You are on page 1of 14

Motor Sinkron

Muhamad cindragi. P

Rizki Arif. A

Willy Achmad. W. F

Eksperimen Faraday tersebut merupakan wujud motor yang paling sederhana dan dikenal dengan nama motor homopolar yakni motor yang mempunyai kutub yang sama. Penelitian lebih lanjut dilakukan oleh nikola tesla. Motor Faraday ini sering didemonstrasikan di sekolah-sekolah kelas fisika. . kawat tersebut berputar di sekitar magnet. Michael Faraday. hanya saja air garam digunakan sebagai pengganti mercury (air raksa) yang beracun. Eksperimen yang dilakukan Faraday yaitu sepotong kawat menggantung (free-hanging wire) dicelupkan kedalam sebuah wadah mercury dimana pada wadah mercury tersebut diletakkan pula sebuah magnet permanen. Ketika kawat dialiri arus listrik.Sejarah Motor Sinkron Konversi energi listrik ke dalam energi mekanik berdasarkan prinsip kerja medan elektromagnetik yang pertama kali diperkenalkan oleh seorang ilmuan asal Inggris. yang membuahkan hasil berupa motor arus bolak-baik (AC) yang kemudian menjadi cikal bakal motor sinkron. pada tahun 1821. hal ini menunjukkan bahwa arus listrik menimbulkan medan magnet putar di sekitar kawat.

maka motor akan selalu a berusaha untuk tetap pada putaran konstan. Motor sinkron merupakan motor arus bolak-balik (AC) yang penggunaanya tidak seluas motor induksi. akan tetapi motor sinkron tetap digunakan oleh industri yang membutuhkan ketelitian putaran dan putaran konstan. . motor sinkron selalu beroperasi pada kecepatan konstan.tanpa slip. Dan motor akan melepaskan kondisi sinkronnya apabila beban yang ditanggung terlalu besar ( Torsi pull-out ). Tetapi apabila motor diberi beban.Pengertian Motor Sikron Motor sinkron adalah motor AC tiga-fasa yang dijalankan pada kecepatan sinkron. Secara umum penggunaan motor sinkron difungsikan sebagi generator. pada kondisi tidak berbeban.

Karena tidak memiliki torsi start awal. . Kecepatan rotor harus kurang atau terlambat dari perputaran fluks stator supaya arus diinduksikan ke rotor.Motor sinkron memiliki kekurangan didalam melakukan start dengan sendirinya. oleh karena itu motor itu motor sinkron memerlukan beberapa alat bantu untuk membantu didalam start awal sehingga masuk didalam kondisi sinkron. Jika induksi rotor motor tersebut itu bertujuan untuk mencapai kecepatan sinkron. maka tidak ada garis gaya yang memotong melalui rotor. Pada sebuah induksi motor. sehigga tidak ada arus yang akan diinduksikan ke rotor dan tidak ada torsi yang akan dikembangkan. motor harus memiliki slip.

Hal ini memungkinkan sebab medan magnit rotor tidak lagi terinduksi.   .Komponen Motor Sinkron. •Stator Stator menghasilkan medan magnet berputar yang sebanding dengan frekwensi yang dipasok. •Rotor Perbedaan utama antara motor sinkron dengan motor induksi adalah bahwa rotor mesin sinkron berjalan pada kecepatan yang sama dengan perputaran medan magnet. yang dipaksa untuk mengunci pada posisi tertentu bila dihadapkan dengan medan magnet lainnya. Rotor memiliki magnet permanen atau arus DC-excited.

Komponen utama Motor AC sinkron .

.

·           Dimulai sebagi sebuah motor induksi. . Rotor motor sinkron juga mempunyai sebuah squirrel-cage winding yang dikenal sebagai Amortisseur winding. Stator yang memilki tegangan menengah sering digunakan.Karakteristik Motor Sinkron. Tipe brush dan brushless exciters digunakan untuk memasok medan arus DC ke rotor. yaitu berfungsi menghasilkan torsi untuk menyalakan motor. yang memungkinkan rotor untuk “mengunci” dengan fluks stator yang berputar. Arus pada rotor membentuk suatu hubungan kutub magnetik utara-selatan pada kutub-kutub rotor.  motor sinkron memiliki karakteristik sebagai berikut : -    Sebuah satator tiga fasa sama dengan motor induksi. -         Sebuah rotor yang bersinggungan ( bidang yang berputar ) yang memiliki jumlah kutub yang sama sebagai statornya dan dipasok oleh sumber eksternal arus DC.

. Jika motor sinkron dibebani ke titik dimana rotor ditarik keluar dari keserempakannya dengan medan putar. Motor sinkron menggunakan rotor belitan jenis ini mempunyai kumparan yang ditempatkan pada slot rotor. maka tidak ada torque yang dihasilkan.Prinsip Kerja Motor Sinkron Motor sinkron serupa dengan motor induksi pada mana keduanya mempunyai belitan stator yang menghsilkan medan putar. Tidak seperti motor induksi. Pada motor sinkron. Slip ring untuk mensuplai arus kepada rotor. dan motor sinkron bukanlah self-starting motor karena torque hanya akan muncul ketika motor bekerja pada kecepatan sinkron. rotor terkunci dengan medan putar dan berputar dengan kecepatan sinkron. motor sinkron dieksitasi oleh sebuah sumber tegangan DC di luar mesin dan karenanya membutuhkan slip ring dan sikat ( brush ) untuk memberikan arus kepada rotor. karenanya motor memerlukan peralatan untuk membawanya kepada kecepatan sinkron.

Selama kondisi tanpa beban ( non-load ). Seiring dengan pembebanan. arus AC diberikan kepada belitan stator. Motor sinkron sering kali dinyalakan dengan menggunakan belitan sangkar tupai ( squirrel-cage ) yang dipasang dihadapan kutub rotor/ Motor kemudian dinyalakan seperti halnya motor induksi hingga mencapai -95% kecepatan sinkron. . Seperti diketahui. saat mana arus searah diberikan. Torque yang diperlukan untuk menarik motor higga mencapai sinkronisasi pull-in torque. dan motor mencapai sinkronisasi.ada pergeseran kutub rotor ke belakang. rotor motor sinkron terkunci dengan medan putar dan arus terus beroperasi pada kecepatan sinkron untuk semua keadaan beban. garis tengah kutub medan putar dan kutub medan DC dalam satu garis. Sebuah motor sinkron dapat dinyalakan oleh sebuah motor DC pada satu sumbu. Ketika motor mencapai kecepatan sinkron. Motor DC saat ini berfungsi sebagi generator DC dan memeberikan eksitasi medan DC kepada rotor. Beban sekarang boleh diberikan kepada motor sinkron.·      Penyalaan Motor Sinkron. Tidak ada perubahan kecepatan sudut antara kutub rotor dan stator disebut sudut torque. Relative terhadap kutub stator.

·           Setelah sinkronisasi.Prinsip kerja dari motor sinkron sebagai berikut : ·           Amortisseur pada rotor menghasilkan torsi awal dan mempercepat torsi motor sinkron.motor akan slip dan sinkronisasi ulang. medan DC diterapkan ke rotor untuk menghasilkan torsi tarikan dan rotor akan menarik langkah dan mensinkronisasi dengan medan fluks yang berputar didlam stator. Pelindungan saat dorongan harus disediakan. Motor akan dijalankan pada kecepatan sibkron dan menghasilkan torsi yang sinkron atau synchronous Torque. jika tidak motor akan berjalan sebagai sebuah motor induksi arus tinggi dan memungkinkan kerusakan motor yang parah. Kadang-kadang. jika kelebihan bebabn sesaat. . ·           Ketika kecepatan motor motor mencapai sekitar 97% dari papan RPM.dorongan torsi tidak dapat ditingkatan lagi atau motor akan menjadi diluar kendali.

Penggaplikasian Motor AC sinkron Motor ini memerlukan arus searah (DC) untuk pembangkitan daya dan memiliki torque awal yang rendah. . dan oleh karena itu motor sinkron cocok untuk penggunaan awal dengan beban rendah. kompresor udara. seperti conveyor. perubahan frekwensi dan generator motor.

Biaya ini biasanya karena fakto-faktor berikut: ·   Pengaturan ketepatan kecepatan membuat motor sinkron sebagi pilihan ideal untuk proses industri tertentu dan sebagai pennggerak utama generator. beban RPM rendah seperti kompresor maju-mundur. ·  Motor sinkron memiliki kecepatan atau karakterisik torsi yang cocok untuk penggerak langsung dari mesin bertenaga kuda yang besar. kerena ada biaya untuk kerusakan rotor dan sinkronisasi sirkuit. · Motor sinkron beroperasi pada faktor daya yang ditingkatkan. .Keuntungan Dari Motor Sinkron Biaya awal dari sebuah motor sinkron lebih besar dibandingkan motor induksi AC biasa. dengan demikian dapat meningkatkan faktor daya sistem secara keseluruhan dan menghilangkan atau mengurangi utilitas faktor daya. Peningkatan faktor daya juga menggurangi dropnya tegangan sistem dan dropnya tegangan pada terminal motor.

Makasih...... .