You are on page 1of 54

ANIMALIA

(DUNIA HEWAN )

Animalia
APAKAH HEWAN ITU?
 
1.Organisme Eukariot Multiseluler
2.Tidak memiliki dinding sel dan
klorofil
3.Memperoleh makanan dari
organisme lain (heterotrof)
4.Umumnya dapat bergerak untuk
survive dan mencari makanan

Bentuk Tubuh Hewan

Asimetrik
Tak Beraturan
Radial
punya tubuh atas (dorsal) dan ventral (bawah)
tapi tidak punya bagian depan (anterior) dan
bagian belakang (posterior)
Bilateral
punya tubuh atas (dorsal) dan ventral (bawah)
dan punya bagian depan (anterior) dan bagian
belakang (posterior)

Struktur Tubuh
Parazoa

Tidak memiliki
jaringan

Eumetazoa

Sudah memiliki
jaringan

Invertebrata

Animalia

Diploblastik

Triploblastik

Ektoderm

Ektoderm

Endoderm

Mesoderm
Endoderm

Vertebrata

Penyokong Tubuh

Eksoskeleton
◦ Rangka Luar (Arthropoda, Ikan, Ular, Kura-Kura,
Penyu, dsb)

Endoskeleton
◦ Rangka Dalam (Semua Vertebrata)

N 5. E 1.8 Filum Invertebrata P 2. A 7. C 3. A 6. M 6. orifera oelenterata latyhelminthes emathelminthe Vermes s nnelida ollusca rthropoda chinodermata . P 4.

Porifera .

 Ciri-ciri morfologinya antara lain:  ◦ tubuhnya berpori (ostium) ◦ tubuh porifera asimetri (tidak beraturan).Ciri-Ciri Porifera Porifera (Latin: porus = pori. meskipun ada yang simetri radial. atau tumbuhan . mangkuk. vas bunga.fer = membawa) atau spons adalah hewan multiseluler yang paling sederhana. ◦ berbentuk seperti tabung.

Gemmule disebut juga tunas internal. Gemmule dihasilkan menjelang musim dingin di dalam tubuh Porifera yang hidup di air tawar.Ciri-Ciri Porifera  Porifera melakukan reproduksi secara aseksual maupun seksual. ◦ Aseksual  dengan pembentukan tunas dan gemmule. ◦ Seksual  dengan pembentukan gamet .

menggunakan koanosit .Ciri-Ciri Porifera  Pelindung ◦ Pinakosit = sel berbentuk pipih dan berdinding tebal  Rangka ◦ Dari spikula dan spongin  Transportasi Makanan  Digerakkan oleh sel amoeboid (amoebosit)  Pencernaan dan respirasi ◦ Intraselular.

Struktur tubuh porifera .

Askon : tipe paling sederhana. Dijumpai pada Leucosolenia Tipe Sikon . 2.Tipe Saluran Air pada Porifera 1. tipe saluran air yang ostiumnya dihubungkan dengan saluran air yang bercabang-cabang ke ronggarongga sel koanosit. Dijumpai padaScypha Tipe leukon : tipe saluran air yang kompleks. . 3. Dijumpai pada Spongila.

.

tipe saluran air PORIFERA ascon Sycon leucon .

hewan porifera dibagi menjadi Porifera lunak : disusun oleh spongin Porifera kapur : disusun oleh zat kapur (CaCO3) 3. Porifera silikat : disusun oleh kristal silikat (H2Si3O7) . Rangka Porifera Berdasarkan bahan penyusun rangka. 1. 2. Reproduksi : seksual (pertemuan spermatozoid & ovum) & aseksual (pembentukan tunas (budding) .

KLASIFIKASI PORIFERA Filum porifera Kelas Calcarea Kelas Hexatinellida Kelas Demospongiae Contoh : Leucosolenia Grantia Sycon Scypha Contoh : Euplectella Pheronema Hyalonema Contoh : Euspongia Spongilla Cliona Microciona .

hidup di air dangkal dan koanositnya besar.Klasifikasi Porifera A. Contoh: Sycon dan Clathrina Clathrina coriacea . Calcarea (kapur) Spikula tersusun atas zat kapur karbonat (CaCO3).

Contoh: Pheronema. Hexactinellida (ujung enam) Spikula dari zat kersik (silika).Klasifikasi Porifera B. hidup di laut dalam. Euplectella Euplectella aspergillum (Venus' Flower Basket) .

Demospongia (spons tebal) Umumnya tidak berangka karena tersusun dari serabut spongin. memiliki saluran air rumit seperti sponge Contoh: Spongilla. Euspongia molisima. Hypospongia equina .C.

Peranan Porifera Beberapa jenis Porifera seperti Spongia dan Hippospongia dapat digunakan sebagai spons mandi.  Zat kimia yang dikeluarkannya memiliki potensi sebagai obat penyakit kanker dan penyakit lainnya.  .

Coelenterata COELENTERATA .

3. Memiliki tentakel dan penyengat yang disebut nematocyst Hanya ada lubang yang berfungsi sebagai mulut.Ciri-Ciri Coelenterata/CNIDARIA 1. 2. Hidup dalam air laut . Hewan berongga yang disebut gastrovaskular yang bertugas sebagai usus dan pengedar zat makanan. 4.

6. berbentuk tabung 4.Gastrodermis. Aseksual  pembentuan tunas pada polip ◦. Tubuh berbentuk simetris radial. Reproduksi: ◦. dan dinding terdiri atas 2 lapisan (diploblastik): 1. Bentuk tubuh Coelenterata ada 2 macam: 3.Epidermis.5. 2. berbentuk payung 7. tidak berkepala.Polip.Medusa. Seksual  pembentukan gamet pada medusa .

Tentakel memikilik Knidosit  Tiap knidosit memiliki nematokist(racun penyengat)  .Tentakel berfungsi menangkap mangsa dan memasukkannya ke dalam mulut.

.Klasifikasi Coelenterata A. bermetagenesis. hidup berkoloni). sistem saraf difusi atau sel saraf tersebar) dan Obelia geniculata (hidup di laut. hermafrodit. Hydrozoa (hewan air) 1) bentuk tubuh selalu polip 2) Terdiri dari Hydra (hidup di air tawar.

Siklus Hidup Obelia .

Daur Hidup Obelia Medusa Ovum Spermatozoid Zigot Planula Menempel disubstrat Tumbuh jadi polip baru .

Contoh: Aurelia (ubur-ubur) Aurelia aurita Cyanea capillata .Klasifikasi Coelenterata B. Scyphozoa (hewan mangkuk) 1)bentuk tubuh polip dan medusa 2)beralat kelamin terpisah.

Siklus Hidup Aurelia .

Daur hidup Aurelia aurita Zigot Planula Melekat di substrat Skifistoma Membentuk kuncup demi kuncup Terbentuk tumpukan Strobila Efira medusa .

mawar laut.Klasifikasi Coelenterata C. Anthozoa (hewan bunga) 1) berbentuk polip. Fungia patella. akar bahar. meliputi anemon laut dan karang 2) Gastrovaskular: . Alcyonium.berongga 8 (Euplexaura antipathes.berongga 6 (Metridium marginatum. Acropora) . karang kulit) Anthopleura xanthogrammica .

JELLY MEDUSA .

Lion Mane Jelly .

Purple-stripped Jelly .

Anthozoan: Sea Anemone .

.

.

.

 Di Jepang.  Karang atol.  . karang pantai.  Karang merupakan tempat persembunyian dan tempat perkembangbiakan ikan.Peranan Coelenterata Hewan ubur-ubur dibuat tepung ubur-ubur yang diolah menjadi bahan kosmetik / kecantikan. dan karang penghalang dapat melindungi pantai dari aberasi air laut. ubur-ubur dimanfaatkan sebagai bahan makanan.

Echinodermata .

Makanannya misalnya kerang. plankton. HABITAT Bebas di dasar laut. dari daerah pantai sampai laut dalam . dan organisme yang mati atau membusuk.UKURAN DAN BENTUK Terdiri dari bagian ORAL (yang memiliki mulut) dan ABORAL (tidak memiliki mulut) CARA HIDUP Makannya bergantung pada jenisnya.

.

Kelas Kelas Kelas Kelas Kelas Asteroidea Echinoidea Ophiuroidea Crinoidea Holoturoidea . 3. 4.KLASIFIKASI PHYLUM ECHINODERMATA 1. 5. 2.

Hewan ini banyak dijumpai di pantai. Ciri lainnya adalah alat organ tubuhnya bercabang ke seluruh lengan. Kehadiran klas ini sekitar 1. Sesuai dengan namanya itu. jenis hewan ini berbentuk bintang dengan 5 lengan.500 spesies .Kelas Asteroidea Asteroidea sering disebut bintang laut. Di permukaan kulit tubuhnya terdapat duriduri dengan berbagai ukuran.

000 spesies . Itulah sebabnya jenis hewan ini sering disebut landak laut. Kehadiran klas ini sekitar 1. Duri ini tersusun dari zat kapur.Kelas Echinoidea Jika Anda jalan-jalan di pantai. Tubuhnya tanpa lengan hampir bulat atau gepeng . hati-hati dengan binatang ini karena tubuhnya dipenuhi duri tajam. Jenis hewan ini biasanya hidup di sela-sela pasir atau sela-sela bebatuan sekitar pantai atau di dasar laut. Duri ini ada yang pendek dan ada pula yang panjang seperti landak.

Kelima tangan ini juga bisa digerak-gerakkan sehingga menyerupai ular.500 spesies . Oleh karena itu hewan jenis ini sering disebut bintang ular laut (Ophiuroidea brevispinum).Kelas Ophiuroidea Hewan ini jenis tubuhnya memiliki 5 lengan yang panjang-panjang. Kehadiran klas ini sekitar 1.

Ia juga memiliki 5 lengan yang bercabang-cabang lagi mirip bunga lili.Kelas Crinoidea Jika Anda pernah menyelam ke dasar laut. Memang sekilas hewan ini mirip tumbuhan bunga. mungkin Anda mengira jenis hewan Crinoidea ini adalah tumbuhan. Ia memiliki tangkai dan melekat pada bebatuan. Oleh karena itu hewan ini sering disebut lili laut (Metacrinus sp). tak beda seperti tumbuhan yang menempel di bebatuan. Kehadiran klas ini sekitar 600 spesies .

000 spesies . Tubuhnya seperti mentimun dan disebut mentimun laut atau disebut juga teripang. Hewan ini sering ditemukan di tepi pantai. sehingga sekilas tidak tampak sebagai jenis Echinodermata.Kelas Holoturoidea Hewan jenis ini kulit durinya halus. Kehadiran klas ini sekitar 1.

Echinodermata .

Gambar 35. (d) Mentimun laut . (b) Bintang ular laut. (c) Bulu babi. (a) Bintang laut.

. (Salah satu contoh Echinodermata) Kadang-kadang menimbulkan kerusakan pada batu karang.CROWN OF THORNS starfish.

sand dollars (bottom.Gambar Echinodermata the sea stars (top. left). left). sea cucumbers (bottom. brittle or serpent stars (top. sea lilies (right) . center). center).

dan kotoran hewan laut lainnya. sisa-sisa hewan. Para ahli biologi membayangkan mungkin di laut akan menjadi limbah raksasa yang penuh dengan benda berbau busuk.  . Oleh karena itu hewan ini sering disebut sebagai hewan pembersih laut/pantai. Laut bisa bersih seperti sekarang ini antara lain merupakan jasa hewan  Echinodermata.Peran Echinodermata  Bagaimana jadinya jika di laut tidak ada hewan Echinodermata. Hewan ini adalah pemakan bangkai.

 Hewan Echinodermata juga dapat dijadikan sebagai bahan makanan. karena hewan laut ini sebagai pemakan tiram/kerang mutiara. . Misalnya mentimun laut setelah dikeringkan dijadikan bahan sup atau dibuat kerupuk.  Di samping itu Echinodermata juga bisa merugikan. Juga ada diantara jenis bintang laut yang memakan binatang karang sehingga banyak yang mati. Jenis hewan ini juga sering dijadikan sebagai barang hiasan/koleksi binatang laut yang indah. Juga telur bulu babi sangat enak untuk dimakan.