You are on page 1of 7

,

S
S
A
R
A GK
U
P
K
U ER A N
T T
J
A
A &
L
A , W U,
T IS IK G
A
N
L
S
R
A A IS
O
G R OR
G
A S
N
G
E
P NG
PE

NAMA
NIM

: RIFKI MARDANI
: 102 1411 061

SEMESTER
E-MAIL

: 3/B

: rifkimardani302@gmail.com

. Untuk mengukur benda yang panjangnya <50 cm atau <100 cm Skala terkecil dari mistar 1 mm atau 0.05 cm Contoh: Untuk mendapatkan pengukuran yang tepat.5 mm atau 0.1c m Ketelitian 0.PENGGARIS Penggaris merupakan sebuah alat pengukur dan alat bantu gambar untuk menggambar garis lurus. maka sudut pengamatan harus tegak lurus dengan objek dan mistar.

Cara menggunakan Water pass: Pemakaian waterpass dilakukan dengan sederhana.WATER PASS Water pass merupakan alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata baik pengukuran secara vertikal maupun horizontal. . Sedangkan untuk mencek ketegakan maka dapat dilihat gelembung pada bagian ujung waterpass. Untuk memastikan apakah bidang benar rata maka gelembung harus benar-benar berada ditengah alat yang ada. Jenis yang sering digunakan dengan panjang 120 cm yang terbuat dari bahan kayu dengan tepi kuningan. Untuk mengecek kedataran maka dapat diperhatikan gelembung cairan pada alat pengukur yang ada bagian tengah alat waterpass. yaitu menempatkan permukaan alat ke bidang permukaan yang di cek. Memiliki 2 buah alat pengecek kedataran baik untuk vertikal maupun horizontal yang terbuat dari kaca dimana didalamnya terdapat gelembung cairan.

. Apabila terdapat rongga atau celah pada bagian ujung bilah. perhatikan pada sisi bilahnya. baik siku bagian dalam ataupun siku bagian luar. Terbuat dari 2 buah bagian yang berbeda yang disatukan. Terdiri dari bagian lengan dan bilah yang memiliki skala ukur seperti penggaris biasa. berarti sudut benda kerja kurang dari 900. Bagian lengan dibuat alur untuk memasukkan bilah.PENGGARIS SIKU Penggaris siku merupakan alat yang umum digunakan untuk mengukur siku (sudut 900) dari dua sambungan. akan tetapi bila terdapat rongga atau celah pada bagian pangkal bilah (pertemuan lengan dengan bilah). Cara menggunakan penggaris siku: Penggunaan penggaris siku dilakukan dengan memastikan salah satu bagian menjadi acuan. Kemudian tempelkan dengan kuat lengan pada bidang acuan tersebut. berarti sudut benda kerja lebih dari 900.

74cm atau 47.4mm . Untuk mengukur diameter. Memiliki 2 macam skala Skala utama (satuan cm) Skala nonius (satuan mm) Hasil pembacaan : 4. Alat yang dapat digunakan untuk mengukur panjang sebuah benda dengan ketelitian yang sangat bagus. dimensi luar dan dimensi dalam suatu benda.1 mm.JANGKA SORONG Jangka sorong merupakan suatu alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap suatu objek secara rinci. Jangkas sorong memiliki batas ketelitian 0.

Cara menggunakan jangka sorong: .

SEKIAN & TERIMA KASIH .