You are on page 1of 11

Bab 1

KONSEP DASAR

Pembahasan:  Konsep dasar Sistem  Konsep dasar Informasi  Konsep dasar Sistem Informasi  Konsep dasar Organisasi Sistem Informasi .

.Konsep dasar Sistem Sistem adalah sekelompok eleman-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

Ciri-ciri Sistem:  Punya tujuan untuk dicapai  Terdiri atas unsur2/elemen2/Subsistem  Subsistem yang saling berhubungan  Mempunyai lingkungan tempat beroperasi  Mempunyai keterbatasan untuk dijangkau .

Konsep dasar Informasi Data VS Informasi:  Data : Fakta mentah yang belum diolah  Informasi : Data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya .

Kebutuhan data untuk setiap aktivitas: Agent Contoh sederhana Resources Event Agent Pelanggan Transaksi Penjualan Persediaan Penjualan Salesmen Kasir Pembayaran Kepada Penjual Kas Pembayaran Penjual .

Konsep dasar Sistem Informasi “sistem informasi adalah kumpulan/group dari subsistem/bagian/komponen apapun baik phisik ataupun non phisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berarti dan berguna” .

 Prosedur.  Data.  Infrastruktur TI (perangkat keras). sebagai yang mengoperasikan sistem dan juga pelaksana berbagai fungsi. termasuk komputer. sebagai wujud dari proses bisnis internal. peralatan lainya. dan peralatan jaringan komunikasi. aktivitasnya tetap meliputi mengumpulkan. dan menyimpan data organisasi bisnis.  Perangkat lunak.Komponen sistem informasi  SDM. . baik yang telah automasi maupun masih manual. memproses. digunakan untuk memproses data organisasi.

Jenis-jenis Sistem Informasi Sistem Informasi Dukungan Untuk Operasi bisnis Sistem Pemrosesan Transaksi Dukungan Sistem Untuk Pendukung Manajemen Pengambilan Sistem Pendukung Operasi Sistem Pengendalian proses Keputusan Manajerial Sistem Kerjasama Perusahaan Sistem Informasi Manajemen Sistem Pendukung Keputusan Sistem Informasi Executive .

Konsep dasar Organisasi Sistem Informasi  Organisasi : sistem saling pengaruh mempengaruhi antara orang dalam kelompok kerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang sama .