Pengertian dan

Asas-Asas Kurikulum

Agam Priambodho
140331601029
Kimia A 2014

 Penerbit : PT. S. M.A. Dr. Bumi Aksara  Tahun terbit : 2011 . Nasution.Keterangan Buku  Judul buku : Asas-Asas Kurikulum  Pengarang : Prof.

Keterangan Buku  Judul buku : Kurikulum dan Pembelajaran  Pengarang : Dr. Bumi Aksara  Tahun terbit : . Oemar Hamalik  Penerbit : PT.

Kurikulum sekolah tidak hanya mata pelajaran. Rencana pembelajaran. . dimana dapat diartikan jangka waktu pendidikan yang harus ditempuh siswa untuk mendapatkan ijazah.Perkembangan Kurikulum Jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari. dimana dapat meliputi hal-hal yang direncanakan untuk pelajaran anak dan turut mengubah kelakuan anak didik. di dalam maupun diluar sekolah. melainkan berbagai kegiatan lain yang bersifat edukatif.

Beberapa Pengertian Kurikulum 1) Kurikulum adalah segala usaha sekolah untuk mempengaruhi anak belajar. Galen dkk. di luar kelas maupun diluar sekolah (Saylor. J. . apakah dalam kelas. 1956). 2) Hilda Taba mengemukakan bahwa kurikulum merupakan cara dimana mempersiapkan peserta didik dapat berpatisipasi sebagai anggota yang produktif dalam masyarakat.

artinya suatu program pendidikan yang disediakan untuk membelajarkan siswa. melainkan dapat mencakup kegiatan diluar kelas. . artinya sejumlah mata ajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh pengetahuan.Tafsiran Kurikulum Kurikulum memuat isi dan materi pelajaran. kegiatan belajar tidak terbatas dalam ruang kelas saja. yang diharapkan terjadi perubahan dan perkembangan tingkah laku siswa. Kurikulum sebagai pengalaman belajar. Kurikulum sebagai rencana pembelajaran.

Asas-Asas Kurikulum Filosofis Organisat oris Kurikulu m Sosiologis Psikologis .

.Penjelasan…. Asas Filosofis Asas Psikologis Dalam menentukan manusia yang dicita-citakan sebagai tujuan yang harus dicapai melalui pendidikan. PSIKOLOGI ANAK Sebagai reaksi terhadap kurikulum yang ditentukan oleh orang dewasa tanpa menghiraukan kebutuhan dan minat anak. PSIKOLOGI BELAJAR Kurikulum dapat direncanakan dan dilaksanakan dengan cara seefektif-efektifnya. maka kurikulum mempunyai hubungan erat dengan filsafat bangsa.

. Asas Organisatoris Bermacam-macam organisasi kurikulum dapat dijalankan secara bersama di satu sekolah.Penjelasan…. Asas Sosiologis Perubahan masyarkat akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan faktor pertimbangan dalam kurikulum. bahkan yang satu dapat membantu atau melengkapi yang satu lagi.

dan sekolah-sekolah yang masih berkategori Rintisan Internasional) . seperti Sekolah Berstandart Internasional (SBI) Sekolah Berstandar Nasonal (SSN).Pertanyaan 1. Apakah kurikulum sejalan dengan misi dan tujuan sekolah? (padahal sekarang sekolah di kelompokan dalam berbagai kategori yang berbeda. Mengapa kurikulum menentukan kualitas pendidikan? 2.

dan juga kurikulum di rancang dan disusun sebagai alat ukur siswa untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.Jawaban 1. baik secara pengetahuan maupun moral. .  Kurikulum merupakan suatu pedoman sekolah untuk menunjukkan sesuatu kepada masyarakat bahwa sekolah tersebut memiliki identitas agar sekolah tersebut dinilai baik. agar dapat mengetahui sampai dimana batas kemampuan pengetahuan siswa dalam suatu pembelajaran. sehingga menghasilkan peserta didik yang berkualitas.

Untuk pembagian kategori sekolah tersebut tergantung dari sarana prasarana. Jika sekolah tersebut mampu mengikuti perubahan kurikulum yang berlaku maka sekolah tersebut sudah layak menerapkan kurikulum yang berlaku itu. . tenaga pengajar dan kondisi dari siswa nya sendiri. Kurikulum harus sejalan karena kurikulum memuat garis-garis besar program pengajaran yang berlaku di seluruh Indonesia.Jawaban 2.

Penyusun : Agam Priambodho (140331601029) Jurusan : Kimia Program Studi : S1 Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang .