You are on page 1of 31

GIZI SEIMBANG BAGI

ANAK REMAJA
&
DEWASA

ALBERT ARITONANG

REMAJA

MASA REMAJA
MASA TRANSISI DARI
MASA ANAK-ANAK
KE MASA DEWASA

PEMBAGIAN USIA REMAJA:
1. REMAJA AWAL 12 – 15 THN
2. REMAJA MADYA 15 – 18 THN
3. REMAJA AKHIR 18 – 21 THN

Laju pertumbuhan anak, wanita dan
pria sama cepatnya sampai usia 9
tahun.
Antara 10 – 12 tahun pertumbuhan
anak perempuan lebih cepat (karena
tubuh memerlukan persiapan
menjelang usia reproduksi.
Puncak pertambahan BB & TB pada
wanita umur 12,1 thn & 12,9 thn; pada
pria 14,1 & 14,3 thn.
Menarche antara 9 – 12 thn

Perubahan: PERTUMBUHAN FISIK CEPAT. MENTAL DAN RESPON EMOSIONAL . PERKEMBANGAN SEKS. PERUBAHAN SIKAP.

Pertumbuhan antara laki-laki dan perempuan berbeda .

Terjadi Perubahan kelamin sekunder 2 .

Pertumbuhan organ kelamin laki-laki .

Pertumbuhan rambut .

LAJU TUMBUH PESAT ZAT GIZI YANG CUKUP (PERTUMBUHAN. PERKEMBANGAN & AKTIVITAS ) PANTAU KEBIASAAN/KONSUMSI MAKANAN .

ingin bebas dari keluarga  sangat terpengaruh oleh teman sebaya. masyarakat. Body Image.ASPEK NUTRISI Asupan makanan sesuai dengan laju Pertumbuhan Masa remaja merupakan saat mencari jati diri. dan media massa (termasuk makan) Pengaruh makanan jajanan penting .

4. STATUS GIZI KURANG DAN BURUK ANEMIA GIZI DEFISIENSI VITAMIN OVERWEIGHT OBESITAS ANOREKSIA NERVOSA BULIMIA . 5. 3.MASALAH GIZI PADA REMAJA 1. 6. 2.

FAKTOR PENYEBAB MASALAH GIZI 1. 2. 5. 4. KEBIASAAN MAKAN YANG BURUK PEMAHAMAN GIZI YANG KELIRU KESUKAAN YANG BERLEBIHAN TERHADAP MAKANAN TERTENTU PROMOSI YANG BERLEBIHAN MELALUI MEDIA MASSA MASUKNYA PODUK-PRODUK MAKANAN BARU . 3.

KEBIASAAN MAKAN YANG BURUK    BERPANGKAL PADA KEBIASAAAN MAKAN KELUARGA YANG TIDAK BAIK TERTANAM SEMENJAK KECIL TERUS SAMPAI REMAJA MAKAN SEADANYA TANPA MENGETAHUI KEBUTUHAN AKAN ZAT-ZAT GIZI TIDAK TAHU/PEDULI DAMPAKNYA TERHADAP KESEHATAN .

PEMAHAMAN GIZI YANG KELIRU TUBUH LANGSING MERUPAKAN IDAMAN TERAPKAN PENGATURAN/PEMBATASAN MAKAN .

KESUKAAN YANG BERLEBIHAN TERHADAP MAKANAN TERTENTU KESUKAAN YANG BERLEBIHAN TERHADAP MAKANAN TERTENTU SAJA MENYEBABKAN KEBUTUHAN AKAN ZAT-ZAT GIZI TDK TERPENUHI .

PROMOSI BERLEBIHAN MELALUI MEDIA MASSA USIA REMAJA MUDAH TERTARIK PADA HAL-HAL BARU DIMANFAATKAN PARA PRODUSEN PROMOSI PRODUK APALAGI DENGAN BINTANG FILM IDOLA .

HOT DOG. FRENCH FRIES. FRIED CHICKEN. LEMAK JENUH & GARAM . HAMBURGER.MASUKNYA PRODUK-PRODUK MAKANAN BARU MAKANAN SIAP SAJI (FAST FOOD) : PIZZA. JUNK FOOD TINGGI KOLESTEROL.

c. kecuali indikasi medis Konsumsi sayur dan buah untuk memelihara kesehatan kulit . Jaga berat badan agar normal Makan 4 sehat untuk menjamin terpenuhinya kecukupan zat-gizi Hindari memantangkan makanan tertentu. b. d.MENGATUR MAKANAN MASA REMAJA a.

... Hindari/kurangi makanan kadar lemak tinggi dan terlalu manis agar kulit dampak halus dan tidak berminyak f. e... dengan menu 4 sehat .Cont. Makan teratur 3 x 1 hari.... Bagi Pria kecukupan protein dan energi agar otot-otot tubuh dapat tumbuh dan berkembang dengan baik g.. . Hindari kesukaan berlebihan makanan tertentu h... Hindari kebiasaan ngemil i.

0 Kg (THN III). 1. 2.8 Kg (THN II). PENAMBAHAN BERAT BADAN DARI USIA GINEKOLOGIK SELAMA 1-5 TAHUN BERTURUT-TURUT ADALAH 4. 2. .8 Kg (THN IV-V). USIA GINEKOLOGIK ADALAH JUMLAH TAHUN YANG DIHABISKAN SETELAH SEORANG WANITA MENGALAMI MENSTRUASI PERTAMA.8 Kg (THN I). 3.PENGARUH STATUS GIZI TERHADAP SISTIM REPRODUKSI 1. PERTUMBUHAN LINIER BELUM OPTIMAL SEBELUM MENCAPAI USIA GINEKOLOGIK 4-5 TAHUN. 0.

8 Kg = 3. kemudian hamil maka: a.5 : 12 x 4.5 adalah masa hamil jika dihitung dengan kelender bulanan 12 adalah jumlah bulan dalam setahun . b. Ditambah dengan usia ginekologis yaitu: 9. Bukan hanya menambah BB sebanyak 10-12 Kg.8 Kg keterangan: 9.Contoh: Bila seorang wanita baru sekali datang haid.

2.5 Kg JIKA BMI > 26 .0 7 – 11.8 11.5 – 18 Kg JIKA BMI <19.8 – 26. 3.29 .5 – 16 Kg JIKA BMI 19.ANJURAN PERTAMBAHAN BB TOTAL SELAMA HAMIL 1. 12.

MENJAGA STATUS GIZI DALAM KONDISI BAIK 2. MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH .GIZI BAGI REMAJA TUJUAN 1. MENYEDIAKAN ZAT GIZI UNTUK TUMBANG 3.

4.PRINSIP 1. 3. 2. KALORI TINGGI BAIK UNTUK MENUNJANG TUMBANG DAN AKTIVITAS PROTEIN TINGGI UNTUK PETUMBUHAN DAN MENGGANTI SELSEL YANG RUSAK VITAMIN DAN MINERAL CUKUP CAIRAN DAN SERAT CUKUP .

3.SYARAT 1. MENU BERVARIASI DISAJIKAN MENARIK GIZI SEIMBANG . 2.

AKTIVITAS. JAGA BERAT BADAN DALAM KONDISI NORMAL . JENIS PEKERJAAN YANG DILAKUKAN. KEBUTUHAN GIZI TERGANTUNG PADA KONDISI FISIK.GIZI DEWASA     USIA DEWASA MERUPAKAN MASA DIMANA SESEORANG TELAH BERADA DALAM KONDISI YANG STABIL (usia 21 thn ke atas). AGAR TETAP SEHAT DAN DAPAT MENJALANKAN AKIFITAS. KEBUTUHAN GIZI DIGUNAKAN UNTUK PEMELIHARAAN TUBUH.

(DAMPAK PERBAIKAN TINGKAT KEHIDUPAN/SOSEK) PERUBAHAN POLA MAKAN KEARAH SEMAKIN TINGGINYA KANDUNGAN ENERGI MAKANAN. KOLESTEROL. MENINGKATNYA KONSUMSI LEMAK JENUH . (DAMPAK PERBAIKAN TINGKAT KEHIDUPAN/SOSEK DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI) . DLL. GULA. 2.FAKTOR PENDORONG GANGGUAN METABOLISME ZAT GIZI 1. PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT KEARAH MENURUNNYA AKTIVITAS FISIK.

YANG KADAR SERATNYA RENDAH TINGGI GARAM. (DAMPAK DARI PERBAIKAN SOSEK MENDORONG UNTUK MEMILIH MAKANAN YANG KUALITASNYA LEBIH TINGGI . SIAP SANTAP.3. MASYARAKAT SEMAKIN TERBIASA DAN MENYENAGI BERBAGAI JENIS MAKANAN TEROLAH.

BESAR PORSI) MEMELIHARA KESEIMBANGAN BERBAGAI MASUKAN ZAT GIZI DALAM MAKANAN. (KELEBIHAN ATAU KEKURANGAN SATU ZAT GIZI AKAN MEMPENGARUHI FUNGSI DAN KEBUTUHAN ZAT GIZI LAINNYA. MENYEIMBANGKAN MASUKAN ENERGI DAN ZAT-ZAT GIZI LAINNYA SESUAI DENGAN KEBUTUHAN. (FREKUENSI. 2.UPAYA-UPAYA CEGAH PENYAKIT GANGGUAN METABOLISME 1. .

PEMELIHARAAN AKTIFITAS FISIK . MEMBATASI KONSUMSI MAKANAN TEROLAH. MENGANDUNG PENGAWET.3. PEWARNA(ZAT KIMIA SINTETIS INI JIKA TERAKUMULASI DALAM TUBUH DALAM JUMLAH YANG CUKUP BANYAK MENYEBABKAN GANGGUAN KESEHATAN)) 4. (HILANGNYA ZAT-ZAT GIZI.

Thank’s .