You are on page 1of 18

IPTEK DAN SENI

ISLAM
Oleh :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.

Adriansyah Adum Kusuma Hadi D0113002
Arifan Pratama D0113010
Bintang Sabilar Rosyad Dhanny D0113018
Damar Adhy Aksa D0113022
Dwi Ahmad NurD0113028
Fathoni Sakti Aji D0113034
Pandora Yudyawan D0113074

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi .

.” (QS.Yunus ayat 101) .  ‫ر‬ ‫ر‬ ‫و‬ ‫ت‬ ‫وا‬ ‫ما‬ ‫س‬ ‫ال‬ ‫في‬ ‫ذا‬ ‫ما‬ ‫روا‬ ‫ظ‬ ‫ن‬ ‫ا‬ ‫ل‬ ‫س و و ت‬ ‫ت‬ ‫ن‬ ‫و‬ ‫ر‬ ‫ق ت‬ ‫و‬ ‫ن‬ ‫ض‬ ‫ر‬ ‫ل‬ ‫وا‬ ‫ن‬ ‫و‬ ‫ت‬ Artinya:    “Katakanlah (Muhammad): lakukanlah nadzar (penelitian dengan menggunakan metode ilmiah) mengenai apa yang ada di langit dan di bumi ..

Dalam bahasa Inggris. ilmu disebut “knowlegde” dan pengetahuan ilmiah disebut “science” (sains). Kata ilmu memiliki kemiripan dengan kata ma’rifah. masyarakat dan pikiran. .Pengertian Ilmu Pengetahuan Ilmu berasal dari bahasa arab “ilmun” yang berarti pengetahuan. hikmah dan syu’ur. Kata ilmu dengan berbagai bentuk dalam AlQur’an terulang 854 kali. Avanasyev. fiqh. ilmu pengetahuan adalah pengetahuan manusia tentang alam. Menurut V.

Sains Islam vs Sains Barat Sains menurut Islam Sains menurut Barat Percaya pada wahyu Percaya pada rasionalitas Sains untuk sarana ibadah Sains untuk sains Adanya subjektifitas Tidak ada bias Komitmen emosional sangat penting untuk mengangkat usaha-usaha sains spiritual maupun sosial Netralitas emosional sebagai prasyarat kunci mendapat rasionalitas Orientasi masyarakat Individualisme Orientasi nilai Netralisme Loyalitas pada Allah dan makhlukNya Loyalitas kelompok Holistik Fragmentasi Menguji pendapat Penggantungan pendapat Tujuan tidak membenarkan sarana Tujuan membenarkan sarana .

bertopang kepada pengetahuan ilmu-ilmu alam yang bersandar kepada proses teknis tertentu.Teknologi Teknologi adalah kemampuan teknik dalam pengertiannya yang utuh dan menyeluru. .

serta mencermati fenomena-fenomena alam semesta Hal ini sesuai dengan dasar al-Qur`an yang memberi motivasi bagi manusia dalam menggunakan akal pikirannya sehingga tercipta teknologi yang canggih.    Al-Qur`an sumber etika pengembangan Iptek . memandang.    Al-Qur`an sebagai sumber motivasi d. maknanya bahwa dalam al-Qur’an banyak terkandung teks-teks (ayat-ayat) yang mendorong manusia untuk melihat.    Al-Qur`an sebagai produk wujud Iptek Allah b.Kedudukan Al-Quran dalam Iptek Bagi ilmuwan al-Qur`an adalah inspirator. yang meliputi : a.    Al-Qur`an sebagai prediktor c.   Al-Qur`an dan simplikasi e. berfikir.

tapi mungkin karena kurangnya publisitas dan banyaknya peristiwa sejarah yang menjadikan nama – nama mereka kurang dikenal bahkan di kalangan para umat muslim itu sendiri. berikut beberapa ilmuwan muslim yang sangat berjasa bagi dunia pengetahuan : . Dunia Pengetahuan mengalami zaman keemasan dengan bermunculannya ilmuwan – ilmuwan muslim yang sampai sekarang penemuannya masih digunakan dan menjadi rujukan sebagai dasar dari perkembangan pengetahuan modern.Tokoh Iptek Islam Di awal era pertumbuhan Islam.

hukum.1. Karya : 1. Fasl Al-Maqal fi Ma Bain Al-Hikmat Wa AsySyari’at (filsafat dalam Islam dan menolak segala paham yang bertentangan dengan filsafat) . matematika. Bidayat Al-Mujtahid (kitab ilmu fiqih) 2. dan filsafat Ibnu Rusyd tentang akidah dan sikap keberagamaannya. dan filsafat. Filsafat Ibnu Rusyd ada dua. Dia mendalami banyak ilmu. IBNU RUSHD (AVERROES) Abu Walid Muhammad bin Rusyd lahir di Kordoba (Spanyol) pada tahun 520 Hijriah (1128 Masehi). yaitu filsafat Ibnu Rusyd seperti yang dipahami oleh orang Eropa pada abad pertengahan. seperti kedokteran. Ibnu Rusyd mendalami filsafat dari Abu Ja’far Harun dan Ibnu Baja. Kulliyaat fi At-Tib (buku kedokteran) 3.

Karyanya yang sangat terkenal adalah Qanun fi Thib yang merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad George Sarton menyebut Ibnu Sina “ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang. beliau adalah “Bapak Pengobatan Modern” .2. IBNU SINA / Ibnu Sina (980-1037) dikenal juga sebagai Avicenna Avicenna di Dunia Barat adalah seorang filsuf. dan waktu. Dia adalah pengarang dari 450 buku pada beberapa pokok bahasan besar. tempat.” pekerjaannya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine. Beliau juga seorang penulis yang produktif dimana sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan.. ilmuwan. . dan juga dokter kelahiran Persia (sekarang sudah menjadi bagian Uzbekistan). Bagi banyak orang. dikenal juga sebagai sebagai Qanun (judul lengkap: Al-Qanun fi At Tibb).

“Kartografi”. Beliau membuat penelitian radius Bumi kepada 6. ahli farmasi dan guru. definisi aljabar. dengan menggunakan altitude maksima matahari.6 kilometer (hasil ini diulang di Barat pada abad ke 16) Sumbangannya kepada matematika termasuk: aritmatika teoritis and praktis. dia menulis beberapa hasil kerja ringkas. obat-obatan. bilangan irasional. metode pemecahan penjumlahan. kaidah angka 3. penulis ensiklopedia.Sebahagian karyanya ialah: Ketika berusia 17 tahun. sarjana. teorema Archimedes. astronom. aljabar. Khwarazm. filsafat.339. yang banyak menyumbang kepada bidang matematika. sudut segitiga . kombinatorial. pengembara. yang termasuk metodologi untuk membuat proyeksi belahan bumi pada bidang datar. Dia menulis bukunya dalam bahasa Persia (bahasa ibunya) dan bahasa Arab. sejarawan. termasuk kajian proyeksi peta. geometri. teori perbandingan. · Ketika berusia 22. filsuf. analisis. AL-BIRUNI Merupakan matematikawan Persia.penjumlahan seri. fisikawan.3. dia meneliti garis lintang bagi Kath.

alKarismi. al-Goritmi. 3. Al-Khawarizmi dikenal di Barat sebagai al-Khawarizmi. Beliau dilahirkan di Bukhara. Al-Khawarizmi khawarizmi. segi empat dan lingkaran dalam geometri. Selain itu beliau dikenali sebagai Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Yusoff. 2. Babylian dalam bentuk dugaan yang telah dibuktikan kebenarannya oleh al-Khawarizmi. teorema segitiga sama kaki dan perhitungan luas segitiga. Sistem Nomor : Beliau telah memperkenalkan konsep sifat dan ia penting dalam sistem Nomor pada zaman sekarang.Tahun 780-850M adalah zaman kegemilangan al-Khawarizmi. . Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah : Beliau telah mengajukan contoh-contoh persoalan matematika dan mengemukakan 800 buah masalah yang sebagian besar merupakan persoalan yang dikemukakan oleh Neo. Sumbangsihnya dalam bentuk hasil karya diantaranya ialah: 1.Nama Asli dari al-Khawarizmi ialah Muhammad Ibn Musa al4. Al-Jabr wa’l Muqabalah : beliau telah mencipta pemakaian secans dan tangens dalam penyelidikan trigonometri dan astronomi. Sin dan Tan dalam penyelesaian persamaan trigonometri . Karyanya yang satu ini memuat Cos. al-Gorismi dan beberapa cara ejaan lagi. al-Ahawizmi. al-Cowarizmi.

SENI .

1997:69) . Seni adalah ungkapan akal dan budi manusia dengan segala prosesnya dan merupakan ekspresi jiwa seseorang. secara etiologi seni(art) diformulasikan sebagai suatu kemahiran dalam menciptakan barang atau melakukan sesuatu. Dalam arti yang terluas. Dalam filsafat Islam seni diartikan dalam bahasa arab sebagai al Fann al Islami.Pengertian Seni Seni berasal dari bahasa Latin. seni meliputi setiap benda yang diciptakan oleh manusia sebagaimana dilawankan dengan benda-benda dari alam (The Liang Gie. karena al Fann merupakan telaah tentang seni dan keindahan yang sudah berkembang pada masa Yunani. yang artinya tidak jauh dari konsep Latin. yaitu Ars yang berarti kemahiran.

Kedua seni sebagai karya Artistik yang harus merupakan karya yang merefleksikan keimanan dan ketaqwaan kepada Yang Maha Indah. Seni dalam Islam harus dilihat dari dua sisi. . pertama seni sebagai sebuah pemahaman dari Yang Maha Indah.Seni dalam Islam Al-Qur’an tidak hanya membicarakan masalah teknik tetapi seni dan keindahan Islami juga disebutkan untuk menggugah kesadaran estesis orang-orang muslim. ini adalah fiisofi keindahan dari Allah “Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan”.

barang Mengekspresika n keindahan Hasil Karya Ilmiah Barang-barang teknologi Karaya seni Sumber Filsafat dan Agama Ilmu Pengetahuan Fenomena kehidupan masyarakat . Teknologi dan Seni Aspek Ilmu Pengetahuan Teknologi Seni Tujuan Mencari kebenaran Menciptakan barang.Perbedaan Ilmu Pengetahuan.

“Tuntutlah ilmu walaupun samapai ke negeri China” Dan juga Allah SWT menjanjikan kemudahan bagi seseorang menuju ke surga. “Barangsiapa mencari jalan untuk menuntut ilmu.Kewajiban menuntut dan mengamalkan Ilmu Dalam hal menuntut dan mengamalkan ilmu. Allah mudahkan baginya jalan ke surga” . “Carilah ilmu dari buaian sampai ke liang kubur” 3. Sesuai dengan beberapa sabda Rasulullah berikut : 1. baik Al-Qur’an maupun Alhadis menekankan orang-orang beriman untuk melaksankannya. “Mencari ilmu itu wajib hukumnya bagi seorang muslim lelaki maupun perempuan” 2.

TERIMA KASIH .