuh sehingga dapat berfungsi. berat badan. anak menangis bila lapar.APA YANG DIMAKSUD DENGAN TUMBUH KEMBANG ANAK ITU ? • TUMBUH (pertumbuhan) : adalah perubahan. yaitu jantung dapat memompa darah keseluruh tubuh.

.

.

Lingkar lengan Atas.BAGAIMANA CARA MENGETAHUI PERTUMBUHAN ANAK ? Dengan cara mengukur secara berkala dan teratur: Berat badan. Penimabangan harus dilakukan secra teratur sebulan sekali. karena mudah dikerjakan dan mudah berubah akibat dari suatu kelainan atau penyakit yang terjadi pada anak. Linkar kepala. Yang sering dipakai untuk menilai pertumbuhan anak adalah berat badan. panjang/Tinggi badan. dan hasilnya dibuat grafik pada kalender balita / KMS .

.

. mengungkapkan dengan isyarat/kata-kata (komunikasi aktif). gerakan halus.BAGAIMANA CARA MENGETAHUI PERKEMBANGAN ANAK ? Perkembangan anak dalam BKB dapat dinilai dengan mengamati kemampuan/kepandaian anak dalam hal : Gerakan kasar. mengerti isyarat pembicaraan (komunikasi pasif). bergaul. kecerdasan. menolong diri sendiri.

.

GERAKAN HALUS. Bermain bebas . bercerita sederhana (54 bulan) Kemampuan Bersosialisasi Kemampuan untuk mandiri dan bergaul : Tersenyum (6 minggu).CONTOH GERAKAN KASAR. Mengambar orang 3 bagian (48 bulan) Kemampuan Berbahasa Kemampuan untuk mengerti terhadap apa yang diucapkan orang lain dan berbicara secara aktif: Mengucapkan 4-6 kata (18 bulan). minum dari gelas (15 bulan). Berjalan (15 bulan) Kemampuan Gerakan Halus Melibatkan otot kecil dan memerlukan kecermatan yang tinggi: Menjepit (10 bulan). SOSIALISASI • • • • Kemampuan Gerakan Motorik Kasar Gerakan yang melibatkan otot-otot besar : Tengkurap kepala diangkat (4 bulan). BAHASA.

Bila umur dan kemampuan atau kepandaian anak sesuai dengan yang tergambar pada Kalender Balita. Arah grafik harus naik dan sejajar mengikuti kelengkungan jalur warna hijau. Setelah anak ditimbang. . apabila grafik berat badan anak berada pada jalur warna hijau pada Kalender Balita/KMS atau sedikit diatasnya.KAPAN PERTUMBUHAN ANAK DIKATAKAN NORMAL ? Dikatakan normal. ibu harus mencocokan secara teratur berat badan anak dengan gambar pertumbuhan anak (jalur lengkung berwarna hijau) pada kalender balita.

kreatifitas. pemukiman yang layak/rumah yang sehat. • ASAH Stimulasi (rangsangan) yang bertujuan mengoptimalkan perkembangan anak seperti kecerdasan. ketrampilan.APA YANG DIBUTUHKAN ANAK AGAR TUMBUH KEMBANG BAIK / OPTIMAL ? • ASUH : Makanan yang bergizi. . menjaga kebersihan diri. budi pekerti. moral-etika. kemandirian. • ASIH Kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya dan anggota keluarga lainnya. pakaian yang layak/bersih. produktifitas. imunisasi. perawatan kesehatan teratur. sopan santun.

Contoh Makanan Sehat .

. Anak balita sangat mudah sakit dan kekurangan gizi.MENGAPA MASA BALITA PENTING ? Karena pada balita ini terjadi tumbuh kembang yang sangat pesat. Perkembangan moral serta dasar-dasar kepribadian juga dibentuk pada masa ini.

bidan. maka akan merugikan/menghambat tumbuh kembang anak . KALAU SAAT DILAKUKAN DETEKSI DINI DICURIGAI ADA PENYIMPANGAN TUMBUH KEMBANG ? Anak harus segera dirujuk/dibawa ke: • Kader. Sebaiknya jangan ditunda-tunda karena setiap penyimpangan sekecil apapun apabila tidak diketahui apalagi tidak ditangani dengan baik. Pukesmas.APAKAH YANG HARUS DILAKUKAN. ke tempat pelayanan kesehatan lainnya. PKK.

karena akan mendapat petunjuk latihan khusus dari pukesmas dan dapat dibantu oleh Kader/PLKB/Bidan atau latih anak sesuai dengan petunjuk pada: “BAGAN PERKEMBANGAN BALITA DAN CARA STIMULASI” Apabila setelah dilatih sebulan tidak ada hasilnya harus segera kontrol kembali ke Pukesmas.BAGAI MANA SIKAP SELANJUTNYA KALAU SAAT DILAKUKAN DETEKSI DINI DICURIGAI ADA PENYIMPANGAN TUMBUH KEMBANG? • Kalau diketahui terdapat penyimpangan perkembangan maka: Jangan terlalu cemas. Rajin datang pada setiap pertemuan kelompok BKB .

anggota keluarga atau orang dewasa di sekitar anak. ayah. . Stimulasi dapat dilakukan oleh ibu.APA YANG DIMAKSUD DENGAN STIMULASI PERKEMBANGAN ITU ? Stimulasi adalah perangsangan dan latihan-latihan terhadap kepandaian anak yang datangnya dari lingkungan diluar anak.

STIMULASI APA SAJA YANG DIBERIKAN PADA ANAK ? • • • • • Stimulasi diberikan berdasarkan kemampuan yang akan dikembangkan. meliputi 4 macam kepandaian/kemampuan perkembangan : Kemampuan gerakan kasar Kemampuan gerakan halus Kemampan bergaul Kemampuan mandiri Potensi kecerdasan Dapat disimpulkan bahwa anak memerlukan stimulasi fisik. mental dan sosial .

APA TUJUAN DARI STIMULASI ? Untuk membantu anak agar dapat mencapai tingkat perkembangan yang sebaik-baiknya (optimal) sesuai dengan kemampuan yang sudah dibawa sejak lahir. .

Stimulasi terbaik diberikan pada saat dimana anak secara fisik maupun mental telah siap menerima latihan sesuai dengan umur kemampuan perkembangannya. .KAPAN STIMULASI DIBERIKAN ? Stimulasi secara teratur dan berkelanjutan sejak lahir.

Dimulai dari kemampuan perkembangan yang telah dipunyai. Buku bacaan. acara TV yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan lain sebagainya. bervariasi dan sambil bermain sebagai ungkapan rasa kasih sayang. santai. Bila perlu alat bantu. . harus tidak berbahaya misalnya dengan mengunakan APE (Alat Permainan Edukatif). Kaset lagu. Temani anak saat nonton TV dan terangkan apa yang dilihat. Anak harus diberi pujian atas keberhasilan. menyenangkan. kemudian dilanjutkan dengan kemampuan yang seharusnya dicapai pada usia tersebut Wajar.BAGAIMANA CARA MELAKUKAN STIMULASI ? • • • • • Bertahap dan berkelanjutan mencakup 4 macam perkembangan.

Stimulasi perkembangan dalam bentuk bercerita .