You are on page 1of 7

Kelompok 1 ( AKL 1

)
-Adhek Iyhan W.
- Afifah Tamara B.
- Agustin Mastriana
- Ahmad Farid
- Alfian Akbar F.
- Alia Fitri M.
- Alviani Widayanti
- Alvidya Putri A.
- Angga Lestari
- Erintya Okta A.

Kombinasi Bisnis .

Jenis Kombinasi Bisnis Strategi Bisnis Bentuk Entitas Metode Akuntansi a. Konsolidasi (Statutory consolidation) c. Integrasi vertikal b. Metode pooling of intereset b. Konglomerasi a. Merger (Statutory merger) b. Akuisi ( Stock acquisition) a. Integrasi horizontal c. Metode purchase .

Proses tersebut melibatkan transfer aset dal liabilitas . RES adalah kombinasi bisnis yang semua entitas atau bisnis yang bergabung.Standar Akuntansi Kombinasi Bisnis Perkembangan PSAK 22 : Kombinasi Bisnis Standart akuntansi untuk kombinasi bisnis saat ini dia tur dalam PSAK 22 (Revisi 2010) Kombinasi Bisnis telah mengalami penyesuaaian pada tahun 2014 Restrukturisasi Entitas Sepengendali Restrukturisasi entitas sepengendalian (RES) diatur khusus dalam PSAK 38 (Revisi 2012) Kombinasi Bisnis Entitas Sepengendalian. Aspek Perpajakan Dalam Kombinasi Bisnis Pajak merupakan hal yang diperhatikan dalam proses merger dan akusisi perusahaan. pada akhirnya dikendalikan oleh pihak yang sama dan pengendaliannya tidak bersifat sementara.

Akuntansi Kombinasi Bisnis Pengakuan dan Pengukuran Aset dan Liabilitas Biaya Transaksi Imbalan yang Dialihkan Goodwiil Pencatatan Transaksi Kombinasi Bisnis Pembelian Diskon Akuisisi Bertahap Kombinasi Bisnis Tanpa Pengalihan Imbalan .

seluruh asset teridentifiakasi dan liabilitas pihak yang diakuisisi langsung diakui secara individual pada tanggal akuisi oleh pihak pengakuisisi pada nilai wajarnya. baik selama periode pelaporan berjalan ataupun setelah akhir periode pelaporan tetapi sebelum tanggal penyelesaian laporan keuangan. .Penyajian dan Pengungkapan Kombinasi Bisnis Penyajian Pengungkapan Pada bagian sebelumnya telah dihabahas bahwa akuisi terdiri dari 2 jenis yaitu akuisi asset bersih dan akuisi saham. pihak pengakuisisi mengungkapkan informasi yang memungkinkan pengguna laporan keuangan agar dapat mengevaluasi sifat dan dampak keuangan dari kombinasi bisnis yang terjadi. Berdasarkan PSAK 22. Pada akuisi asset bersih.

S-37/PB/31/2014 tanggal 17 april 2014. Bank Mandiri mengambil alih kepemilikan di in health sebesar 60% dengan nilai Rp. Bank telah memperoleh persetujuan dalam Rapat Umum pemegang sahan tahunan pada tanggal 27 Februari 2014 terkait rencana akuisisi in health.Ilustrasi Pengungkapan Kombinasi Bisnis PT. bank juga telah menerima persetujuan rencana tersebut dari regulator atas transaksi tahap 1 sesuai surat No. 268. pengalihan saham tahap dua sedang menunggu persetujuan dari OJK. Selanjutnya. Asuransi Jiwa In Health Indonesia Penandatanganan Akta Jual Beli tersebut merupakan pelaksanaan tahap pertama transaksi akuisisi in health sesuai dengan perjanjian jual beli saham bersyarat yang telah ditandatangani pada tanggal 23 desember 2013. Bank secara berkala melakukan evaluasi terhadap penurunan nilai goodwill tersebut sesuai PSAK 22 “Kombinasi Bisnis”.000 dan goodwill yang timbul dari akuisisi in health adalah sebesar Rp.181.990. .