You are on page 1of 25

Ontologi

BEBERAPA TAFSIRAN
Tafsiran yang palingMETAFISIKA
pertama diberikan oleh manusia terhadap
alam ini adalah bahwa derdapat ujud – ujud yang bersifat gaib.

Animism
e

Naturalis
me

bahwa gejala-gejala alam tidak disebabkan oleh pengruh kekuatan yang bersifat gaib.dimana manusia percaya bahwa terdapat roh-roh yang bersifat qoib yang terdapat dalam benda – benda seperti batu.melainkan oleh kekuatan yang terdapat yang terdapat dalam alam itu sendiri.• Anisme merupakan kepercayaan yang berdasarkan pemikiran supernaturalisme.pohon dan air terjun. .yang dapat dipelajari dan dengan demikian kita bias mengetahui. • Naturalisme paham yang menolak pendapat bahwa terdapat ujudujud yang bersifat supernatural.

Neuron adalah sel saraf yang merupakan dasar dari keseluruhan sistem saraf.Dengan demikian maka gejala alam dapat di dekati dari segi proses kimia dan fisika. .dan disini ada beberapa kaum yang menganut paham yaitu : a) Paham mekanistik b) Paham vitalisik lalu apa dengan pikiran dan kesadaran itu sendiri ? Secara fisiologi otak manusia terdiri dari 10-15 neuron.

.To be is to be perceived ( BERKELEY ) To be or not tobe ( HAMLET) To be do be do ( ARIE KUSMIRAN ) Ilmu merupakan pengetahuan yang mencoba menafsirkan alam ini sebagaimana adanya.

ASUMSI • Asumsi adalah dugaan atau anggapan sementara yang belum terbukti kebenarannya dan memerlukan pembuktian secara langsung. probabilitas dan pilihan bebas. • Membahas tentang determinisme. .

Hukum dalam asumsi dapat diartikan sebagai suatu aturan main atau pola kejadian yang diikuti oleh sebagian besar peserta. gejalanya berulang kali dapat diamati yang tiap kali memberikan hasil yang sama. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa hukum itu berlaku kapan saja dan dimana saja. .

Paham determinisme dikembangkan oleh William Hamilton dan doktrin Thomas Hobbes yang menyimpulkan bahwa pengetahuan adalah bersifat empiris yang dicerminkan oleh zat dan gerak yang bersifat universal. .

Ilmu ingin menghasilkan hukum yang kebenarannya bersifat mutlak dan universal. . tetapi pada kenyataannya para filsuf menyadari bahwa pengetahuaan haruslah bersifat individual.

.Peluang Hal pertama yang harus disadari adalah ilmu tidak pernah ingin dan tidak pernah brepretensi untuk mendapatkan pengetahuan yang bersifat mutlak.

BEBERAPA ASUMSI DALAM ILMU FILSAFAT .

pohon pohon begitu tinggi. orang orang terlihat begitu besar seperti raksasa dalam serial televise the land of the giants. bahkan dunia bias selebar daun kelor bagi orag yang putus asa • Gejala itu diciptakan oleh skala observasi .• MASIH INGATKAH KALIAN LAGU BALONKU? Balonku ada lima rupa rupa warnanya • Waktu kecil segalanya terlihat serba besar. Pandangan itu berubah setelah kita branjak dewasa. duni teryata tidak sebesar yang kita kira. • Kehidupan penuh dengan 1001 rahasa.

ruang dan waktu.• Dalam analisis secara mkanisti maka terdapat empat komponenan analisis yang utama yakni. • Ke empat komponen itu bersifat absolute (Philoshopie Naturalis Pencipta Mathematica 1686) • Kompompenen • itu bersifat Relatif (the special theory of relativy 1905) . zat. gerak.

Harus di simpulkan dari “keadaan sebagaimana adanya” bukan “keadaan seharusnya” . Asumsi harus relevan dengan bidang dan tujuan pengkajian disiplin ilmu 2.Beberapa Asumsi Dalam Ilmu • Ilmu perlu pengetahuan yang bersifat analitis yang tertangguk dalam pengalaman manusia • Hal yang harus diperhatikan: 1.

Batas-Batas Penjelajahan Ilmu • Ilmu membatasi lingkup penjelajahannya pada batas pengalaman manusia disebabkan metode yang dipergunakan dalam menyusun kebenaran secara empiris. .

Cabang-Cabang Ilmu Filsaf at Ilmu alam Filsaf at moral .

Ilmu Alam Fisika Astrono mi Kimia Ilmu Bumi .

Fisika Mekanika Cahaya Kelistrikan dan Magnetisme Hidrodinamika Sunyi Fisika Nuklir Bunyi Panas Kimia Fisik .

Ilmu Sosial Antropologi Psikologi Ekonomi Sosiologi Ilmu politik .

.Selain ilmu alam dan ilmu sosial. pengetahuan mencakup juga mencakup humaniora dan matematika.

. Ilmu tanpa agama adalah buta. . a. c.. e. adalah kutipan kata dari .1. b. Isaac Newton Albert Einstein Plato John Locke Petrus Abelardus . d.

Apa yang akan dilakukan oleh seorang pedagang garam apabila terdapat peluang 0. Menjualnya pada esok hari meskipun terkena denda karena telat menjualnya . Memikirkan segala resiko yang akan terjadi d.2. Tidak pergi ke kota b. Tidak peduli dengan peluang tersebut c. Memasangkan terpal pada garamnya e.8 tidak akan hujan pada saat dia akan menjual garam tersebut ke kota… a.

Makin lama makin banyak pengalaman yang terkumpul dan kombinasi dari pengalaman-pengalaman yang seterusnya menumbuhkan sebuah ide b.3. Perubahan-perubahan dari sebuah pengalaman . Kebenaran yang tidak diragukan lagi e. Bahwa sikap yang masih diragukan c. Voke menganggap bahwa pikiran manusia pada mulanya dapat diibaratkan sebuah lempeng lilin yang lilin tersebut lengket pada lempengnya. apa makna dari perumpamaan tersebut? a. Sebuah ide yang sulit dipecahkan d.

a.• 4. . Dugaan sementara. Hipotesa c. Ketidakpastian d. Apa yang dimaksud dengan Asumsi …. b. Pembuktian e. Hal tidak perluh dibuktikan.

Praktis . Khusus d. Realistis e. Menurut para filsuf pengetahuan bersifat… a.• 5. Umum b. Individual c.