You are on page 1of 7

Plasenta previa

Keadaan dimana plasenta berimplantasi pada tempat abnormal yaitu pada segmen bawah rahim sehingga menutupi sebagian atau seluruh pembukaan jalan lahir .

Defek vaskularisasi desidua yang kemungkinan terjadi perubahan atrofik 3. Multiparitas dan umur lanjut 2. dimana endometrium belum siap menerima hasil konsepsi 5. Cacat atau jaringan parut pada endometrium pada bekas pembedahan sc kuret dll 4. korpus luteum bereaksi lambat. Konsepsi dan nidasi terhambat .penyebab Faktor predisposisi 1.

Macam-macam plasenta previa plasenta previa totalis adalah plasenta yang menutupi jalan lahir Plasenta persialis adalah apabila plasenta menutupi sebagian osteum uteri internum Plasenta previa marginalis yang berada disekitar pinggir osteum uteri internum .

gejala Perdarahan tanpa sebab tanpa rasa nyeri dari biasanya dan darah berwarna merah segar  bagian terdepan janin tinggi ( floating) sering dijumpai kelainan letak janin .

Ku ibu 2. Uk /taksiran berat janin 4. Jenis plasenta previa 5.penanganan Semua pasien dengan perdarahan per vagina pada kehamilan trimester ketig. Jumlah perdarahan 3. dirawat dirumah sakit tanpa periksa dalam Selanjutnya penanganan plasenta previa tergantung pada 1. Paritas dan kemajuan persalinan .

Terima kasih .