EKONOMI MINERAL

DISUSUN OLEH : BAGUS EKO NUGROHO

APA YANG DIMAKSUD KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG??? .

Nilai waktu dari uang berkaitan dengan nilai saat ini dan nilai yang akan datang. Artinya.Konsep nilai waktu dari uang adalah konsep berkaitan dengan waktu dalam menghitung nilai uang. Suatu jumlah uang tertentu saat ini dinilai untuk waktu yang akan datang maka jumlah uang tersebut harus digandakan dengan tingkat bunga tertentu (compound factor). uang yang dimiliki seseorang pada hari ini tidak akan sama nilainya dengan satu tahun yang akan datang. Uang yang diterima sekarang nilainya lebih besar daripada uang yang diterima di masa mendatang. Lebih awal uang anda menghasilkan bunga. . lebih cepat bunga tersebut  menghasilkan bunga.

00 sekarang dapat membeli satu liter beras kualitas sedang. artinya banyak orang menerima penghasilan. mungkin 0. uang sejumlah tersebut diatas tidak dapat membeli satu liter beras pada tahun depan. Jika pengangguran menurun. Disini terlihat bahwa secara kualitas. Konsep nilai waktu uang (time value of money concept) merupakan konsep yang dipahami sebagian besar orang di dunia. Kenaikan harga tersebut sudah kita pahami sebelumnya sebagai inflasi. Teorinya: uang yang ada sekarang lebih tinggi nilainya dibandingkan jumlah yang sama dimasa depan. artinya pula ada banyak uang yang beredar di pasar. Sebagai contoh: uang sejumlah Rp 6. Selaras dengan hukum penawaran dan permintaan. . inflasi bisa berarti kabar yang baik (pada batasan tertentu). Maka jelas inflasi (sekali lagi pada batas tertentu) merupakan salah satu indikator menurunnya pengangguran. nilai uang tergerus seiring dengan jalannya waktu. maka saat daya beli meningkat (karena orang-orang menerima penghasilan) maka harga-harga biasanya ikut naik.  Inflasi merupakan salah satu konsekuensi dari perkembangan perekonomian.000.  Inflasi muncul melalui banyak sebab. Yang harus diperhatikan dari inflasi adalah: apakah kenaikan harga (inflasi) tersebut didukung oleh daya beli seseorang (secara kualitatif)? Mari kita biarkan dahulu tentang masalah ini kepada penentu kebijakan. Tergerusnya nilai uang tersebut disebut sebagai inflasi. Namun. Dari sudut makro ekonomi.9 liter.

Tingkat discount faktor yang menyamakan nilai sekarang investasi dan nilai sekarang penerimaan kas bersih dimasa yang akan datang Jika IRR > tk bunga atau laba yang disyaratkan → layak . . Metode profitability index (PI). Metode ini mengukur berapa tingkat keuntungan yang diperoleh suatu investasi atau LABA / INVESTASI. Metode ini menghitung selisih antara nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan kas bersih. 3.METODE-METODE NILAI WAKTU DARI UANG 1. Mengukur seberapa cepat investasi itu kembali. 4. Metode ini menghitung perbandingan antara nilai sekarang penerimaan kas bersih dimasa yang akan datang dengan nilai sekarang 5. Metode payback period. Metode internal rate of return (IRR). 2. Metode net present value (NPV). Metode average rate of return.

Future Value Annuity (nilai masa mendatang untuk seni pembayaran) 1. Nilai masa mendatang untuk aliran kas tunggal b. .KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG FUTURE VALUE Nilai yang akan datang (future value) adalah nilai uang diwaktu akan datang dari sejumlah uang saat ini atau serangkaian pembayaran yang dievaluasi pada tingkat bunga yang berlaku. Future Valuae dibagi menjadi: a.

Present value dibagi menjadi: 2. Nilai sekarang untuk aliran kas tunggal. Suatu investasi dapat diterima hanya jika investasi itu menghasilkan paling tidak sama dengan tingkat hasil investasi di pasar yaitu lebih besar dari pada tingkat bunga deposito (tingkat hasil tanpa resiko). b.PRESENT VALUE (Nilai Sekarang) Nilai sekarang (Present Value) adalah nilai sekarang dari satu jumlah uang atau  satu seri pembayaran yang akan datang. a. yang dievaluasi dengan suatu tingkat bunga tertentu. Nilai sekarang untuk seni pembayaran kas (Annuity) .

Contohnya adalah bunga yang diterima dari obligasi atau dividen tunai dari suatu saham preferen. Selain itu.ANNUITY ( Nilai masa datang dan masa sekarang ) ANNUITY adalah suatu rangkaian pembayaran uang dalam jumlah yang sama yang terjadi dalam periode waktu tertentuAnuitas adalah suatu rangkaian penerimaan atau pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala pada jangka waktu tertentu. anuitas juga diartikan sebagai kontrak di mana perusahaan asuransi memberikan pembayaran secara berkala sebagai imbalan premi yang telah Anda bayar. a. Nilai Sekarang Anuitas (Present Value Annuity) b. yaitu: 3. Pinjaman yang Diamortisasi . Anuitas Abadi c. Ada dua jenis anuitas.

APA YANG DIMAKSUD ALIRAN KAS ( CASH FLOW )?? .

aliran kas secara sederhana merupakan pergerakan keluar dan masuknya   kas ke suatu bisnis atau proyek pada periode tertentu sehingga menggambarkan  perubahan kondisi kas proyek atau bisnis tersebut dari satu periode ke periode berikutnya.Aliran kas (cash flow) merupakan aliran pemasukan dan pengeluaran kas   yang mengubah kondisi kas proyek atau perusahaan setiap periode pembukuan  (bulan. cash flows dapat juga mewakili proyeksi aliran kas suatu   peluang bisnis atau investasi yang menggambarkan jumlah dan saat terjadinya pemasukan (income atau revenue) dan pengeluaran (expenditure atau cost) selama life   cycle dari proyek atau investasi tersebut. Aliran kas keluar (cash   outflows) diakibatkan oleh pembiayaan-pembiayaan yang dilakukan.semester. triwulan. Selain itu. Aliran kas masuk (cash inflows) dapat bersumber dari aktifitas financing (bantuan pinjaman oleh pihak luar). ataupun investasi oleh pihak lain. . Dengan demikian.atau tahun). hasil   penjualan produk.

Aturan ini dikenal dengan   nama konvensi akhir periode (end-ofperiod convention). Aliran keluar masuknya kas   suatu   proyek atau bisnis dapat digambarkan dalam bentuk diagram aliran kas yang   menunjukkan semua aliran kas masuk dan keluar pada setiap periode waktu selama   life cycle proyek atau bisnis tersebut. .Diagram Aliran Kas   Data keuangan setiap proyek ataupun bisnis yang aktif akan memperlihatkan aliran kas masuk (income) yang diperoleh dari penjualan produk atau jasa yang dihasilkan dan aliran kas keluar (expenditure) yang merupakan   konsekwensi biaya yang timbul akibat aktifitas yang harus dilakukan untuk   menghasilkan produk atau jasa yang dapat dijual. Aliran keluar masuknya kas pada suatu proyek atau bisnis dapat terjadi kapan saja dan berulang kali dalam setiap periode waktu. Akan tetapi. untuk memudahkan perhitungan. semua aliran kas dalam suatu periode pembungaan diasumsikan     terjadi secara bersamaan pada akhir periode tersebut.

4.Penyusunan Cash Flow Ada empat langkah dalam penyusunan cash flow. Menyusun kembali keseluruhan penerimaan dan pengeluaran setelah adanya transaksi financial dan budget kas yang final. 2. . Menyusun estimasi penerimaan dan pengeluaran Menyusun perkiraan kebutuhan dana dari hutang yang dibutuhkan untuk menutupi deficit kas dan membayar kembali pinjaman dari pihak ketiga. yaitu : 1. Menentukan minimum uang. 3.

FORMAT CASH FLOW Bentuk (format) cash flow sangat bervariasi. Saldo Kas Minimum (Minimum Cash Balance) 7. Walaupun demikian. Kas Masuk atau Penerimaan kas (Cash Inflow) 3. Saldo Kas Akhir (Ending Cash Balance) . Surplus/Defisit Kas Perusahaan (Net Cash Surplus/Defisit) 6. Kebutuhan Dana Tambahan (Additional Financial Needs) 8. format Cash Flow terdiri dari komponen-komponen berikut: 1. Total Kas yang Tersedia (Total Cash Available) 4. Saldo Awal Kas (Beginning Cash Balance) 2. Tidak ada satu bentuk baku yang dipakai secara umum. Kas Keluar atau Pengeluaran Kas (Cash Out Flow) 5. apapun bentuk yang dipakai.