You are on page 1of 33

Pengantar Peran Industri

kimia dalam Kehidupan
Manusia
Kelompokk 1 :
Patrisia Jaklin Landeng ( 13101101001)
Merlin Pentury (13101101004)
Olivia Lawendatu (13101101007)

1. EKONOMI NASIONAL
Sebelum memulai pembahasan rinci dari kimia industri, kita
harus memiliki apresiasi dasar untuk sektor utama ekonomi
berkembang sehingga kita dapat memahami peran bahwa
industri ini bermain di gambaran yang keseluruhan.
Tabel 1.1 memberikan divisi utama ekonomi
AS bersama dengan sebutan resmi mereka
atau Standar Industri Klasifikasi (SIC) oleh
AS Biro Sensus.

Sebuah sistem klasifikasi yang sama
digunakan di Eropa Barat, Jepang, dan
masyarakat yang kompleks lainnya. sektor
ini terpisah tapi saling bergantung.
Misalnya, bidang pabrik mengacu pada
pertambangan untuk membeli bijih besi
untuk pembuatan baja. Sektor pabrik juga
mengubah baja untuk mesin untuk
menjual kembali ke pertambangan untuk
operasinya.

1 Produk Domestik Bruto AS berdasarkan Industri .Tabel 1.

DEFINISI DAN PEMBAGIAN KIMIA INDUSTRI 2. sesuai dengan klasifikasi NAICS. dan non-logam Mineral Produk Manufaktur (327). Sebuah interpretasi yang mungkin sangat luas dari kalimat "kimia industri". Minyak dan Batubara Produk Manufaktur (324). .2. mengacu pada proses kimia industry yang mencakup bidang-bidang berikut: Produksi Kertas (NAICS 322).1 PROSES KIMIA INDUSTRI Apa yang sebenarnya di maksud ketika kita merujuk ke "kimia industri"? Ini adalah istilah umum yang mungkin berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Manufaktur Kimia (325). Di sektor bidang pabrik AS beralih dari klasifikasi SIC ke Amerika Utara Industri Sistem Klasifikasi (NAICS) pada tahun 1997. Plastik dan Karet Produk Manufaktur (326).

Ini adalah beberapa sektor bidang pabrik berhadapan berat dalam bahan kimia dan produk kimia.2 . seperti yang tercantum pada Tabel 1.

wadah.Hubungan antara pengiriman dan nilai tambah yang diberikan oleh ekspresi berikut: nilai tambah = (pengiriman + layanan yang diberikan) (biaya bahan. Angka pengiriman lebih mudah untuk menghitung dari nilai tambah. listrik yang dibeli. benar-benar ada dalam pikiran satu divisi khusus dari bidang Pabrik yang diklasifikasikan sebagai pabrik Kimia (NAICS 325).2.2 PABRIK KIMIA Kebanyakan orang. ketika mengacu pada kimia industri. dan kontrak kerja) . bahan bakar. persediaan.

3 Divisi Pabrik Kimia A.S .Tabel 1.

3 Kompleksitas di Industri kimia Industri kimia sebenarnya kumpulan industri terkait dengan banyak fungsi yang beragam dan produk.2. bahan baku tertentu yang digunakan untuk menyiapkan bahan kimia kunci. yang kadangkadang dapat diubah menjadi produk jadi. dan intermediet yang dapat dijual independen maupun digunakan secara langsung dalam langkah-langkah tambahan untuk memberikan berbagai polimer dan bahan kimia akhir. . ini pada gilirannya dapat dirumuskan dan dibuat menjadi produk kimia. monomer.

3. meskipun itu tidak terjadi di masa ekonomi yang buruk.1% per tahun dan pabrik 4. Dari 1990-2000 kimia naik 4. UKURAN DAN ARUS EKONOMI INDUSTRI KIMIA Meskipun pelan-pelan periodik yang dalam perekonomian kimia industri terus berkembang. Dari 1970-1980 tumbuh 13% per tahun (disebut perubahan rata-rata tahunan) sedangkan semua pabrik tumbuh 11% per tahun. Hal ini tidak biasa untuk pengiriman bahan kimia untuk turun pada tahun tertentu.5%. Dalam 1980-1990 kimia memiliki perubahan tahunan rata-rata 5% sementara pabrik meningkat 4%. .

penyulingan minyak bumi. Beberapa bahan kimia yang diekspor. yang pada gilirannya dijual ke orang lain untuk membuat poli (vinil klorida) plastik. terutama pertanian. dan produk kertas. yang dapat dilakukan oleh perusahaan lain menjadi produk jadi plastik. Diperkirakan lebih dari 50% dari bahan kimia industri yang dijual dalam sektor Kimia dan Sekutu Produk. . klorin dapat dijual kepada perusahaan lain untuk membuat vinil klorida. Untuk memberikan contoh sederhana. lain yang dijual ke pemerintah untuk pertahanan dan industri lainnya.Untuk siapa sebenarnya kimia industri yang menjual seluruh bahan kimia ? Ini adalah konsumen yang terbaik dengan sendirinya.

4. LOKASI KIMIA INDUSTRI .

dan Indiana). . Memperhitungkan bagian terbesar dari pabrik kimia.5 menunjukkan pengelompokan keadaan pengiriman dalam bahan kimia untuk sepuluh negara. Kesepuluh negara memiliki 63% atau hampir dua pertiga dari industri. dan Timur Tengah Utara daerah (Illinois.Tabel 1. Penelitian dan Pengembangan (R & D) kerja teknis berpusat lebih banyak di Atlantik Tengah dan Timur Tengah Utara daerah. bersama dengan California. Ohio. Pennsylvania. Barat Tengah Selatan (Texas dan Louisiana). Tennessee. Atlantic (New Jersey dan New York).

7. 4. 5. 14% 3. KERJA DI INDUSTRI KIMIA 2. 9. .5. 8. 6. 25% 9% 45% 17% 12% 4% 7% 1.

ahli kimia memiliki gaji yang baik dibandingkan dengan ilmuwan lain seperti ahli biologi dan sosiolog. . GAJI KIMIAWAN Secara umum. Mereka biasanya tidak dibayar setinggi insinyur atau ahli fisika.6.

8. 7. 4. 6. 2. .1. Maturity 9. 5. 3.

TOP 50 CHEMICALS .8.

.

.

dan mer. yang berarti bagian atau satuan.POLIMER ? Kata polimer pertama kali digunakan oleh kimiawan Swedia Berzelius pada tahun 1833. yang berarti banyak. Polimer merupakan molekul besar yang terbentuk dari unit-unit berulang sederhana (monomer) . Polimer berasal dari bahasa Yunani yaitu poly.

.

.

.

Berdasarkan kegunaannya. diklasifikasikan menjadi:  Plastik  Perekat  Serat  Pelapis  Elastomer polimer dapat .

Penggunaan Polimer ‘Plastik’ Polietilena Polipropilena Teflon Polistirena PVC (polivinilklorida) PVA (polivinil asetat) Polimetil Metakrilat (PMMA) .

dan dapat ditarik tanpa retak sehingga digunakan untuk membuat tali. Disebut nilon 66 karena masing-masing monomernya mengandung 6 atom karbon Nilon 66 bersifat kuat. Bakelit digunakan untuk pembuatan peralatan listrik Serat Sintetis Nilon 66 Nilon 66 merupakan kopolimer dari heksa metilen diamina dengan asam adipat melalui polimerisasi kondensasi.Bakelit merupakan polimer termoseting yang tersusun dari fenol dan formaldehid. ringan. dan tenda. jala. parasit. .

.

penjualan. disingkat Dow adalah perusahaan kimia yang berkantor pusat di Midland. The Dow Chemical Co. tidak total penjualan untuk seluruh perusahaan.. Michigan.PERUSAHAAN KIMIA DI AMERIKA SERIKTA Chemical and Engineering News setiap tahun menerbitkan daftar 75 produsen kimia berdasarkan pada jumlah penjualan kimia. Amerika Serikat .

.

PERUSAHAAN TOP DUNIA KIMIA .

yaitu petroleum. tekanan. khususnya hidrokarbon . dan aktivitas mikroorganisme tertentu yang menghasilkan senyawa-senyawa. Proses tersebut dipengaruhi oleh suhu. Petra berarti batuan dan Oleum berarti minyak.Minyak Bumi Minyak Bumi berasal dari bahasa latin. Jadi petroleum berarti minyak batuan. Minyak bumi terbentuk akibat pelapukan sisasisa atau bangkai hewan dan tumbuhan renik serta lapisanlapisan lumpur yang terkubur dalam jangka waktu jutaaan tahun lamanya di dasar laut.

pelumas.Pengolahan minyak bumi berupa proses distilasi bertingkat (penyulingan) atau fraksionasi yang merupakan proses pemisahan senyawa-senyawa hidrokarbon berdasarkan titik didihnya menjadi kelompok-kelompok senyawa yang disebut fraksi. petroleum eter. Fraksi-fraksi hasil penyulingan minyak bumi berdasarkan kenaikan titik didihnya yaitu fraksi gas. minyak bakar. . bensin. solar. lilin dan residu berupa aspal. nafta. minyak tanah.

aromatika. b. Terdapat tiga bahan dasar yang digunakan dalam industri petrokimia. serat sintetis. pestisida. detergen. Mengubah minyak dan gas bumi menjadi bahan dasar petrokimia. Untuk memperoleh produk petrokimia dilakukan dengan tiga tahapan. Mengubah bahan dasar menjadi produk antara. pelarut. dan gas sintetis (syn-gas). . pupuk. berbagai jenis obat maupun vitamin. karet sintetis.Petrokimia adalah bahan-bahan atau produk yang dihasilkan dari minyak dan gas bumi. Mengubah produk antara menjadi produk akhir. c. yaitu olefin. Bahan-bahan petrokimia tersebut dapat digolongkan ke dalam plastik. yaitu: a.