AKUNTANSI KEUANGAN

,
STANDAR AKUNTANSI DAN
RERANGKA KONSEPTUAL PELAPORAN
KEUANGAN

Nama Anggota Kelompok 1:
1. Ni Kadek Dwi Ratna Febriani
(1406305008)
2. I Wayan Buda Arsana (1506305004)
3. I Kadek Rian Mahendra (1506305010)
4. Ida Ayu Putu Dhaniar Waghmi P.
(1506305016)

MATERI AKUNTANSI DAN LINGKUNGANNYA BACK .

PENGERTIAN AKUNTANSI BIDANG-BIDANG AKUNTANSI LAPANGAN PEKERJAAN AKUNTANSI AKUNTANSI DAN LINGKUNGANNYA PIHAK PENGGUNA INFORMASI AKUNTANSI TANTANGAN YANG DIHADAPI AKUNTANSI KEUANGAN BAC K HUBUNGAN AKUNTANSI DAN ALOKASI MODAL .

untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut (berdasarkan American Accounting Assosiation) BAC K . mengukur dan melaporkan informasi ekonomi.PENGERTIAN AKUNTANSI Proses mengidentifikasi.

G N A D I I B S – N G TA N A UN D BI AK Akuntansi Pendidik Akuntansi Sosial Akuntansi Keuangan Auditing Akuntansi Biaya Akuntansi Anggaran Akuntansi Manajemen Akuntansi Pajak Akuntansi Lembaga Nonprofit Akuntansi Internasional Sistem Akuntansi BAC K .

LAPANGAN PEKERJAAN AKUNTANSI Cost Accountant Akuntansi Perseorangan Internal Auditor Controller Akuntansi Publik Tax Specialist Akuntansi Pemerintahan Akuntansi Pendidikan BAC K .

KREDITUR 5. MANAJEMEN PERUSAHAAN 2.INVESTOR 3.PIHAK LAINNYA BAC K .PIHAK PENGGUNA INFORMASI AKUNTANSI PIHAK INTERNAL PIHAK EKSTERNAL 1.PEMERINTAH 4. KARYAWAN PERUSAHAAN 1.PEMILIK PERUSAHAAN 2.

TANTANGAN YANG DIHADAPI AKUNTANSI KEUANGAN 1 Pengukuran Nonkeuangan 2 Informasi yang Berorientasi ke Depan 3 Aktiva Lunak 4 Ketepatan Waktu BAC K .

HUBUNGAN AKUNTANSI DAN ALOKASI MODAL PELAPORAN KEUANGAN Informasi yang disediakan sebuah perusahaan untuk membantu pemakaiannya membuat keputusankeputusan alokasi modal perusahaan PEMAKAI Investor dan kreditor menggunakan laporan keuangan untuk membuat keputusankeputusan alokasi modal ALOKASI MODAL Proses penentuan bagaimana dan dengan biaya berapa uang dialokasikan ke dalam kepentingankepentingan yang saling bersaing BAC K .

BAC K PENGERTIAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN SEJARAH PERKEMBANGAN STANDAR AKUNTANSI DI INDONESIA STANDAR AKUNTANSI UNTUK AKUNTANSI KEUANGAN YANG BERLAKU DI INDONESIA .

PENGERTIAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN Standar akuntansi keuangan adalah suatu metode dan format baku dalam penyajian informasi laporan keuangan suatu kegiatan usaha NEXT .

independen dan dapat mengabdikan keahliannya dan kejujurannya Memberikan database pada pemerintah tentang berbagai informasi yang dianggap penting dalam perhitungan pajak. dan pengaturan ekonomi dan peningkatan efisiensi ekonomi serta tujuan makro lainnya Dapat menarik perhatian para ahli dan praktisi dibidang teori dan prinsip akuntansi BAC K . peraturan tentang perusahaan. prestasi dan kegiatan perusahaan Memberikan pedoman dan peraturan kerja bagi akuntan publik agar mereka dapat melaksanakan tugas dengan hati-hati. perencanaan.TUJUAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN Dapat memberikan informasi tentang posisi keuangan perusahaan.

SEJARAH PERKEMBANGAN STANDAR AKUNTANSI DI INDONESIA 1973 BP Std Akt PAI 1973 Komite PAI PAI – 84 Bersumb er dari IASC 1994 Komite SAK SAK – IAS 1 Okt 94 1998 Dewan SAK 23-24 Septemb er 1998 2008 KONVERGE NSI SAK IFRS IFRS 2012 BAC K .

TAHUN 2008 Dewan Standar Akuntansi Keuangan-Ikatan Akuntansi Indonesia (DSAK.IAI) telah memulai program konvergensi standar akuntansi keuangan Indonesia menuju Internasional Financial Reporting Standard (IFRS) yang dikeluarkan oleh Internasional Accounting Standar Board (IASB) NEXT .

Di Indoesia PSAK dikonvergensi secara penuh ke dalam IFRS melalui tiga tahapan BAC K .

merevisi PSAK agar secara material sesuai dengan IFRS versi 1 Januari 2009 yang berlaku efektif tahun 2011/2012 2.konvergensi di Indonesia dilakukan secara bertahap NEXT .2012 Indonesia melalui Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK). Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sudah melakukan konvergensi IFRS dengan penyelesaian tahun 2012 Sasaran Konvergensi IFRS tahun 2012 : 1.

Karakteristik IFRS Dinamis Lebih banyak Pengungkap an 19 FEUI Pelaporan Korporat .Departemen Akuntansi Principle Based : Judgment Fair Value NEXT .

Manfaat konvergensi IFRS Menghilangkan Meningkatkan Mengurangi BAC K .

Empat Pilar Standar Akuntansi Keuangan Indonesia 1. Standar Akuntansi  IFRS hanya diadopsi PSAK (SAP) Pemerintahan  SAK ETAP diluncurkan pada tanggal 17 Juli 2009  Instansi Pemerintah menggunakan Standar Akuntansi Pemerintahan PP 71 tahun 2010 BAC K . PernyataanStandar Akuntansi Keuangan 2. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAKETAP) 3. Standar Akuntansi Syari’ah (SAK Syariah) 4.

BAC K RERANGKA KONSEPTUAL PELAPORAN KEUANGAN NEXT .

KERANGKA DASAR ATAU KERANGKA KERJA KONSEPTUAL (CONSEPTUAL FRAMEWORK) Suatu sistem yang terdiri dari tujuan dan konsep Fundamental yang saling berhubungan. Menurut Kieso (2008) NEXT . yang menjadi landasan bagi penetapan standar yang konsisten dan penentuan sifat. fungsi. serta batasanbatasan (akuntansi keuangan dan laporan keuangan).

untuk menanggulangi masalah akuntansi yang belum diatur dalam standar akuntansi keuangan Auditor. dalam memberikan pendapat mengenai apakah laporan keuangan disusun sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum Para pemakai laporan keuangan.TUJUAN KERANGKA DASAR SEBAGAI ACUAN BAGI : Komite penyusun standar akuntansi keuangan. dalam pelaksanaan tugasnya Penyusun laporan keuangan. dalam menafsirkan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan yang disusun sesuai dengan standar akuntansi keuangan NEXT .

I S M U AASSUMSI R A S A DDASAR 1. Asumsi Akrual (Accrual) dengan asumsi dasar akrual adalah bahwa setiap transaksi dan pristiwa yang terjadi baik yang sudah dilalui maupun yang akan terjadi harus diakui pada saat pelaporan keuangan dibuat 2. Asumsi Keberlangsungan Usaha (Ongoing Concern) perusahaan menyusun laporan keuangan tersebut perusahaan akan diasumsikan akan terus menerus beroperasi dan berjalan dimasa yang akan datang NEXT .

LAPORAN KEUANGAN HARUSLAH MEMENUHI KARAKTERISTIK KUALITATIF (QUALITATIVE CAHARACTERISTICS) A Dapat Dipahami Materialita s Relevan Netralitas Keandalan Penyajian Jujur Pertimbanga n Sehat Kelengkap an Dapat Dibandingk an NEXT .

NEXT .KENDALA INFORMASI YANG RELEVAN DAN ANDAL 1.

UNSUR LAPORAN KEUANGAN LAPORAN LABA/RUGI LAPORAN PERUBAHAN EQUITAS LAPORAN POSISI KEUANGAN LAPORAN ARUS KAS CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN NEXT .

PENGUKURAN UNSUR LAPORAN KEUANGAN Biaya historis Biaya kini (current cost) Nilai realisasi/penyelesaian (realisable/settlement value) Nilai sekarang (present value) NEXT .

PELAPORAN KEUANGAN ( FINANCIAL REPORTING ) Pelaporan keuangan (financial reporting) merupakan informasi keuangan yang disediakan sebuah perusahaan untuk membantu pemakainya membuat keputusan-keputusan alokasi modal perusahaan. NEXT .

TUJUAN UTAMA PELAPORAN AKUNTANSI KEUANGAN : BERGUNA FOKUS UTAMA PADA LABA DAPAT DIMENGERTI EVALUASI SUMBER DAYA EKONOMI TARGET PEMBACA : INVESTOR & KREDITOR PENILAIAN TERHADAP ARUS KAS MASA YANG AKAN DATANG NEXT .

Menurut IFRS (International Financial Reporting Standards) kerangka konseptual pelaporan keuangan dibagi menjadi tiga level seperti gambar dibawah ini berikut dengan penjelasannya : BAC K .

Olympus telah memanipulasi laporan keuangannya dan menyembunyikan kerugian investasi mereka Dengan skema Tobashi. Olympus telah melakukan penipuan atas laporan keuangan perusahaan selama 20 tahun NEXT . Skandal penipuan laporan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan Olympus. dan berperan penting sebagai pendiri dalam revolusi fotografi digital.CONTOH KASUS Olympus merupakan perusahaan yang meluncurkan baris pertama kamera pada tahun 1936.

DAMPAK Olympus telah mendapat ancaman akan dihapuskan dari nilai perusahaan juga turun drastis yaitu hampir 75% dari nilai sebelumnya penurunan kepercayaan investor terhadap manajemen Olympus NEXT .

SOLUSI menata ulang manajemen perusahaan dengan memasukkan orang-orang baru Olympus menjual sahamnya kepada Sony atas kepemilikan saham sebesar 51%. BAC K .

SESI DISKUSI ??? .

SEKIAN & TERIMAKASIH .