You are on page 1of 29

REMAJA

DAN
PERMASALAHANNYA
OBRIN SYAHRIAL HW,
S.Psi
BIMBINGAN
KONSELING

Jawab: 26 40 .Ketika anda menemukan sejumlah besar angka. dikarenakan motivasi yang rendah dalam menemukan seluruh bujur sangkar. anda berhenti untuk berusaha mencari bujung sangkar yang lain.Berapa banyak bujur sangkar pada gambar dibawah ini? 11 12 27 15 19 1 2 32 9 3 4 31 36 16 17 37 38 20 21 39 34 24 14 28 35 40 29 23 13 5 6 10 33 7 8 18 22 30 25 Orang seringkali salah menjawab pertanyaan ini.

kita harus berpikir dari luar kotak ini.Gambarlah garis yang menghubungkan kesembilan titik. . dengan hanya membuat 4 garis penghubung saja 1 3 4 2 Untuk memecahkan kasus ini. Kita harus berpikir mulai dengan obyek yang diketahui.. seperti ruangan yang memiliki 9 sudut dan lakukanlah membuat garis seolah-olah ada dinding pembatasnya.

0 Ceritanya bukan Nabi Musa yang naik perahu tetapi Nabi Nuh.Penglihatan yang menipu—”penglihatan” tidak harus selalu dipercaya Berapa banyak hewan pada masing masing spesies yang dibawa Nabi Musa bersama Kapalnya? A. . 0 1 2 Tak terhitung Jawab: A. D. Pikiran kita menginternalisasi narasi dan asumsi. B. C.

id .co.Email : Disampaikan oleh: Obrin Syahrial HW.com syahrialobrin@yahoo.Psi (Guru BK SMP Negeri 6 Salatiga) obrinsyahrial@yahoo. S.

.

.

Potret Remaja Masa Kini? .

Atau seperti ini? .

Atau bahkan seperti ini? .

.

.

Kata “remaja” berasal dari bahasa latin yaitu adolesence yang berarti to grow atau to grow maturity. Sedangkan menurut Papalia. Menurut DeBrun. remaja didefinisikan sebagai periode pertumbuhan antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa. masa remaja adalah masa transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa yang pada umumnya dimulai pada usia 12 atau 13 tahun dan berakhir pada usia akhir belasan tahun atau awal dua puluhan tahun. .

dan Generasi Muda Penduduk 10-19 th (WHO) Penduduk 15-24 th (UNFPA) 3.Orang Muda. Pemuda (Youth)  Pemuda. Penduduk 10-24 th (WHO & UNFPA) Generasi Muda (Young Generation)  Penduduk 12-24 th (World Bank) . 2.1. Orang muda (Young People)  4. Remaja (Adolescent)  Remaja.

Perkembangan dalam diri remaja terjadi pada aspek-aspek yang berbeda. Adapun ketiga aspek tersebut adalah perkembangan fisik. . serta perkembangan sosial & seks. perkembangan psikis.Perkembangan adalah perubahan yg terjadi pada rentang kehidupan. misalnya penambahan tinggi atau berat tubuh. dan kualitatif misalnya perubahan cara berpikir secara konkret menjadi abstrak. Perubahan itu dapat terjadi secara kuantitatif.

. bentuk tubuh mulai berlekuk (berbentuk). mimpi basah (tidak tampak). dan sekitar kemaluan. Perubahan Fisik Perubahan itu bisa tampak dan tidak tampak. perubahan yang tampak dari luar antara lain: tumbuh payudara. tumbuh jakun. tumbuh bulu di ketiak dan sekitar kemaluan. kulit dan rambut berminyak. penis dan buah zakar membesar.1. tumbuh bulu di ketiak. menstruasi (tidak tampak). Pada remaja putra. Pada remaja putri. perubahan yang tampak dari luar antara lain: otot penguat. muka (kumis dan janggut).

Psikis Perubahan Mulai tertarik kepada lawan jenis. seperti rendah diri. mudah sedih. cemas. ingin menonjolkan diri. Perubahan kejiwaan. bimbang.2. Cenderung sering membantah orang tua. . Kecenderungan wanita untuk mempercantik diri. dan salah tingkah (salting) bila menghadapi lawan jenis. Lebih senang berkumpul di luar rumah. pemalu. marah dan cemas tanpa alasan. wanita menjadi lebih perasa. Saat menjelang haid. Kecenderungan pria untuk menunjukkan kejantanannya. dan kurang pertimbangan.

. Pengetahuan seks yang terbatas. seperti akses internet yang mudah serta cepat. seperti nonton film porno. Perubahan Sosial & Seksual Pergaulan yang sangat luas.3. Kecenderungan mencari informasi tentang kesehatan reproduksi melalui jalur/media yang tidak pas. Informasi dan komunikasi yang berkembang pesat.

.

Kesimpulan masalah Remaja Indonesia  Sekitar 40% mengaku telah mempraktikan seks pranikah  Sekitar 70% dari pengguna Napza adalah remaja  Sekitar 50% dari pengidap AIDS adalah kelompok umur remaja Jadi…sejumlah itulah remaja Indonesia yang terganggu kesempatannya untuk:     Melanjutkan sekolah Mencari pekerjaan Memulai kehidupan berkeluarga Menjadi anggota masyarakat yang normal  Lost quality generation? .

keluarga dan guru dapat membantu kita melalui masa yang penuh gejolak ini. baik fisik maupun psikis. Aktifitas positif seperti ini dapat menambah wawasan dan memperkecil resiko kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. seperti membaca buku atau artikel-artikel yang berkaitan dengan remaja. . Sikap penerimaan terhadap perubahan fisik dan psikis dapat diwujudkan dalam berbagai hal. Sikap terbuka dengan bertanya maupun bercerita pada orang yang lebih dewasa dan dapat dipercaya.So…Bagaimana Pemecahannya?? Berbagai perubahan yang dialami remaja. hendaknya diterima sebagai sesuatu yang wajar diiringi dengan kesiapan diri untuk beradaptasi. seperti. orang tua. seperti pergaulan bebas dan ketidak percayaan diri.

baik yang bersifat sosial kemasyarakatan maupun lingkup keagamaan. Remaja cenderung bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan sikap dan perilaku teman-temannya. . khususnya orangtua. terutama dalam menghadapi berbagai perubahan fisik dan psikologis. Bila keliru dan tidak kuat iman. remaja dapat terjerumus pada hal-hal negatif yang dapat merusak masa depannya. Pengertian dari orang dewasa. Di samping itu.Bergabung dengan perkumpulan-perkumpulan remaja yang ada disekitar kita sesuai dengan minat dan bakat. Dorongan untuk selalu ingin mencoba yang dialami oleh remaja dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. remaja juga membutuhkan kekuatan iman agar dapat melalui masa yang penuh gejolak ini dengan tenang. Pandai memilih teman karena teman sebaya pada masa ini semakin banyak. sangat dibutuhkan pada masa puber.

Barangkali cara penyampaiannya tidak sesuai dengan keinginanmu. .Tips Bagi Siswa Agar Mampu Melewati Remaja dengan Baik  Berbagi Rasa dengan Orang Tua atau Orang yang Dituakan Di Rumah Orang tua adalah orang yang telah melewati masa remaja. Yakinlah bahwa orang tuamu pasti memiliki niat baik jika satu saat menegurmu. Sahabat adalah teman di kala suka ataupun duka. Sahabat perlu kita miliki jika kita tidak dapat memecahkan persoalan (mendiskusikan) suatu masalah dengan orang tuamu. Karena itu sampaikan perasaanmu kepada orang tuamu dengan baik-baik dan carilah titik temunya. Pasti banyak pengalaman yang mereka miliki.  Milikilah Seorang Sahabat Sahabat lebih dari sekedar teman.

Hanya patut diingat. PeDe merupakan kunci kesuksesan dalam bergaul. Dalam kelompok kamu bisa mendiskusikan beberapa masalah. Nilai kesehatan kadangkala baru terasa sangat penting ketika kita jatuh sakit. • Jagalah Kesehatan Fisikmu Sedini Mungkin Secara Terus Menerus Kesehatan sangat besar nilainya bagi kehidupan kita. kelompok yang kamu ikuti haruslah kelompok yang mengedepankan nilainilai positif bukan kelompok yang yang bertujuan untuk halhal negatif. Karena itu sangatlah bijak jika jika kita dapat menjaga kesehatan sedini mungkin dan secara terus . Banyak remaja terombang-ambing dalam kehidupan berkelompok serta mudah terpengaruh dengan kelompok karena mereka tidak memiliki PeDe yang baik. • Bergaulah dalam Kelompok dengan Aktivitas Positif Kelompok atau peer group (teman sebaya) penting bagi remaja.• Tingkatkan PeDe-mu dan Katakan Tidak Pada Hal-Hal yang Buruk Milikilah kepercayaan diri dalam pergaulan dan jangan mudah terbawa arus negatif.

 Memberikan keperawanan berarti menyerahkan keutuhan cinta (SALAH)  Menyerahkan “keperawanan” berarti cinta 100% (SALAH)  Janji tidak akan hamil dan jika hamil pacar akan bertanggungjawab (SALAH)  Sex adalah tolak ukur intimnya hubungan percintaan (SALAH) .

BERANI MENGHADAPI TANTANGAN .

Remaja yang Cerdas & Berprestasi Keberhasilan = Potensi + Upaya – Kendala Upaya = semua usaha di luar remaja Kendala = stres pada remaja .