You are on page 1of 30

BAB : 2

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
SK
KD

: 2. Memahami perubahan sosial budaya
: 3.1 Mendiskripsikan perubahan sosial budaya pada
masyarakat
3.2 Menguraikan tipe-tipe prilaku masyarakat dalam
menyikapi perubahan

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

S

1. Perubahan Sosial dan Budaya
2. Bentuk Perubahan Sosial dan
Budaya
3. Faktor Penyebab Perubahan
Sosial Budaya
4. Faktor Pendukung dan
Penghambat Perubahan Sosial
Budaya

.

ILUSTRASI .

komposisi penduduk.sikap-sikap.kebudayaan material.Gillin dan J.DEFINISI PERUBAHAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI SOSIOLOGI 1 .Menurut Selo Soemarjan • Perubahan sosial adalah segala perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan yang mempengaruhi sistim sosialnya.P Gillin Perubahan sosial adalah suatu variasi cara-cara hidup yang telah diterima. 2 .idiologi maupun karena adanya penemuan baru dalam masyarakat .termasuk didalamnya nilainilai.baik yang timbul karena kondisi geografis.L.Menurut J.dan pola-pola prilaku diantara kelompokkelompok dalam masyarakat.

Ogburn Ruang lingkup perubahan sosial meliputi unsurunsur kebudayaan baik yang material maupun immaterial. Kingsley Davis Perubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur material terhadap unsur immaterial 4.3. William F. Misal: pengorganisasian buruh menyebabkan perubahan hubungan buruh dan majikan dst. .

. baik karena perubahan kondisi geografis. MacIver Perubahan sosial sebagai perubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan social 6. komposisi penduduk.5. kebudayaan material.Gillin dan Gillin Perubahan sosial sebagai suatu variasi dari caracara hidup yang telah diterima. ideologi maupun difusi ataupun penemuan baru dalam masyarakat.

.

Walaupun perubahan kebudayaan tidak selalu menimbulkan perubahan sosial.. . Oleh karena itu perubahan-perubahan sosial tidak dapat DIPISAHKAN dari perubahan kebudayaan.Biasanya antara kedua gejala itu dapat ditemukan timbal balik sebagai SEBAB AKIBAT.Hubungan antara Sosial A. tetapi setiap perubahan sosial slalu didahului perubahan kebudayaan.BHubungan antaraPerubahan perubahan dan budaya sosial dan budaya Perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan.

akan diikuti dengan perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga social lainnya.Ciri-ciri Perubahan Sosial 1. Perubahan sosial yang cepat biasanya menyebabkan disorganisasi yang bersifat sementara Perubahan tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau bidang spiritual saja . 4. 2. 3. Tidak ada masyarakat yang berhenti perkembangannya karena setiap masyarakat mengalami perubahan yang terjadi secara lambat atau secara cepat Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu.

 Di negara sedang berkembang secara umum melakukan perubahan dengan mencontoh negara maju /modern (negara2 barat) yang telah dianggap berhasil melakukan perubahan (modernisasi).Arah Perubahan Sosial Perubahan akan bergerak meninggalkan sesuatu yang diubah dan menuju pada sesuatu yang diharapkan. Sesuatu yang ditinggalkan biasanya dianggap sudah tidak cocok atau tidak bermanfaat. .

7 UNSUR KEBUDAYAAN .

Bentuk Bentuk Perubahan Sosial .

. Perubahan Lambat dan Perubahan Cepat a. PERUBAHAN SECARA LAMBAT /EVOLUSI Perubahan sosial secara lambat/evolusi adalah : Perubahan social budaya yang memerlukan waktu yang relatif lama dan melalui tahap-tahapan yang saling mengikuti secara lambat dan menyesuikan perkembangan zaman.1.

keadaan dan kondisi baru yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat • Rentetan perubahan tersebut tidak perlu sejalan dengan rentetan peristiwa di dalam sejarah masyarakat yg bersangkutan .Evolusi • Pada Evolusi perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa rencana atau kehendak tertentu • Perubahan terjadi karena usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan.

Perubahan dapat terjadi tanpa rencana atau direncanakan terlebih dahulu Didahului dengan pemberontakan/revolusi.• Perubahan revolusi – – – Perubahan secara cepat dan waktunya singkat mengenai sendi-sendi pokok kehidupan. .

Contoh: Revolusi Industri di Inggris dimana perubahan yang terjadi dari tahap produksi tanpa mesin menuju ke tahap produksi menggunakan mesin. Perubahan tsb dianggap cepat krna mengubah sendi pokok kehidupan masyarakat. seperti sistem kekeluargaan .

• Harus ada momentum/waktu yang tepat. • Pemimpin gerakan harus mampu merumuskan tujuan secara nyata. • Adanya pemimpin atau sekelompok org yang dianggap mampu memimpin masyarakat • Menampung Ketidakpuasan. lalu dijadikan program dan arah gerkan.SYARAT TERJADINYA REVOLUSI • Keinginan umum masyarakat mengadakan perubahan sosial budaya. .

misalnya tak akan membawa pengaruh apa apabagi masyarakat secara keseluruhan karena tidak mengakibatkan perubahan pada lembaga kemasyarakatan b. Perubahan Kecil dan Perubahan Besar a.2. Perubahan Kecil merupakan perubahan yang terjadi pada unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat Contoh : perubahan mode pakaian. Perubahan Besar Merupakan perubahan yang terjadi pada unsur social yang membawa pengaruh langsung dan berpengaruh besar kepada masyarakat. Contoh: Kepadatan penduduk di pulau jawa .

Perubahan yang dikehendaki (intendedchange) /direncanakan (Planned-Change) dan Perubahan yang tidak dikehendaki (unintended change)/tdk direncanakan (Unplanned-Change) Bentuk perubahan sosial berdasarkan perencanaannya atau niat pelakunya dan perencanaannya.3. perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat di bedakan menjadi dua yaitu perubahan yang dikehendaki dan perubahan yang tidak dikehendaki .

Perubahan yang dikehendaki • Perubahan yang telah direncanakan terlebih dahuluoleh pihak yang menghendaki perubahan dalam masyarakat (agent of change)  bisa dari seseorang .a. institusi swasta maupun pemerintah Perubahan yang disengaja direncanakan itu misalnya disebut dengan istilah pembangunan dan modernisasi .

b. Perubahan yang tidak dikehendaki  Perubahan ini terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat dan dapat menimbulkan akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan masyarakat  Akibat dari berbagai gejala sosial .

Sebab yang bersumber dari masyarakat itu sendiri a) Bertambah atau berkurangnya penduduk b) Penemuan-penemuan baru c) Pertentangan dalam masyarakat d) Terjadinya pemberontakan .Faktor yang menyebabkan perubahan social dan kebudayaan 1.

Sebab yang berasal dari luar masyarakat a) Sebab yang berasal dari lingkungan fisik yang ada di sekitar manusia b) Peperangan dengan negara lain c) Pengaruh kebudayaan masyarakat lain .2.

Faktor yang mendorong Perubahan sosial Budaya Kontak dengan Kebudayaan lain sistem pendidikan yang maju Sistem lapisan masyarakat yang terbuka Toleransi terhadap perbuatan menyimpang Penduduk yang heterogen Orientasi hidup kemasa depan Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang kehidupan Sikap menghargai hasil karya orang lain dan keinginan untuk maju Nilai bahwa manusia harus slalu beriktiar untuk memperbaiki hidup atau meningkatkan taraf hidup .

4. 7. 9. 5. 2. 8. 6. 3.Faktor yang menghambat Perubahan Sosial Budaya: 1. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain Terhambatnya perkembangan IPTEK Sikap masyarakat yang tradisional Adanya kepentingan yang telah tertanam/vested interest dengan kuat Takut terjadi goncangan integrasi social apabila menerima perubahan Prasangka buruk terhadap hal baru/asing Kebiasaan Hambatan Ideologi Nilai Pasrah .

Empat tahap evolusi Primitif Primitif maju Menengah Modern .

TERIMA KASIH .

Kumpulkan saat kuliah! .TUGAS ANDA SEKARANG dan Minggu Depan 1. mulai sekarang 2. Tulis Nama dan NIM anda 3. Waktu 10 menit. Buatlah sebuah pertanyaan atau permasalahan keterkaitan antara kehidupan nelayan dengan evolusi 4.