You are on page 1of 6

Nama

: Mahdiyah
Prodi
: PBG
NIM
: 1601140465
Mata Kuliah : Teknologi
Informasi

Pembahasan

Tingkat
keanekaragaman hayati
Usaha pelestarian
keanekaragaman hayati
Manfaat kenekragaman
hayati

“ Tingkat Keanekaragaman
Hayati “

END
SHOW

Untuk menyatakan keanekaragman kehidupan di bumi beserta polapola alamiah yang membentuknya. ukuran.Pembahasan A. yang dapat dilihat dari perbedaan bentuk. digunakan istilah keanekaragaman hayati (biodiversitas). Pembahasan Tingkat kanekaragaman hayati Usaha pelestarian keanekaragaman hayati Manfaat kenekragaman hayati .    Pengertian Keanekaragaman Hayati Keanekaragaman makhluk hidup meliputi variasi tingkat gen. dan ekosistem. jumlah dan habitat. fungsi organ. struktur warna. spesies.

dan cacing. Keanekaragaman Tingkat Jenis (Spesies) Keanekaragaman jenis atau spesies adalah perbedaan yang dapat ditemukan pada komunitas atau kelompok berbagai spesies yang hidup disuatu tempat. bunga mawar. dan mineral. jahe.Contohnya disuatu halaman terdapat pohon mangga. rambutan. kunyit. kupu-kupuu. jeruk. semut. lebah. Keanekaragaman Tingkat Gen Gen merupakan subtansi dasar yang mengendalikan ciri dan sifat makhluk hidup. burung. dan juga antara spesies dengan lingkungan abiotik tempat hidupnya. melati. 2. kemudian terjadi hubungan yang saling mempengaruhi antara satu spesies dengan spesies lain. cahaya matahari. kelapa. 3.Tingkat Keanekaragaman Hayati 1. Keanekaragaman Tingkat Ekosistem Ekosistem terbentuk karena berbagai kelompok spesies menyesuaikan diri dengan lingkungannya. misalnya : suhu. cempaka. tanah. udara air. Pembahasan Tingkat kanekaragaman hayati Usaha pelestarian keanekaragaman hayati Manfaat kenekragaman hayati . kumbang. kelembapan.

c)      Perlindungan geologi. berkelanjutan. yaitu tanggung jawab. e)     Perlindungan alam botani. Yang termasuk pelestarian sumber daya alam hayati secara in situ yaitu : a)      Perlindungan alam ketat. yaitu perlindungan alam yang dibina oleh para ahli. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya dan UU No. d)     Perlindungan alam zoologi. 1.  Pembahasan Tingkat kanekaragaman hayati Usaha pelestarian keanekaragaman hayati Manfaat kenekragaman hayati . F)    Perlindungan hewan dari perburuan. 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan tiga azas. Pelestarian secara ek situ ada beberapa macam. yaitu perlindungan terhadap tumbuhan.Contohnya.Pelestarian sumber daya alam hayati harus dilakukan secara terpadu dan melibatkan banyak pihak. dan bermanfaat. yaitu perlindungan terhadap formasi geologi (tanah). dan kebun raya. dan komodo di Pulau Komodo. kebun plasma nuftah.   2. b)      Perlindungan alam terbimbing.  Beikut ini akan dijelaskan dua jenis pelestarian yaitu pelestarian secara In Situ dan Pelestarian Ek Situ. misalnya kebun koleksi.      Pelestarian Secara In Situ Pelestarian secara in situ artinya pelestarian sumber daya alam hayati yang dilakukan di habitat asalnya. yaitu perlindungan terhadap hewan langka dan hampir punah serta perkembangbiakannya.      Pelestarian Secara Ek Situ Pelestarian secara ek situ artinya pelestarian sumber daya alam hayati yang dilakukan di luar habitat asalnya atau dipelihara di tempat lain. badak jawa di Ujung Kulon.Usaha Pelestarian Keanekaragaman Hayati Konservasi  keanekaragaman hayati di Indonesia diatur oleh UU No. yaitu perlindungan alam yang membiarkan alam berkembang secara alamiah. bunga Rafflesia arnoldi di Bengkulu.

Keanekaragaman hayati yang memiliki nilai ekonomi antara lain sebagai bahan pangan. dan memiliki aspek budaya. kosmetik. yaitu sebagai berikut. obat-obatan. 2. 3. papan. yaitu dapat di perjual belikan. pengikisan. Manfaat Keanekaragaman Hayati Keanekaragaman Hayati Indonesia merupakan anugrah terbesar dati Tuhan Yang Maha Kuasa. 1. Nilai Pendidikan Keanekaragaman Hayati Keanekaragaman hayati dapat menambah pemahaman dan pengetahuan manusia. Keanekaragaman hayati memiliki beberapa fungsi.Pemanfaatan hewan dan tumbuhan digunakan untuk bahan percobaan untuk kedokteran dan eksperimen eksperimen tertentu. Nilai Ekonomi Keanekaragaman Hayati Nilai ekonomi keanekaragaman hayati merupakan nilai kemanfaatan dari berbagai sumber hayati yang dapat menghasilkan keuntungan bagi penggunaanya. antar lain sebagai perlindungan terhadap kerusakan lahan karena akar tanaman akan melindungi tanah dari kerusakan. Pembahasan Tingkat kanekaragaman hayati Usaha pelestarian keanekaragaman hayati Manfaat kenekragaman hayati . sandang. menyerap air hujan sehingga tidak terjadi banjir atau tanah longsor. Nilai Ekologi Keanekaragaman Hayati Nilai ekologi dari keanekaragaman hayati.

TERIMA KASIH .