You are on page 1of 19

KASUS 3

“KETURUNAN YANG CACAT”

FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
2014/2015
 

(H2A014056) 8. Ullima Pramulasari (H2A014024) 2. Aoulia A.Dwi Yuliawati (H2A014060) .KELOMPOK 4 1. Fairuz Febrita D. Miftahul Tsani (H2A014044) 7. Nurhakiki (H2A014027) 4. Carvin Saputra H (H2A014028) 5. Ervin Antono (H2A014033) 6.R. (H2A014058) 9. Deny Pramudya N (H2A014025) 3. Tiga Putu Rona(H2A014059) 10.

Setahun kemudian istrinya hamil lagi. . dia merasa kecewa ketika mengetahui bahwa anak yang dilahirkan istrinya mengalami cacat kongenital.KETURUNAN YANG CACAT Seorang pria umur 35 tahun bekerja di unit radiologi sebagai radiographer pada salah satu rumah sakit. Setelah lima tahun bekerja. dan setelah istrinya melahirkan alangkah terkejutnya dia ketika mengetahui bahwa anak keduanya juga mengalami cacat kongenital. dia menikah dengan seorang wanita berumur 25 tahun dan tak lama kemudian istrinya mengandung. Setelah anak lahir.

Tanggung jawabnya yaitu meliputi semua sarana pelayanan kesehatan mulai dari puskesmas sampai dengan rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan radiodiagnostik. radioterapai dan kedokteran terapi. Radiographer: yaitu sebagai tenaga kesehatan yang diberi tugas. wewenang dan tangung jawab oleh pejabat yang berwewenang untuk melakukan kegiatan radiografi di unit pelayanan kesehatan. . Pencitraan dapat menggunakan seperti USG. sinar X. 2. Radiologi: yaitu spesialisasi kedokteran yang berhubungan dengan studi dan penerapan berbagai teknologi pencitraan untuk mendiaknosis dan digunakan untuk melihat bagian ranah tubuh manusia.STEP 1 : KLARIFIKASI ISTILAH 1. compute tomography (CT).

Umumnya janin tumbuh di dalam rahim. Cacat: adalah setiap orang yang mempunyai kelainan fisik/mental. yang terdiri dari penyandang cacat fisik dan penyandang cacat mental.3. dihitung saat awal periode menstruasi yang terakhir hingga melahirkan. Hamil: adalah suatu kondisi seseorang wanita memiliki janin yang tengah tumbuh dalam tubuhnya. 5. Kongenital: yaitu cacat bawaan pada kelainan dalam pertumbuhan struktur bayi yang timbul sejak kehidupan hasil konsepsi sel telur. yang dapat mengganggu atau atau merupakan rintangan dan hambatan baginya untuk melakukan secara selayaknya. Kurun waktu tersebut. 4. . Kelainan bawaan dapat disebabkan oleh faktor genetika. Waktu hamil pada wanita sekitar 40 minggu atau 9 bulan.

Bagaimana proses interaksi radiasi dalam tubuh manusia? . Bagaimana cara mencegah cacat kongenital? 3. Apa hubungan radiasai dengan cacat kongenital? 5.STEP 2 : IDENTIFIKASI MASALAH 1. Faktor apa saja yang menyebabkan kelainan bawaan? 2. Bagaimana patofisiologi cacat kongenital? 4. Apa macam-macam cacat kongenital yang sering dijumpai? 6.

Faktor mekanik . Faktor apa saja yang menyebabkan kelainan bawaan? .STEP 3 : KLARIFIKASI MASALAH 1. Faktor gizi . Faktor obat   . Faktor radiasi . Faktor genetik atau kromosom . Faktor hormonal . Faktor umur ibu .

Bagaimana cara mencegah cacat kongenital? Beberapa kelainan bawaan tidak dapat dicegah tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya kelainan bawaan terutama ibu dengan kehamilan di atas usia 35 tahun.2. .

• Menghindari radiasi gelombang elektromagnetik. obat terlarang. • Menjalani vaksinasi sebagai perlindungan terhadap infeksi. minum alcohol. • Melakukan olahraga dan istirahat cukup. • Melakukan pemeriksaan prenatal secara rutin. • Makan makanan yang bergizi dan mengkonsumsi vitamin prental serta asam folat. .Mencegah Cacat kongenital • Tidak merokok dan menghindari asap rokok. • Menghindari zat-zat yang berbahaya.

misalnya kaki bengkok atau mikrognatia (mandibula yang kecil) .3. atau posisi abnormal bagian tubuh yag disebabka oleh gaya mekanik sesudah pembentukan normal terjadi. kondisi. Bagaimana patofisiologi cacat kongenital? • Malformasi Adalah suatu kelainan yang disebabkan oleh kegagalan atau ketidak sempurnaan dari satu lebihn awal proses embryogenesis • Deformasi Didefinisikan sebagai bentuk.

Hubungan radiasi dengan cacat kongenital Sel Genetik  efek radiasi atau pewarisan yang terjadi pada sel genetik dirasakan oleh keturunan dari individu yang terkena paparan radiasi Sel Somatik  akibatnya akan dirasakan oleh individu yang terpapar radiasi. .Efek Tertunda .4.Efek Segera .

.5. Macam-macam cacat congenital yang sering dijumpai a. Hydrocephalus Disebabkan oleh adanya gangguan perkembangan tuba neuralis atau merupakan malformasi pada sistem saraf pusat yang berdiri sendiri.

Bibir sumbing dan langit-langit bercelah Dalam masa organogenesis bibir. . dibarengi dengan kegagalan pembentukan langit-langit pada minggu ke-8 hingga ke-9.b. terjadilah ditengah-tengah bibir. ujung-ujung cikal bakal akan menyatu di tengah pada hari ke -35. Apabila proses penyatuan ini terganggu dan gagal merapat.

Polydactyly Cacat ini berupa kelebihan jumlah jari yang dapat terjadi di daerah sisi ibu jari tangan atau ibu jari kaki (preaksial) atau pada sisi jari kelingking (postaksial) D. Syndactyly Penyatuan jari dapat terjadi pada tulang-tulangnya atau terbatas melibatkan jaringan lunaknya saja.C. .

 Radiasi dapat menyebabkan perubahan baik pada jumlah maupun struktur kromosom yang disebut dengan aberasi kromosom . kromosom maupun DNA. sel.Bila radiasi melalui tubuh manusia maka akan terjadi interaksi dengan senyawa air di dalam tubuh.  Interaksi dengan molekul air (radiolisis air) Penyerapan energi radiasi oleh molekul air dalam proses radiolysis air akan menghasilkan radikal bebas (H+ dan OH-).  Interaksi dengan DNA Interaksi radiasi dengan DNA dapat menyebabkan terjadinya perubahan struktur molekul gula/basa.

maka sel bisa kembali normal . dan juga tingkat kerusakan yang dialami sel tidak terlalu parah. . Interaksi dengan sel Bila proses perbaikan berlangsung dengan baik dan tepat.

STEP 4 : SKEMA .

2.STEP 5 : SASARAN BELAJAR 1. Radiasi Efek samping radiasi Patofisiologi Pandangan agama STEP 6 : BELAJAR MANDIRI . 4. 3.

STEP 7 : DISKUSI HASIL BELAJAR 1. Radiasi .