You are on page 1of 13

ASSALAMUALAIKUM WR.

WB
ANGGOTA KELOMPOK :

MUHAMMAD ANSHORI RIZQI PUTRA
DESTY MARTHA AMBARARUM

NIM

NIM

152310101058

152310101068

ZUMROTUL FARIKHAH NIM

152310101142

KEZIA RIA KRISTANTI

152310101157

NIM

NOVIAN DWI ROESSANTI NIM

152310101164

Efek tersebut dinamakan efek deterministik yang umumnya segera dapat teramati secara klinik setelah tubuh terpajan radiasi dengan dosis diatas dosis ambang. bahkan dapat mengakibatkan kematian. • Pajanan sedang adalah pajanan yang cara penularan yang • Pajanan tinggi efek yang timbul merupakan hasil dari kematian sel yang dapat menyebabkan gangguan fungsi jaringan dan organ tubuh. Penularan akibat jarum suntik adalah termasuk dari pajanan rendah karena kemungkinan terjadinya penularan akibat jarum suntik sangat rendah.DEFINISI • Pajanan adalah peristiwa yang menimbulkan resiko penularan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pajanan rendah adalah resiko penularan yang rendah. .

JENIS ALAT PELINDUNG DIRI (APD) YANG DIGUNAKAN DISESUAIKAN DENGAN PAJANAN BAHAYA YANG DIHADAPI DI AREA KERJA JENIS APD NAMA RUANGAN Poliklinik PAPARAN RENDAH Laundry Sanitasi di ruang perawatan Sanitasi di taman Fisiotherapi - Masker - Sarung tangan - Apron jika diperlukan - Kaca mata jika diperlukan - Masker - Topi - Apron kedap air - Sarung tangan rumah tangga - Sepatu pelindung - Kaca mata jika diperlukan - Masker - Sarung tangan - Sepatu pelindung / Boot - Sarung tagan rumah tangga - Sepatu boot - Masker - Topi - Masker - Sarung tangan .

PAPARAN SEDANG NAMA RUANGAN Sanitasi incinerator ICU Perawatan Laboratorium JENIS APD - Masker - Topi - Sarung tangan rumah tangga - Google / kacamata - Masker - Sarung tangan - Apron kedap air - Sandal pelindung - Baju - Masker - Sarung tangan steril - Sarung tangan bersih - Apron kedap air / gaun - Kacamata jika perlu - Masker - Sarung tangan - Gaun / apron - Sandal pelindung - kaca mata jika diperlukan .

PAPARAN TINGGI NAMA RUANGAN OK VK HD Peristi JENIS APD - Masker - Topi - Sarung tangan steril - Gaun / baju steril - Google - Sepatu pelindung - Masker - Topi - Sarung tangan kedap air - Sepatu pelindung - Google - Masker - Sarung tangan steril - Apron kedap air - Google - Sepatu pelindung - Masker - Sarung tangan - Apron - Baju - Sandal .

CONT IGD Pengoplosan obat kemo Radiologi - Masker - Sarung tangan steril - Sarung tangan bersih - Apron kedap air - Sepatu pelindung - Google jika diperlukan - Masker - Sarung tangan - Kaca mata - Apron kedap air - Sepatu pelindung - Topi - Masker - Sarung tangan - Apron pelindung radiasi .

Jika menggunakan kaca mata. Pastikan ukuran masker pas dan nyaman digunakan 4. Cuci tangan dan keringkan 2. Masker • Masker merupakan salah satu APD yang berfungsi untuk menutupi hidung. Ambil masker bersih dari tempat penyimpanan 3.CARA MEMAKAI APD DENGAN BENAR 1. mulut. Masker dipakai untuk menahan percikan air ludah yang keluar sewaktu petugas kesehatan atau petugas bedah berbicara. dan rambut pada wajah oenggot). bagian bawah dagu. batuk atau bersin serta untuk mencegah percikan darah atau cairan tubuh lainnya memasuki hidung atau mulut petugas kesehatan • Cara menggunakan masker : 1. pastikan tepi atas masker berada di bawah kaca mata .

Hand scoon • Hand scoon biasanya dibuat dari vinyl. yaitu hand scoon steril dan hand scoon bersih. . kembangkan dan tarik kearah tangan sehingga setiap jari masuk ke dalamnya. Ulangi untuk tangan yang lainnya. Ambillah hand scoon yang pertama. 3. dan nitril. 5. Cucilah tangan sesuai prosedur. Gunakan sarung tangan yang pertama. cairan invasif klien dll. dan pastikan tangan kering 2. pada bagian pergelangannya. latex.2. Jika pada saat menggunakan hand scoon steril maka perawat harus menyentuh bagian dalam hand scoon steril dan setelah itu pakailah hand scoon bagian tangan yang lainnya. Secara umum. Hand scoon steril digunakan untuk pajanan tinggi seperti cairan darah. 4. Hand scoon steril biasanya digunakan pada saat kontak tangan dengan darah dan cairan klien terutama pada saat di ruang operasi • Cara menggunakan hand scoon : 1. hand scoon dibagi menjadi dua macam.

Pangkal sarung tangan harus menutupi ujung lengangan sepenuhnya lepaskan gaun sebelum meninggalkan area pasien. sekresi atau ekskresi. Setelah gaun dilepas. Ketika merawat pasien yang diketahui atau dicurigai menderita penyakit menular tersebut. . cairan tubuh. Gaun ini dipakai untuk menutupi pakaian biasa atau seragam lain.• Gaun • Gaun digunakan pada saat perawat merawat pasien yang dicurigai menderita penyakit menular melalui dropletlairborne. Pemakaian gaun pelindung terutama adalah untuk melindungi baju dan kulit petugas kesehatan dari pajanan tinggi di ruang ICU atau rung isolasi. pastikan bahwa pakaian dan kulit tidak kontak dengan bagian yang potensial tercemar lalu cuci tangan segera untuk mencegah berpindahnya organisme. jadi dipakai setelah memakai pakian biasa. petugas kesehatan harus mengenakan gaun pelindung setiap memasuki ruangan untuk merawat pasien karena ada kemungkinan terpercik atau tersemprot darah.

Hal mencegah cairan tubuh pasien ini penting jika gaun pelindung tidak tahan air apron mengenai baju dan kulit petugas kesehatan.• Apron • Apron terbuat dari karet atau plastik.Membersihkan pasien. Tetapi apron sering digunakan untuk melindungi dari pajanan tinggi misalnya menyerap radiasi pengion di ruang radiologi atau kemoterapi. Apron bisa digunakan untuk melindungi perawat dari pajanan rendah. merupakan penghalang tahan air untuk sepanjang bagian depan tubuh petugas kesehatan. . sedang dan tinggi. dan ditali juga di leher perawat. atau melakukan prosedur dimana ada risiko tumpahan darah. Petugas kesehatan harus mengenakan apron di bawah gaun penutup ketika melakukan perawatan langsung pada pasien. Cara memakai apron yaitu ditempelkan di perut terlebih dahulu lalu ditali melilit ke punggung belakang. cairan tubuh atau sekresi.

larutan kimia. debu dan uap. terjatuh dan terkena arus listrik. serat fiberglass maupun metal. Digunakan untuk menutup rambut dan kulit kepala sehingga serpihan kulit dan rambut tidak masuk ke dalam luka selama pembedahan topi harus cukup besar untuk menutup semua rambut. Meskipun topi dapat memberikan sejumlah perlindungan pada pasien. Topi 13 pelindung harus tahan terhadap pukulan.• Kaca mata/googles • Googles berfungsi melindungi mata dari pajanan rendah seperti gas. Topi pelindung dapat terbuat dari bakelite. . tidak mudah terbakar. Google dibuat dari plastik transparan dengan lensa berlapis kobalt untuk melindungi bahaya radiasi gelombang elegtromagnetik mengion. tetapi tujuan utamanya adalah untuk melindungi pemakainya dari pajanan tinggi misalnya darah atau cairan tubuh yang terpercik atau menyemprot. • Topi • Alat ini berfungsi untuk melindungi kepala dari benda-benda keras yang terjatuh. benturan kepala. tahan terhadap perubahan iklim dan tidak dapat menghantarkan arus listrik.

Sepatu boot karet atau sepatu kulit terlutup memberikan lebih banyak perlindungan. tetapi harus dijaga tetap bersih dan bebas kontaminasi darah atau tumpahan cairan tubuh lain.• Sepatu pelindung • Sepatu boot digunakan untuk melindungi kaki dari cedera akibat benda tajam atau benda berat yang mungkin jatuh secara tidak sengaja ke atas kaki. . Penutup sepatu tidak diperlukan jika sepatu bersih. Sepatu boot ini biasanya digunakan untuk melindungi dari paparan tinggi seperti darah atau cairan lain dan jarum yang ada di lantai. Sepatu yang tahan terhadap benda tajam atau kedap air harus tersedia di kamar bedah.

TERIMA KASIH  .