You are on page 1of 13

PROGRESS-ORIENTED RECOR

Cindy y. tanda
Dwi agustina
Hania
Marcelina kentjem
Maria aran
Muh. fatris
Nurlisa meirina
Olivia gladist
sabaruddin

. yaitu dimana kemajuan maupun kemunduran kondisi pasien dipantau dan dicatat secara menyeluruh.Pengertian POR Progress Orinted Record atau sering juga disebut dengan progress note ini merupakan pencatatan yanng berorientasi pada perembangan yang terjadi pada pasien atau klien.

. Ketiga jenis ini digunakan baik pada sistem dokumentasi yang berorientasi pada sumber maupun berorientasi pada masalah. Sebagian penjelasan tentang sistem dokumentasi ini telah diuraikan sebagai komponen baru pendokumentasian yang berorientasi pada masalah. Flowsheet dan catatan pemulangan atau ringkasan rujukan.PROGRESS-ORIENTED RECORD (Catatan Berorientasi Pada Perkembangan / Kemajuan) Tiga jenis catatan perkembangan adalah catatan perawat.

– Evaluasi keberhasilan tiap tindakan keperawatan. – Tindakan keperawatan yang bersifat mandiri seperti perawatan kulit. – Tindakan yang dilakukan oleh dokter tetapi mempengaruhi tindakan keperawatan.Catatan Perawat Catatan perawat harus ditulis tiap 24 jam. – Kunjungan berbagai anggota tim kesehatan. pendidikan kesehatan. pekerja sosial atau pemuka agama. urin berwarna gelap atau keruh. meliputi berbagai informasi tentang : – Pengkajian berbagai tenaga keperawatan tentang klien misalnya : warna kulit pucat atau merah . melakukan kegiatan atas inisiatif perawat sendiri. – Tindakan keperawatan bersifat pendelegasian misalnya memberi obat atau tindakan penanganan lain yang diinstruksikan oleh dokter. misalnya konsultasi dokter. .

Lembar Alur (Flowsheet) – – Flowsheet memungkinkan perawat untuk mencatat hasil observasi atau pengukuran yang dilakukan secara berulang yang tidak perlu ditulis secara naratif Termasuk data klinik klien tentang tanda–tanda vital ( tekanan darah. catatan keseimbangan cairan . berat badan. Flowsheet yang biasanya dipakai adalah catatan klinik. pernafasan. jumlah masukan dan keluaran cairan dalam 24 jam dan pemberian obat. suhu). nadi.

Contoh lembar alur .

terutama data fisiologis. . Selain itu tenaga kesehatan akan dengan mudah mengetahui keadaan klien hanya dengan melihat grafik yang terdapat pada flowsheet. Oleh karena itu flowsheet lebih sering digunakan di unit Gawat darurat.– Flowsheet merupakan cara tercepat dan paling efisien untuk mencatat informasi.

Catatan Pemulangan dan Ringkasan Rujukan – – – Pada catatan ini terutama dipersiapkan ketika klien akan dipulangkan atau dipindahkan pada tempat perawatan lainnya guna perawatan lanjutan. pengobatan terakhir. jaringan dukungan. Pencatatan pemulangan klien ditujukan untuk . pola/gaya hidup dan agama. penangan yang masih harus diteruskan. kebiasaan makan dan istirahat. kemampuan untuk asuhan mandiri. Penulisan dokumentasi pemulangan meliputi masalah kesehatan yang masih aktif.

Informasi Untuk Tenaga Kesehatan Mencakup – Menguraikan tindakan keperawatan ( contoh: mengganti balutan. urutan perawatan luka ) – Menguraikan informasi yang disampaikan pada klien – Menguraikan kemampuan klien dalam melakukan ketrampilan tertentu – Menjelaskan keterlibatan anggota keluarga dalam asuhan – Menguraikan sumber yang diperlukan dirumah .

Informasi Untuk Klien Hendaknya – Menggunakan bahasa yang singkat jelas dan mudah dipahami oleh klien – Menjelaskan langkah-langkah prosedur tertentu misanya cara menggunakan obat dirumah perlu diberi petunjuk tertulis – Mengidentifikasi tindakan pencegahan yang perlu diikuti ketika melakukan asuhan mandiri – Memeriksa tanda dan gejala komplikasi yang perlu dilaporkan kepada dokter – Memberikan daftar nama dan nomor telepon tenaga kesehatan yang dapat dihubungi klien .

Keuntungan dan Kerugian dalam Penggunaan POR a. Memperkuat aspek legal -. . Meningkatkan ketersediaan data pasien -. Memperkuat perbandingan data dari beberapa periode waktu. Keuntungan  -. Memperkuat atau menghargai standart keperawatan -. Meningkatkan kualitas pencatatan observasi -. Menjadikan dokumentasi keperawatan lebih tepat -. Mengurangi Fragmentasi data pasien -.

rancangan dan format.Memungkinkan bagian penting dari format tidak digunakan .Memperluas catatan medik dan menciptakan penggunaan penyimpangan.b. . Kerugian .Memungkinkan duplikasi data. .Bertahan untuk menggunakan lembar alur.Tidak cukupnya ruang untuk pencatatan kejadian yang tidak bisa terjadi. . .

TH AN YO K U .