You are on page 1of 9

Assalamu’alaikum

HUKUM ISLAM DAN
SUMBER HUKUMNYA
Endri Susbiantoro 13820009
Augia Vinaldo Putra 13820026
M. Rusdiansyah
13820050
Davin Chriswiyanto 13820090
Rico Alfian D.S. 13820128

perbuatan ataupun takrir (penetapan atau pengakuan). yang berupa perkataan. . baik dari Al-Qur’an maupun dari sunnah Rasulullah SAW.HUKUM ISLAM • Hukum Islam/Syariah Islam berarti segala peraturan agama yang di tetapkan Allah SWT untuk umat islam.

merupakan mukjizat dan diriwayatkan secara mutawatir serta membacanya adalah ibadah. .SUMBER HUKUM ISLAM • Sumber hukum islam primer Al-Qur’an adalah Kalamulllah yang diturunkan pada rasulullah dengan bahasa arab.

maupun ketetapan (taqrir).SUMBER HUKUM ISLAM • Sumber hukum islam primer  Hadist Hadits merupakan segala tingkah laku Nabi Muhammad SAW baik berupa perkataan. . perbuatan.

Hasil dari ijtihad merupakan sumber hukum ketiga setelah Al-Qur’an dan hadist.SUMBER HUKUM ISLAM • Sumber hukum islam sekunder Ijtihad berarti mencurahkan segala kemampuan berfikir untuk mengeluarkan hukum syar’i dari dalildalil syara. Ijtihad dapat dilakukan apabila ada suatu masalah yang hukumnya tidak terdapat di dalam Al-Qur’an maupun hadist. yaitu Al-Qur’an dan hadist. maka dapat dilakukan ijtihad dengan menggunakan akal .

Qiyas yaitu berarti mengukur sesuatu dengan yang lain dan menyamakannya. 2. Istihsan yaitu suatu proses perpindahan dari suatu Qiyas kepada Qiyas lainnya yang mengganti argumen dengan fakta yang dapat diterima untuk menetapkan hukum dalam suatu perkara yang menurut logika dapat dibenarkan. Mushalat murshalah yaitu perkaraperkara yang perlu dilakukan demi . 3.SUMBER HUKUM ISLAM 1.

Urf. . Istishab yaitu melanjutkan berlakunya hukum yang telah ada dan telah ditetapkan di masa lalu hingga ada dalil yang mengubah kedudukan hukum tersebut. Sududz Dzariah yaitu tindakan memutuskan suatu yang mubah menjadi makruh atau haram demi kepentingan umat. yaitu berupa perbuatan yang dilakukan terus-menerus (adat).SUMBER HUKUM ISLAM 4. 6. 5. baik berupa perkataan maupun perbuatan.

KESIMPULAN Hukum Islam/Syariah Islam berarti segala peraturan agama yang di tetapkan Allah SWT untuk umat islam. Sumber Hukum Islam ialah segala sesuatu yang dijadikan pedoman atau yang menjadi sumber syari’at islam yaitu Al-Qur’an dan Hadist Nabi Muhammad (Sunnah Rasulullah SAW). Sebagian besar pendapat ulama ilmu fiqih sepakat bahwa pada prinsipnya sumber utama hukum islam adalah Al-Qur’an dan Hadist. Disamping itu terdapat beberapa bidang kajian yang erat berkaitan dengan sumber .

Wassalamu’alaikum SYUKRON .