You are on page 1of 15

Jangan

Remehkan
Kebaikan

.Seberapa butuhkah kita akan ridho Allah? Seberapa inginkah kita menjadi penghuni surga? Seberapa takutkah kita akan murkaNya dan siksaNya? Hanya hati kita saja yang mengetahuinya.

yg seperti itu jangan dipermasalahkan. Perusak Amal Sepele? Terkadang menganggap sepele bukan karna hal itu tidak penting. . Itu kan hal sepele.” Meremehkan Ketaatan.“Ah. Tapi karna kita malas mengerjakan atau utk mengecilkan nilai kesalahan kita di depan org lain.

Hanya Allah yg berhak menentukan nilai-nilai itu. dan barang siapa yg mengerjakan amal keburukan walaupun sebesar dzarrah ia pun menyaksikannya (QS Al-Zalzalah: 7-8). Bukan hak manusia. . Allah jga berhak menyepelekan sebuah amal dan membesarkan nilai amal yg ain. “Barang siapa yg mengerjakan amal kebaikan walaupun sebesar dzarrah ia menyaksikannya.

Sebuah musibah seandainya ada hamba Allah yg suka menyepelekan perbuatan baik.. Tanda awal matinya hati kita. dan meremehkan perbuatan jahat. Tak akan ada gerakan utk menjawab panggilan Allah Na’uzubillah min dzalik… .Saudaraku.

Mengapa disepelekan ?? Kemunduran pemahaman kaum muslimin Mengapakah muncul sikap penyepelean thd Islam? Ada beberapa sebab. diantaranya adalah: .

tetapi jka ia rusak mk rusaklah jasad sluruhnya.” 2. ingat ia adalah hati (kalbu). “Umatku rusak oleh dua golongan: orang bodoh yg giat beribadah dan orang alim yg jahat. akan memunculkan sikap meremehkan hukum2 Allah. “Ingatlah. Karena hawa nafsu Terkalahkan akal manusia oleh hawa nafsu. jk ia baik mk baiklah sluruh jasad. Karena Kebodohan Nabi SAW bersabda. Ssungguhnya di dlam jasad manusia ada segumpal daging.1.” (HR Bukhari) .

Karena kepongahan diri Ia merasa amal-amal kebajikan yg kecil. .. Juga jnganlah merendahkan orang lain yg belum mampu berbuat seperti yg sudah anda kerjakan. tidak perlu diperhatikan dan dipermasalahkan. Janganlah menganggap diri sudah berbuat kebajikan shngga menyepelekan amal2 ebajikan yg lain.3. Para pengemban dakwah.

” Jawaban itu benar tpi dipakai utk membela kekurangan diri. Saudaraku… Marilah kita jujur pada diri sendiri dan bertakwa pda Allah. Akuilah dan perbaikilah sgala kekurangan kita. Untuk membela kesalahan “Ah. Berterimakasihlah pda orang yg .4. lho. Menegakkan syariah itu taqarrub yg lebih penting. taqarrub pada Allah itu kan banyak caranya.

. yaitu: . Sebaiknya kita renungkan baik-baik akibat dari suka menyepelekan kebaikan dan kesalahan. !! RUGI !! Hilangnya kesempatan menambah pahala dan menjauhkan diri dari dosa.Sebuah kerugian.

1. para penjuang islam harus mengintrospeksi diri. janganjangan ada hal sebenarnya wajib yg ditinggalkan atau yg haram dilanggar ? . Menjauhkan diri dr Allah Meremehkan amal kebaikan dan amal kejahatan. maka bgaimana kita bisa mendapatkan pertolongan dr Allah SWT ?? Ya. sama artinya dgn meremehkan ketaatan pda Allah. Seandainya Allah telah menjauh dari kita.

2. Manusia pun membencinya Meremehkan kesalahan membuat diri kita tidak disukai sesama.. . Sayangnya. Terkadang dari kita malas utk mengoreksi diri sendiri dan mengakui kesalahan.

agaimana dengan kita saat ini? Buatlah Perubahan !! .

Bangun semangat perubahan 5. Mulailah mengamalkannya 6. Belajarlah dr salafus sholeh 4. Perbanyak doa dan mohon ampunan .1. Tingkatkan pemahaman diri 2. Berjiwalah terbuka 3.

sedang mereka tidak diuji lagi? Dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yg sebelummereka.~ Akhir Kalam ~ “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”. Maka sesungguhnya Allah mengetahui orang2 yg benar dan sesungguhnya Dia mengetahui .