MASALAH KESEHATAN IBU DAN ANAK

Keperawatan Maternitas

Kelompok 5
Anggota

:

Melani Kusdayani

Rizkythia Andhara

Eldi Muhamad

Jafar

Sianosis atau kebiruan 3. Diare 8.500 gram 4. Letargi (tonus otot rendah) 5.Sindrom kematian bayi mendadak DAFTAR PUSTAKA : ASUHAN NEONATUS BAYI DAN ANAK BALITA . Bayi berat lahir rendah (BBLR) < 2. Infeksi 10. Kejang 7. Hipotermi 6.APA SIH MASALAH KESEHATAN ANAK ? 1. Sulit bernapas 2. Obstivasi 9.

Abortus . Perdarahan kehamilan lanjut dan persalinan .Kehamilan ektopik terganggu . Malpresentasi dan Malposisi .Ruptura prenium dan robekan dinding vagina 4. Persalinan lama 5. Perdarahan setelah bayi lahir .molahidatidosa 2.Solusio plasenta .Atonia Uteri .MASALAH-MASALAH YANG DIHADAPI UMTUK KESEHATAN IBU DAN BAYI ITU APA SAJA? 1.Retensio plasenta .Plasenta previa . Perdarahan pada kehamilan muda .Ruptura uteri 3.

Preeklampsia ringan .Herpes genitalis 9.Hipertensi karena kehamilan tanpa proteinuria.toksoplasmosis . . gangguan penglihatan. Penyakit menular seksual (PMS) dan kehamilan . Hipertensi dalam kehamilan. Infeksi dalam kehamilan .Hipertensi kronik 7.Gonorhe .Infeksi virus .Kandidiasis vaginalis .Preeklampsia berat dan eklampsia .Trikomoniasis .6. Ketuban pecah dini 8. nyeri kepala. kejang dan / koma. .

Bakteri uria asimptomatik .Perionitis .Demam typoid ..Sistitis .Metritis . Infeksi dengan demam tinggi sebagai gejala utama .Infeksi payudara .Abses pelvis .Ulkusmole 10.Pielonenefritis 11.Malaria 12.Bendungan payudara . Infeksi nipas .Sipilis . Infeksi saluran kemih . Infeksi dalam persalinan 13.

Hipotiroid .Asma bronkhiale .. Anemia dalam kehamilan 17.Trombolebitis femoralis 14.Ampendisitis 15.Kista ovarium .Tromboplebitis .Gagal jantung akibat penyakit jantung 16.Pneumonia . Nyeri perut .Gagal jantung akibat anemia . Penyakit tiroid .Hipertiroid .Infeksi luka perineal dan luka abdominal . Kesukaran bernafas .

Masalah yang berhubungan dengan lamanya kehamilan .Reaksi mania . Kehamila ganda 21.Persalinan preterm .Pseudosyesis .Rasa kehilangan .Skizofrenia .Reaksi cemas .Kehamilan lewat waktu (post date/postterm) 20.18. Masalah emosi dan kejiwaan selama kehamilan . Kehamilan dan persalinan dengan parut uterus 22.Reaksi obsesif-kompulsif .Depresi berat . Diabetes mellitus gestasional (DMG) 19. Prolapsus tali pusat 23.Reaksi panik .

Bayi berat lahir rendah .Gangguan saluran cerna/perut buncit . Masalah bayi baru lahir . Masalah janin .Dehidrasi .Gerak janin menghilang .Infeksi/sepsis .Gawat janin .Tetanus neonatorum .Kematian janin 25.Cedera lahir .Kejang .Ikterus .Asfiksia .Gangguan pernapasan .24.Menejemen rujukan bayi baru lahir resiko tinggi .Hipo/hipertermia .

S.PERAN MARTENITAS SEPERTI APA ? 1. DAFTAR PUSTAKA : KEPERAWATAN MATERNITAS NS. Peran perawat pada masa sebelum dn selama kehamilan. Advokad Mendukung hak klien dan membantu dalam membuat keputusan dengan memberi informasi dampak dari keputusan yang akan diambil tersebut. REGINA VT NOVITA. persalinan dan sesudah persalinan adalah sebagai berikut : •. kehamilan saat ini. pelaksana Membantu. persalinan yang akan dihadapi dan pospartum. Provider Sebagai penyedia pelayanan kesehatan. mengarahkan dan meningkatkan kesehatan keluarga yang baru yang merencanakan kehamilan. Pendidik Memberikan pendidikan kesehatan yang berhubungan dengan perencanaan kehamilan. persalinan dan pospartum. •.Kep . •. •.

berupa penyuluhan kepada ibu-ibu setelah melahirkan dengan waktu yang tepat dengan memperhatikan proses adaptasi ibu.Family of orientation .family of procreation .fase menerima peran baru • Tipe keluarga dalam perawatan maternitas . Peran dan fungsi perawat maternitas dalam tahap child bearing dan child raring.2. pendidikn. • Tiga fase adaptasi ibu .fase transisi . 3.fase ketergantungan . Peran perawat pada masa nifas • Pendekatan.

dan bakteremia. perdarahan karena kehamilan ektopik. hipertensi baik yang diinduksi atau diperberat oleh kehamilan. Hipertensi. tromboflebitis. Infeksi nifas. yang diinduksi atau diperberat oleh kehamilan. atau infeksi panggul pospartum. perdarahan yang berkaitan dengan aborsi. pedarahan sebagai akibat dari lokasi plasenta abnormal atau ablasi plasenta (plasenta previa dan abrupsio plasenta). dan perdarahan karena ruptur uteri. dan pada beberapa kasus berat disertai kejang-kejang dan koma (eklamsia). menyulitkan sekitar 6 atau 7% kehamilan dan umumnya disertai dengan edema dan proteinuria (preeklamsia). Daftar Pustaka : OBSTERTI WILLIAMS EDISI 18 PENERBIT BUKU KEDOKTERAN EGC . dan infeksi masih bertanggung jawab untuk separuh kematian ibu di amerika serikat. Sebab-sebab perdarahan obstertik adalah multipel dan mencakup perdarahan pospartum.BAGAIMANA PENYEBAB (AKA & AKI)? Sebab umum angka kematian ibu : Perdarahan. biasanya dimulai sebagai infeksi uterus atau parametrium. tetapi kadangkal infeksi ini mengalami perluasan sehingga menyebabkan peritonitis.

Proporsi bayi berat lahir rendah berbeda-beda diantara kelompok etnik. tetapi yang paling penting adalah berat badan lahir rendah yang biasanya sebagai akibat dari kelahiran jauh sebelum cukup bulan. berkisar dari 60 per 1000 untuk ibu-ibu kulit putih sampai kira-kira 120 per 1000 untuk ibu-ibu kulit hitam.AKA Pada tahun 1977. Hampir dari separuh kematian neoatal ini terjadi pada hari pertama kehidupan. . Sebab-sebab dari ke sia-sian besar selama periode neonatus ini banyak sekali. jumlah kematian selama 24 jam itu melibihi kematian dari 2 bulan sampai tahun pertama. Sebab kematian neonatal penitng lainya adalah malformasi kongenital. Disini kata cedera digunakan dalam arti luas untuk menunjukan cedera selebral akibat hipoksia inutero maupun cedera traumatik pada otak selama persalinan dan kelahiran. untuk pertama kali di amerika serikat terjadi kematian anak yang lebih sedikit dari pada kematian janin (lahir mati). sebab kematian neonatal terbesar kedua adalah cedera sistem saraf pusat.

Pendidikan mengenai cara menemukan masalah kesehatan yang menonjol cara pencegahan 2). DAFTAR PUSTAKA : ASUHAN KEPERAWATAN MATERNITAS (MEDICAL BOOK) OLEH WAHYU PURWANINGSIH. Penyediaan air bersih 4).UPAYA KEBIJAKAN PEMERINTAH 1. Save Motherhood Adalah program yang dicanangkan pemerintah untuk mengurangi tingginya angka kematian dan kesakitan para ibu yang diakibatkan oleh koplikasi kehamilan dan kelahiran.Kep. Kesehatan ibu dan anak termasuk kelurga berencana 5). Prinsip pemeliharaan kesehatan dasar dan 1). Pencegahan dan pengendalian penyakit endemik setempat 7). Imunisasi terhadap penyakit infeksi utama 6).Kep SITI FATMAWATI S. Peningkatan penyediaan makanan dengan nilai gizi yang memadai 3). Pemeliharaan kesehatan dasar (PKD) a. S. Pengobatan yang tepat terhadap penyakit dan cedera yang umum ditemukan 2. Ns .

angka mortalitas bayi di Amerika Serikat yang berusia di bawah 5 tahun menempati posisi ke 22 duni (angka mortalitas tahunan anka berusia <5 tahun per 1000 kelahiran hidup). Pada tahun 1988. Antara tahun 1983 dan 1985. Pada tahun 1986.6) 2 kali lebih tinggi daripada bayi kulit putih(7. angka mortalitas bayi kulit hitam di Amerika Serikat (17.3) suatu rasio yang tetap tidak berubah selama 4 dekade. Pada tahun 1991. angka mortalitas bayi kulit hitam di Amerika Serikat menempati posisi ke 28 dunia dan bayi kulit putih ke 18. angka mortalitas bayi di Amerika Serikat menempati posisi ke-21 dunia.FENOMENA KESEHATAN IBU DAN ANAK Fakta tentang perawatan kesehatan ibu-anak di Amerika Serikat Pada tahun 1991. . Ibu berkulit tidak putih memiliki angka mortalitas hampir 4x lebih besar dari pada ibu kulit putih. mortalitas ibu tidak berkulit putih meningkat 10% secara nasional.

Bayi berat lahir rendah memiliki kemungkinan meninggal di tahun pertama 20 kali lebih besar dari pada bayi dengan berat lahir normal. kecuali Afrika Selatan. Amerika Serikat adalah satu-satunya negara industri. dan batuk rejan pada anak meningkat secara dramatis sejak tahun 1983. Jumlah kasus campak. Pada tahun 1988. presentase anak usia 2 tahun yang mendapat imunisasi lengkap terhadap 7 penyakit utama pada anak lebih kecil dari pada presentase di dunia 1980. Sekurang kurangnya sepertiga penduduk tuna wisma adalah keluarga yang memiliki anak. rubella. DAFTAR PUSTAKA : Buku Ajar KEPERAWATAN MATERNITAS Edisi 4 PENERBIT BUKU KEDOKTERAN EGC . yang tidak memberi jamninan pelayanan pediatrik dan maternitas minimal dan dasar untuk semua wanita dan anak. bayi berat lahir rendah di Amerika Serika menempati posisi ke 29 dunia status imunisasi anak yang paling kecil di Amerika Serikat semakin memburuk : pada tahun 1985.