You are on page 1of 18

KONSEP DASAR

KEPERAWATAN JIWA
DISUSUN OLEH :
1. CANDRA MEIFA DHR (1501005)
2. DIAH AYU NAWANG WULAN (15010
3. EGA BAGUS TRISAMBUDI (1501013)
4. YULIANA (1501046)
5 ERNI NURSETYANINGSING (1501048)

principle and practice pyichiatric nursing. (australian healt minister. 1996:25) . dengan menggunakan kemampuan mentalnya(kognisi. tumbuh. Textbook of basic nursing. Indikator sehat jiwa meliputi sikap yang positif terhadap diri sendiri. perkembangan yang optimal. afektif. berkembang. mental healt nursing pratice. ( Rosdahl. (stuart & laraia. 1999:58). dalam pengendalian diri terbebas dari stress yang serius. 2. Kemampuan individu dalam kelompok dan lingkungan untuk berinteraksi dengan yang lain sebagai cara untuk mencapai kesejahteraan. kebebasan diri. memiliki persepsi sesuai kenyataan dan kecakapan dalam beradaptasi dengan lingkungan). 1998) (yahoda) 3. memiliki aktualisasi diri. dan relasi) memiliki prestasi individu atau kelompoknya konsisten dengan hukum yang berlaku.PENGERTIAN KESEHATAN JIWA 1. kondisi jiwa seseorang yang terus tumbuh berkembang dan mempertahankan keselarasan. kebutuhan.

intelektual. . (WHO) 6. Kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik. melainkan mengandung berbagai karakteristik yang positif yang menggambarkan keselarasan dan keseimbangan kejiwaan yang mencerminkan kedewasaan kepribadian nya. emosional secara optimal dari seseorang dan perkembangan ini berjalan selaras dengan orang lain. 4. psychiatric nursing biological and bhavioral concept..(UU kesehatan jiwa no 3 tahun1996) .1995:66) 5. ( antai ontong.LA NJ UT AN . Kesehatan jiwa bukan hanya tidak ada gangguan jiwa. Meruju pada penyesuaian diri terhadap distress dengan mengerahkan sumber-sumber internal dan external untuk meminimalisir ketegangan.

Feeling of security and belonging (Perasaan terhadap rasa aman dan penerimaan) 1. Adequate concept of self (Konsep diri yang sehat) 9. Adequate contact with reality (Hubungan yang adekuat dengan kenyataan) 2.  Kriteria Sehat Mental Men urut Schneiders 6. Healthy attitude (Sikap-sikap yang sehat) 3. Control our thought and imagination (Pengendalian pikiran dan Imajinasi) 4. Integration of motives and 7. Mental efficiency (Efesiensi mental) 8. Adequate ego integration (Integrasi ego yang adekuat) 10. A healthy resolution of conflict (Integrasi motif-motif dan pengendalian konflik/frustasi) emotional life (Emosional yang sehat) . Integration our thought and conduct (Integrasi pikiran dan Imaninasi) 5.

Menurut American Nurses Association (ANA) Keperawatan jiwa adalah area khusus dalam praktek keperawatan yang menggunakan ilmu tingkah laku manusia sebagai dasar dan menggunakan diri sendiri secara terapeutik dalam meningkatkan. Menurut Dorothy. mempertahankan. Cecelia Perawatan psikiaterik atau keperawatan kesehatan jiwa : proses dimana perawat membantu atau kelompok dalam mengembangkan konsep diri yang positif. meningkatkan pola hubungan antar pribadi yang lebih harmonis agar berperan lebih produktif dalam 2. memulihkan kesehatan klien dan kesehata msyarakat di mana klien berada (America .PENGERTIAN KEPERAWATAN JIWA 1.

Lanjutan. Menurut Kaplan Sadock Proses interpersonal yang berupaya untuk meningkatkan dan mempertahankan perilaku yang akan mendukung intregasi.. organisasi/komunitas. . 3. keluarga. Pasien atau klien dapat berupa individu. kelompok..

Biological Context of Psychiatric Nursing Care (Keadaan-keadaan biologis dalam keperawatan jiwa). 6. Roles and Funcions of Psychiatric Nurse : Compentent Care (Peran dan fungsi keperawatan jiwa : perawatan yang kompenten) 2. Psychological Context of Psyciatric Nursing Care (Keadaan psikologis dalam keperawatan jiwa) . Stress adaptation Model of Pshiciatric Nursing (Model stress dan adaptasi dalam keperawatan jiwa) 5. Therapeutik Nurse Patient Relationshio (hubungan yang terapeutik diantara perawat dengan klien) 3.PRINSIP KESEHATAN JIWA 1. Conceptual Model of Psychiatric Nursing (Konsep model keperawatan jiwa) 4.

Implementing the nursing process : standards of care ( penatalaksanaan proses keperawatan dengan standarstandar perawatan ) 8. actualizing the psychiatric nursing role : professional performance standards ( aktualisasi peran keperawatan jiwa: melalui penampilan standar-standar profesional). 9. 7.. Environmental kontext of psyciatric nursing care ( keadaan keadaan lingkungan dalam keperawatan jiwa) 11. Sociocultural contex of psychiatric nursing care ( keandaan keadaan sosial budaya dalam keperawatan jiwa) 10.Lanjutan.. Legal ethical context of psychiactic nursing care ( keadaan keadaan legal etika dalam keperawatan jiwa) ..

• Mendemonstrasikan penerimaan • Respek • Memahami klien • Mempromosikan ketertarikan klien dan berpartisipasi dalam interaksi. .PERAN PERAWAT KESEHATAN JIWA perawat kesehatan jiwa Menurut Weiss ( 1947 ) yang dikutip oleh Stuart Sundeen dalam principies and proctice of psychiotric nursing care ( 1995 ). Yakni: • Mengobservasi perubahan. Peran perawat adalah sebagai attitude therapy. baik perubahan kecil atau menetap yang terjadi pada klien.

dan internasional.. Peran perawat meliputi : • Sebagai pendidik • Sebagai pemimpin dalam situasi yang bersifat lokal. Sedangkan menurut Peplau. nasional.. • Sebagai “surrogate parent” • Sebagai konselor Dan sebagai tambahan dari peran perawat adalah : • Bekerja sama dengan lembaga kesehatan mental • Konsultasi dengan yayasan kesejahteraan • Memberikan pelayanan kepada klien diluar klinik • Aktif melakukan penelitian • Membantu pendidikan masyarakat .LANJUTAN.

KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA KELUARGA DAN MASYARAKAT 1.   Pengertian Kesehatan Jiwa Masyarakat adalah : •   keadaan sejahtera dari badan. jiwa & sosial yang berorientasi kepada masyarakat dengan mengutamakan pendekatan masyarakat. •   Pelayanan keperawatan yang komprehensif. holistik & paripurna berfokus pada masyarakat yang sehat. . rentan terhadap stress & dalam tahap pemulihan serta pencegahan kekambuhan.

    Pelayanan Keperawatan yang komprehensif b.   Pelayanan keperawatan yang holistic . mempertahankan & meningkatkan kemampuan klien & dalam memelihara kesehatan jiwa.   Prinsip-prinsip keperawatan jiwa masyarakat a. •   Meningkatkan kesehatan jiwa.Lanjuta 2.   Tujuan pelayanan kesehatan jiwa masyarakat :n.. •   Perawat dapat mengaplikasikan konsep kesehatan jiwa & komunitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga anggota masyarakt sehat jiwa & yang mengalami gangguan jiwa dapat dipertahankan di lingkungan masyarakat serta tidak perlu dirujuk segera ke RS 3.

Penanggung jawab pelayanan kesehatan jiwa masyarakat di puskesmas bertanggung jawab terhadap lanjutan asuhan di keluarga .Unit pelayanan Kesehatan Jiwa di RSU : •   Rumah sakit Umum daerah pada tingkat kabupaten / kota diharapkan mampu menyediakan pelayanan rawat inap bagi klien gangguan jiwa dengan jumlah tempat tidur terbatas sesuai dengan kemampuan •   Sistem rujukan dari puskesmas / tim kesehatan jiwa masyarakat kabupaten / kota ke rumah sakit umum harus jelas Rumah Sakit Jiwa : •   Rumah sakit jiwa merupakan pelayanan spesialistik kesehatan jiwa yang difokuskan pada klien gangguan jiwa yang tidak berhasil di rawat di keluarga/puskesmas/ RSU •   Pasien yang telah selesai di rawat di RSJ dirujuk lagi ke puskesmas.

Memberikan asuhan secara langsung Peran dan Fungsi Perawat Kesehatan Jiwa dan Komunita s Koordinator   Pendidik (educator) .

Segera beritahu kepada perawat kesehatan jiwa komunitas di puskesmas jika menemukan anggota masyarakat : •      Bicara sendiri •      Marah tanpa sebab •      Mengurung diri •      Tidak peduli perawatan diri •      Bicara kacau •      Tidak mengenali orang .

   Perencanaan sosial (social Planning) 2.      Aksi sosial 3.Pengorganisasian Masyarakat 1.      Pengembangan masyarakat (community development) .

emosi dan aspek-aspek internal lainnya . Unsur-unsur yang diutamakan dalam teori ini adalah motivasi. Teori psikodinamika Teori psikodinamika adalah teori yang berusaha menjelaskan hakikat dan perkembangan kepribadian.Penerapan dalam kesehatan jiwa komunitas •      Mengidentifikasi kebutuhan dan masalah serta sumber daya yang ada di masyarakat •      Mengelompokkan data yang dikumpulkan •      Merencanakan dan melaksanakan tindakan keperawatan terhadap kasus •      Melakukan evaluasi dan tindak lanjut .

SEKIAN DAN TERIMAKASIH .