You are on page 1of 13

Fluid-Particle Reactor

Chapter 2
6
Andhi Septa Wijaya (21030113130146)
Rifaldi Maulana Hasbi (21030113120038)
Efreim Novian Ginting (21030113120046)

3Faktor yang mengontrol desain reactor fluid-solid Kinetika reaksi Distribusi ukuran fase padat Pola aliran antara fluida dan solid dalam reactor .

Umumnya berlangsung secara nonisotermal. . Kecenderungan komposisi berbeda (berubah) sepanjang reaktor.Beberapa tipe kontak pada operasi gas-solid Solid-gas dalam reactor plug flow Fase padat dan gas dikontakkan dalam reactor pipa (plug flow).

Cara kerja reactor ini yaitu melewatkan fluida (dalam hal ini gas) pada tumpukan padatan (biasanya katalis) dengan kecepatan tertentu sehingga padatan akan terolak dan akhirnya di analogikan sebagai fluida (mixed flow).Beberapa tipe kontak pada operasi gas-solid Solid dalam reactor mixed flow Salah satu contoh reactor ini adalah fuidized bed. .

Beberapa tipe kontak pada operasi gas-solid Operasi semibatch Solid-fluid dalam operasi semibatch biasanya memiliki desain reaktor berunggun tetap (fase solid tetap) sedangkan yang mengalir adalah gas atau cairan (sebagai fluid). .

solid-fluid berada pada kondisi batch.Beberapa tipe kontak pada operasi gas-solid Operasi batch Pada operasi batch. .

Sedangkan F(Ri) adalah fraksi banyaknya umpan masuk pada setiap ukuran padatan (Ri). Distribusi ukuran umpan yang masuk reaktror dapat direpresentasikan sebagai distribusi kontiyu atau sebagai distribusi diskrit.Profil campuran partikel (partikel yang tidak berubah ukuran)dalam reactor plug flow solid dengan komposisi fluid (gas) uniform Campuran partikel padatan yang dimasukkan ke dalam reactor bias jadi memiliki ukuran partikel yang berbeda beda. namun perubahan densitas pada padatan dapat diabaikan sehingga F dapat direpresentasikan sebagai banyaknya solid yang diumpankan ke dalam reactor. . Padatan dengan ukuran terbesar (Rm) yang masuk kedalam reactor bias saja tidak akan berubah. F merupakan banaknya umpan masuk per satuan waktu. Selama bereaksi. densitas padatan kemungkinan dapat berubah.

Semua umpan yang berada dalam reactor plug memiliki waktu tinggal yang sama yaitu tp . .Grafik tersebut menunjukkan karakteristik dari distribusi partikel yang diskrit. Sedangkan XB merupakan padatan yang terkonversi yang keluar dari reactor.

Partikel yang lebih kecil dari R(Tp = Т) akan secara menyeluruh terkonversi dan tidak berkontribusi dalam fraksi yang tidak terkonversi yaitu (1-XB) .Keterangan: R(Tp = Т) adalah jari jari terbesar (terpanjang) pada suatu partikel yang secara sempurna dapat terkonversi di dalam reactor.

Example : .

Solution : .

then : .

38) maka dapat kita simpulkan bahwa control yang berpengaruh adalah control reaksi kimia. Sehingga persamaan yang dipakai adalah : Dan disubtitusi dengan Sehingga didapatkan persamaan : .Keterangan U : ntuk particle size Dari hubungan antara t dengan R menunjukkan bahwa t sebanding dengan R (persamaan 25.