You are on page 1of 19

MANUSIA SAINS DAN TEKNOLOGI

Kelompok 9 Nurul Fajriyah Kardita Puspa Siti Aifatus S Ardanisworo Lintang W Gilang Dwi P Diah Triratnasari 101311133039 101311133052 101311133036 101311133160 101311133161 101311133169 .

•Manusia dengan komponen fisik maupun psikis mampu memenuhi kebutuhan fisik maupun psikisnya .Manusia •Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna karena manusia dibekali akal sekaligus nafsu.

• Dalam mengatasi hambatan fisik. Untuk merobohkan maka manusia menggunakan alat-alat seperti kampak.• Manusia “modern” yang dibekali dengan ilmu pengetahuan modern ketika berhadapan dengan alam. parang. Tindakan manusia dalam membuat dan menghasilkan alat-alat tersebut berarti manusia bertingkah laku secara teknologi. . • Kemudian muncul pertanyaan teknologi apa yang harus dipersiapkan dalam mengelola alam untuk memenuhi kebutuhan yang makin kompleks. tangan yang lemah dan tumpul tidak memungkinkan untuk merobohkan pohon besar. mempertanyakan bagaimana kita mengolah alam tersebut. gergaji yang merupakan buatan manusia. Sedangkan alat-alat tersebut adalah artefak teknologi.

Susunan kodrat a.Jasmani b.Keragaman-keragaman manusia monopluralis tersebut diantaranya: 1. Sifat kodrat c.Makhluk sosial sebagai makhluk .Makhluk individu d.Rohani 2.

Manusia sebagai makhluk individu setiap manusia tercipta dengan kepribadian. . Manusia sebagai makhluk sosial Manusia tidak dapat hidup sendiri. Setiap manusia saling membutuhkan untuk dapat melangsungkan hidupnya. b. keunikan. manusia selalu berinteraksi dengan individu lainnya. Dalam tumbuh kembangnnya. serta kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga setiap individu manusia berbeda-beda dan memiliki ciri khas masing-masing.a.

3. Kedudukan kodrat a. Dalam menjalankan hak dan kewajiban ini haruslah berlandaskan moral dan tanggung jawab sehingga dapat berjalan seimbang sebagaimana mestinya. .Makhluk pribadi Sebagai makhluk pribadi manusia mempunyai hak dan kewajiban. Makhluk Tuhan Sebagai makhluk tuhan manusia memiliki kewajiban beribadah kepada Allah SWT serta segala sesuatu tindakan manusia akan diminta pertanggung jawaban oleh Allah. b.

Selain mempunyai hakekat hidup. diantaranya yaitu: 1) Sebagai makhluk yang berakal 2) Sebagai makhluk yang berbahasa 3) Sebagai makhluk yang beragama Berdasarkan sifat-sifat tersebut di atas maka dalam diri manusia selalu mempunyai pola pikir. pengharapan atau cita-cita serta kehendak untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik dari dalam kehidupannya dengan cara menciptakan sesuatu . manusia juga memiliki sifat-sifat.

SAINS Kata dasar yang diambil dari kata scientia yang berarti knowledge (ilmu) yang dimaksud ilmu sains adalah ilmu yang dapat diuji kebenarannya dan dikembangkan secara bersistem dengan kaidah kaidah tertentu berdasarkan kebenaran sehingga pengetahuan yang dipedomani boleh dipercayai. .

2.DEFINISI SAINS MENURUT BEBERAPA AHLI 1. sains adalah pengetahuan yang teratur hasil pekerjaan sebab-musabab dalam satu golongan yang sama tabiatnya maupun kedudukkannya. Shahrir Mohd Zain. yang tampak dari luar maupun dari dalam. dan objektif khusus yang diperantikan (alat) untuk mengwujudkan pengetahuan yang boleh . yang umum dan bertimbunsusun dan keempat-empatnya serentak. sains adalah yang empirik. yang rasional. sains berupa analisis fenomena secara bersistem. 3. Mohammad Hatta. Ralf Ross dan Ernest Van Den Haag. logik.

Ensiklopedia Indonesia. . suatu sistem dari berbagai pengetahuan yang masing-masing didapatkan sebagai hasil pemeriksaan yang dilakukan secara teliti dengan menggunakan kaedah tertentu. Berdasarkan webster new collegiate dictionary definisi dari sains adalah “pengetahuan yang diperoleh melalui pembelajaran dan pembuktian” atau “pengetahuan yang melingkupi suatu kebenaran umum dari hukum – hokum alam yang terjadi misalnya didapatkan dan dibuktikan melalui metode ilmiah”.4. 5. sains ialah suatu sistem dari berbagai pengetahuan yang masing-masing mengenai bidang pengalaman tertentu disusun demikian rupa menurut asas-asas tertentu hingga menjadi kesatuan. Sains dalam hal ini merujuk kepada sebuah sistem untuk mendapatkan pengetahuan yang dengan menggunakan pengamatan dan eksperimen untuk menggambarkan dan menjelaskan fenomena – fenomena yang terjadi di alam .

sama dengan sains.TEKNOLOGI • Teknologi merupakan bagian dari himpunan informasi yang termasuk dalam pengetahuan ilmiah yang berisikan informasi preskriptif mengenai penciptaan sistem-sistem ciptaan tersebut. . • Penciptaan teknologi ini didorong oleh ciri otomatisme dari fenomena teknik kehidupan masa kini yang menginginkan segala sesuatu menjadi lebih cepat dan mudah. penggunaan teknologi dan hasilnya juga memberikan kontribusi yang besar dari kesejahteraan hidup manusia disegala aspek kehidupan.

. justru adapula teknologi yang malah membantu menjadi boomerang akibat salah dalam memanfaatkannya.Namun sayangnya sekarang ini tidak semua teknologi dapat membantu pekerjaan manusia.

Teknologi Madya : • Padat karya • Dapat dikejakan oleh keterampilan setempat • Menggunakan alat setempat • Berdasarkan alat penelitian c. dll. teknologi tradisional • Bersifat padat karya (banyak menyerap tenaga kerja) • Menggunakan keterampilan setempat • Menggunakan alat setempat • Menggunakan bahan setempat • Berdasarkan kebiasaan atau pengamatan . b. Teknologi Modern : • Padat modal • Mekanis elektris setempat • Menggunakan bahan import • Berdasarkan penelitian mutakhir.Macam Teknologi a.

dll. 2. Teknologi komunikasi internet. dll . kultur jaringan. radio. Bioteknologi  kloning hewan. Teknologi informasi internet.Contoh Teknologi 1. dll. tumbuhan. handphone. 3. tv. telephone.

STUDI KASUS .

militer.Pengaruh Positif Sains dan Teknologi a. dan pemikiran-pemikiran dalam bidang sosial budaya. Pemanfaatan sains. Meningkatkan kesejahteraan hidup manusia (secara individu maupun kelompok) terhadap perkembanga ekonomi. . c. dan seni secara tepat dapat lebih mempermudah proses pemecahan berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia. teknologi. b. Sains dan teknologi dapat memberikan suatu inspirasi tentang perkembangan suatu kebudayaan yang ada di Indonesia.politik.

air dan tanah 3) Terjadi pemanasan global 4) Rusaknya ekosistem laut 5) Pergaulan dan seks bebas 6) dan penyakit moral. .Pengaruh Negative Sains dan Teknologi 1) Menipisnya lapisan ozon 2) Terjadi polusi udara.