You are on page 1of 6

Kelainan atau penyakit pada sistem indra

1.

Tuli Konduksi

Gangguan pendengaran karena kerusakan
pada bagian penghantar getaran. Misalnya
berupa penyumbatan saluran telinga oleh
minyak serumen, pecahnya gendang suara,
pengapuran pada tulang pendengaran.
Pengobatan: dengan operasi atau
menggunakan alat bantu pendengaran.

Tuli Saraf   Gangguan Pendengaran karena rusaknya saraf pendengaran atau organ corti. bayangan jatuh dibelakang retina. Saat objek jauh bayangan jatuh di retina sehingga objek tampak jelas. . Dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa cembung (positif).     Keadaan bola mata yang lebih pendek dibandingkan dengan ukuran bola mata normal Saat objek dekat. Biasanya terjadi pada usia lanjut Mata Hipermetropi 3. objek tampak kabur.2.

Mata miopi dapat dibantu dengan menggunakan lensa cekung (negatif). Saat objek dekat. Mata Presbiopi 5. bayangan jatuh di retina dan objek tampak jelas. – – Keadaan mata yang mengalami pengurangan daya akomodasi lensa. . bayangan jatuh didepan retina sehingga objek tampak kabur. Namun ketika objek jauh.Mata Miopi 4. – – – – Keadaan bola mata yang lebih panjang dibandingkan dengan ukuran normal. Penderita Presbiopi menggunakan kacamata berlensa rangkap.

hijau. – Akibatnya penderita tidak dapat membedakan garis vertikal dengan garis horizontal secara bersamaan. Mata astigmatisme – Kelainan pada kornea mata berupa permukaan yang tidak rata. Buta warna – Kelainan mata yang bersifat bawaan (keturunan) – Penderita tidak dapat membedakan warna merah. 7. . – Penderita dapat menggunakan kacamata berlensa silindris.6. dan biru.

.8. Juling   Tidak serasinya otot mata kanan dan kiri. Sehingga arah pandangan kedua bola mata tidak sama.

Jalur yang dilalui impuls : Reseptor Neuron Sensorik Sumsum Tulang belakang Neuron Motorik Efektor . Jalan terpendek yang ditempuh oleh gerak refleks disebut lengkung refleks. yaitu gerak yang rangsangannya tidak diolah dahulu oleh otak.GERAK  Gerak yang disadari. yaitu rangsang yang masuk diolah dahulu ke otak baru ke reseptor Jalur yang dilalui impuls : Reseptor  Neuron Sensorik Otak Neuron Motorik Efektor Gerak yang tidak disadari/gerak refleks.