You are on page 1of 21

Presentasi

Proses Revolusi Hijau dalam
Meningkatkan Produksi
Pertanian

KELOMPOK 4




Beni Indra Prabu
Devi Nur’aini
Eko Budiawan
Siti Choirun Nisa
Suparmi

Pengertian Revolusi Hijau SUATU PERUBAHAN CARA BERCOCOK TANAM DARI CARA TRADISIONAL KE CARA YANG MODERN .

Asas Revolusi Hijau Tekanan pokok revolusi hijau ialah produksi pangan .

Strategi Pelaksanaan Revolusi Hijau am memasuki masa dua dasa warsa. revolusi hijau nghadapi tantangan mempertanggungjawabkan jati di .

Latar Belakang Revolusi Hijau “ PERTUMBUHAN PENDUDUK MENGIKUTI DERET UKUR SEDANGKAN PERTUMBUHAN BAHAN PANGAN MENGIKUTI DERET HITUNG “ .

Ford and Rockefeller Foundation .

Pada tahun 2008. media.Ford and Rockefeller Foundation Ford Foundation adalah organisasi swasta ya terbentuk di Michigan dan berpusat di Kota New York didirikan untuk mendanai programprogram yang diprakarsai oleh Edsel Ford dan Henry Ford pada tahun 1936. Hibah organisasi ini diberikan melalui kantor pusat di New York dan melalui dua belas kantor perwakilan internasional lainnya. organisasi ini mencatat jumlah aset sebesar US$ 13. pengembangan komunitas dan ekonomi. serta hak asasi manusia . seni dan budaya. pendidikan.7 miliar dan menyalurkan US$ 530 juta dalam bentuk hibah [1] untuk proyek yang berfokus pada penegakan nilai demokrasi.

Upaya Revolusi Hijau .

Contoh Keberhasilan Program Revolusi Hijau .

nternational Rice Research Instite(IRRI) RRI berlokasi di Los Banos. tepatnya di dalam Kampus University of the Philippines Los Banos (UPLB). RRI dibangun tahun 1960 oleh Rockefeller Foundation and Ford Foundation . Filipina.

anakan produktif tinggi Berespon thd pemupukan N tinggi Indeks panen tinggi .I R -8 d an IR -8 H asi l p e m u li a an sa at i t u : H ig h Y ie ld in g Var i et i es ( H Y d en g a n id i o t y p e (u n t u k p a d i ) :      Berdaun tebal. pendek & tegak Malai pendek & kuat Anakan banyak.

onsultative Group for International Agricultural Research(CGI tau center for international forestry research(CIFOR) Didirikan pada tahun 1993. . Center for International Forestry Research (CIFOR) atau (CGIAR) mempunyai misi agar ilmu pengetahua dapat digunakan sebagai dasar ilmiah dalam proses pengambilan keputusan penting yang mempengaruhi pola pengelolaan hutan tropika di seluruh dunia dan masyakat yang tergantung pada keberadaan hutan.

Revolusi Hijau di Indonesia Gerakan Revolusi Hijau yang dijalankan di negara – negara berkembang dan Indonesia dijalankan sejak rezim Orde Baru berkuasa .

Upaya Upaya peningkatan peningkatan revolusi revolusi hijau hijau di di Indonesia Indonesia eningkatan produktivitas pertanian Indonesia dilakukan dengan cara Intensifikasi Pertanian Ekstensifikasi Pertanian Diversifikasi Pertanian Rehabilitasi Pertanian .

Peasant dan Farmers (petani gaya lama dan gaya baru) Revolusi Hijau merupakan perubahan cara bercocok tanam dari cara tradisional ke cara modern .

Pemberantasan Hama Berbagai cara manusia dalam membasmi hama tanaman. mulai cara yang bersifat konvensional dari cara pembasmian hama dengan menggunakan alat sederhana yaitu dengan menggunakan tangan ataupun dengan menggunakan alat biasa .

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF REVOLUSI HIJAU Dalam setiap ide dan perbuatan selalu ada sisi positif dan negatif .

INDUSTRIALISASI Revolusi Hijau ini menyebabkan upaya untuk melakukan modernisasi yang berdampak pada perkembangan industrialisasi yang ditandai dengan adanya pemikiran ekonomi rasional .

Dampak Positif dan Negatif Industrialisasi Dampak positif industrialisasi adalah tercapainya efisiensi dan efektifitas kerja. Dampak negatif dari industrialisasi adalah Munculnya kesenjangan sosial dan ekonomi yang ditandai oleh kemiskinan serta Munculnya patologi sosial (penyakit sosial) seperti kenakalan remaja dan kriminalitas. .

SEKIAN TERIMA KASIH .