You are on page 1of 11

Anggaran Piutang

Kelompok 1 DAWAMI FAUZAN 1411021028 LIDYA SHINTA DIANTIKA 1411022004 .

Pengertian Anggaran Piutang  Anggaran Piutang adalah Anggaran yang merencanakan secara terperinci tentang jumlah piutang perusahaan akibat penjualan secara kredit disertai dengan perubahan-perubahan ( petambahan piutang. sisa piutang) dari waktu ke waktu selama periode yang akan datang . piutang tertagih.

 collacteral yaitu harta perusahaan penghutang yang dijadikan jaminan.  condition yaitu kondisi ekonomi.  capital yaitu kondisi posisi keuangan perusahaan penghutang. maka ia kehilangan kesempatan bisnis. sosial. ekonomi .Pertimbangan pemberian kredit didasarkan pada :  character yaitu karakter para manajemen perusahaan penghutang  capacity yaitu kemampuannya atau kesanggupan membayar perusahaanpenghutang. Jika perusahaan kehilangan kepercayaan dari partner bisnisnya. . Tetapi sebenarnya pemberian kredit dalam dunia bisnis adalah kepercayaan. politik dan bisnis.

Jenis-jenis Piutang  Piutang dagang. .  Piutang pajak.  Beban dibayar dimuka.  Piutang surat berharga.  Setoran jaminan.  Piutang wesel.

Pengelolaan Piutang  Perencanaan jumlah dan pengumpulan piutang  Pengendalian piutang  Penggunaan rasio .

Perputaran Piutang Tingkat perputaran piutang = tingkat penjualan Rata-rata Piutang rata-rata umur piutang = 360 Tingkat Perputaran Piutang .

Manfaat Anggaran Piutang  Sebagai pedoman kerja  Sebagai alat pengkoordinasian kerja  Sebagai alat pengawas kerja .

 Posisi perusahaan dalam persaingan.Faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan anggaran piutang  umlah penjualan.  Syarat pembayaan (tem of payment)  Kebijakan Perusahaan dalam penagihan piutang.  Keadaan persaingan di pasar. .  Rencana perusahaan untuk melakukan penjualan secara kredit.

 Menentkan besarnya syarat penjualan kredit.  Menentukan term of kredit. hal ini akan mempengaruhi jumlah piutang yang akan diterima oleh perrusahaan dan merangsang kepada pelanggan untuk segera melunasi piutangnya.Penyusunan Anggaran Piutang  Menentukan besarnya penjualan tunai dan penjualan kredit yang dihasilkan oleh perusahaan dalam jangka waktu satu bulan atau triwulan.  Menentukan besarnya cadangan piutang tak tertagih yang biasanya ditentukan dengn persentase dan sesuai dengan pengalaman periode sebelumnya. . yaitu jangka waktu pelunasan piutang.

Contoh Penganggaran Piutang .