You are on page 1of 24

KELOMPOK 1

NAMA :
1. ITA ROSITA (A11115002)
2. SRI MARSANDA (A11115033)
3. MUH.FIKRI (A11115329)

BAB 1
“PADA AWALNYA ADALAH
ADAM”
Adam Smith adalah sosok radikal dan
revolusioner pada zamannya – sebagaimana
orang-orang
diantara
kita
yan
g
menganjurkan laissez faire dizaman kita.
“Milton Friedman (Glahe 1978 : 7)

1) 1776.Adam Smith) .  Perayaan Deklarasi Kemerdekaan Amerika pada 4 Juli 1776. yang dikenal senagai periode pencerahan. TAHUN PROPHETIK  Tahun 1776. 2) TERBITNYA SEBUAH BUKU YANG MONUMENTAL  An Inquire Into The Nature and Causes of The Wealth of Nation (Pengarang : Dr.

3) ARTI PENTING PENCERAHAN  Tahun 1776 adalah tahun terbitnya volume pertama karya Klasik Edward Gibbon. History of The Decline and Fall of the Roman Empire (1776-88)  Tahun 1776. dan orang-orang dari berbagai latar belakang mulai muncul ke pentas sejarah . bagi Adam Smith juga merupakan tahun pentig karena alasan pribadi 4) GELOMBANG KEMAJUAN EKONOMI  Masa pencerahan dan dimulainya era modern.

sedangkan Adam Smith adalah bapak bagi ilmu baru. yakni ilmu kemakmuran.5) PERTOLONGAN BAGI ORANG-ORANG AWAM  GEORGE Washington adalah bapak bagi sebuah bangsa baru.  Model untuk kesuksesan ekonomi yang dikemukakan oleh Adam Smith akan menghasilkan “kekayaan universal yang akan sampai ke goongan rakyat yang paling bawah sekalipun” (1965 [1776] : 11) 6) ADAM SMITH MENGHADAPI RINTANGAN BESAR .

7) DAYA TARIK MERKANTELISME  Merkantelis percaya bahwa ekonomi dunia adalah stagnan dan kekayaannya tetap  Dalam The Wealth of Nation (1965 : 398) oleh Adam Smith yang mengatakan bahwa “persoalan utama yang sealu kita jumpai adalah mengumpulkan uang”  2 cara mendapatkan uang lebih banyak lagi 8) SMITH MENENTANG PEMBATASAN PERDAGANGAN .

9) TERUNGKAPNYA SUMBER KEMAKMURAN RIIL  Argumen Sang Profesor Skolandia tentang kemakmuran negara 10) SMITH MENEMUKAN KUNCI PEMBUKA KEMAKMURAN 11) MAHKOTA PERMATA ADAM SMITH  GEORGE STIGLER menyebut model usaha persaingan bebas ala Smith sebagai “mahkota permata” dari The Wealth of Nation dan “proporsisi substantif paling penting dalam semua ilmu ekonomi” .

12) PENERIMAAN KARYA KLASIK SMITH DI SELURUH DUNIA  Pernyataan H. Samuelson 13) SMITH MENGIDENTIFIKASI TIGA UNSUR  Kebebasan (freedom)  Kepentingan diri (self-interest)  Persaingan (competition) .L Mencken  Penegasan sejarawan Arnold Toynbee  Paul A.

sepanjang dia tidak melanggar hukum keadilan. dan diperbolehkan bersaing dengan orang lain dibidang usaha dan pengumpulan modal” (1965 : 651) . diperbolehkan secara bebas mengejar kepentingannya sendiri dengan caranya sendiri.14) MANFAAT ‘INVISIBLE HAND’ 15) APAKAH ADAM SMITH MENDUKUNG SIFAT MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI (EGOTISM) DAN KESERAKAHAN ?  Model Smith merefleksikan atribut esensial yaitu “Setiap orang.

kekuatan monopoli menciptakan suatu masyarakat politik. yang penuh tingkah laku menjilat. dan menipu (Muller 1993 : 135)  Monopoli menciptakan laba secara mudah dan cepat dan konsumsi yang sia-sia (Smith 1965 : 578) . memperbudak.16) PROBLEM ADAM SMITH : SIMPATI VS KEPENTINGAN DIRI  Simpati adalah kekuatan penggerak dibalik masyarakat yang makmur dan dermawan  Kepentingan diri adalah menjadi motif primernya 17) BAGAIMANA MONOPOLI BISA MERUSAK PASAR  Menurut Smith.

18) SIAPA ADAM SMITH ? .

hak milik. jembatan. dan untuk menjamin perjanjian dan pembayaran utang 3) Kerja publik – jalan.19) ADAM SMITH MENDUKUNG PEMERINTAHAN YANG KUAT NAMUN DIBATASI Secara spesifik. kanal. smith mendukung : 1) Perlunya pendanaan yang cukup untuk milisi yang bertugas membela negara 2) Sistem hukum yang bisa melindungi kebebasan. pelabuhan. dan proyek infrastruktur lainnya 4) Pendidikan umum menyeluruh untuk mengimbangi efek alienasi dan penurunan mental akibat spesialisasi (pembagian kerja) sistem kapitalisme (Smith 1965 : 734-35) .

dia mendukung sistem moneter yang stabil berdasarkan emas dan perak. politisi biasanya orang munafi yang boros.20) SMITH MEMPERINGATKAN ADANYA BAHAYA DARI PEMERINTAH YANG BESAR Smith sangat kritis terhadap kekuasaan negara. 21) SMITH MENDUKUNG MATA UANG YANG KUAT DAN STANDAR EMAS Smith juga mencemaskan adanya manipulasi terhadap sistem moneter yang dilakukan oleh pemerintah. dan mendukung doktrin perbankan yang bebas . Walau menolak ide bahwa satu-satunya sumber kekayaan adalah emas dan perak. Menurut Smith.

pajak rendah. kepentingan diri baik. negara harus mengadopsi kebijakan laissez faire nonintervensi (perdagangan bebas. birokrasi minimal.22) 23) TABUNGAN : UNSUR KUNCI DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI ESENSI MODEL EKONOMI KLASIK 4 prinsip umum dalam model ekonomi klasik. dan mempertahankan negara dari serangan asing 3) Dibidang ekonomi. dan kedermawanan terhadap orang lain adalah kebijakan dan karena itu harus didukung 2) Pemerintah harus membatasi kegiatannya pada pengaturan keadilan. dsb) 4) Standar klasik emas/perak akan mencegah negara mendepresiasi mata uang dan akan menghasilkan lingkungan moneter yang stabil dimana ekonomi bisa berkembang . yaitu : 1) Penghematan. kerja keras. memperkuat hal milik privat.

JEAN BAPTISTE SAY (1970 [1880] : XIX) .Bab 2 “koneksi prancis : LAISSEz faire avance!” Karya terkenal dari Dr. Adam Smith bisa dianggap sebagai kumpulan prinsip ekonomi politik yang paling masuk akal dan didukung oleh banyak ilustrasi yang mencerahkan.

SAY : LAHIR DISAAT YANG TEPAT  Dalam usia 65 tahun. Prancis 2) ADAM SMITH-NYA PRANCIS 3) BEBERAPA SUMBANGAN PENTING SAY  Menyusun pengujian teori dengan fakta dan observasi  Menyusun teori utilitas subjektif sebagai pengganti teori nilai kerja  Gagasan tentang peran vital enterpreneur  Hukum pasar Say. Jean-Baptiste Say (17671832) dikenal sebagai “ekonom yang hidup dimasamasa sulit  J. yang menjadi landasan model makro dalam fluktuasi bisnis dan pertumbuhan ekonomi .-B.-B. Say dilahirkan di Lyon.1) J. Say adalah seorang enterpreneur  J.-B.

4) SAY MENGKRITIK TEORISASI ABSTRAK  Say menuduh ricardo telah menciptakan model yang penuh dengan “penilaian yang serampangan “ dan menyusun “sistem seblum fakta ditentukan  Say mengatakan. Lebih baik berpegangan pada fakta dan konsekuensinya ketimbang pada silogisme”  Adapun pujian untuk Adam Smith 5) CACAT DALAM EKONOMI MATEMATIKA Say menyatakan kecemasannya bahwa “kita selalu disesatkan dalam ekonomi politik apabila kita memandang fenomena berdasarkan perhitungan matematika” (Sowell 1987 : 249) . “tidak ada yang sia-sia ketimbang ketidaksesuaian antara teori dengan praktik!”.

6) SAY MEMPERKENALKAN TEORI NILAI ALTERNATIF 7) PERAN ENTERPRENEUR (PENGUSAHA) Enterpreneur mengandung makna yang ambivalen yang diterjemahkan menjadi “petualang” 8) HUKUM PASAR SAY Hukum Say sering dikutip sebagai “penawaran menciptakan permintaannya sendiri” .

atau dengan kata lain. output yang meningkat akan memperbesar pengeluaran konsumen  Hukum Say 10) SAY MEMPERLUAS ARGUMENNYA KE PERTUMBUHAN EKONOMI Kunci untuk kinerja ekonomi yang baik adalah mendorong produk baru yang lebih baik.9) SAY MENGUNGKAPKAN KESALAHAN DAN MENEMUKAN HUKUM BARU  Penemuan penting Say : Produksi adalah penyebab konsumsi. bukan sekedar meningkatkan konsumsi .

11) MENABUNG ADALAH BERKAH. BUKAN KUTUKAN  Tabungan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi  “satu penny yang ditabung sama dengan pendapatan satu penny” dan “uang menghasilkan uang” 12) RINGKASAN HUKUM SAY OLEH KATES (1998 : 29)  Sebuah negara tidak bisa punya terlalu banyak     kapital Investasi adalah basis bagi pertumbuhan ekonomi Konsumsi bukan hanya tidak menambah kekayaan tetapi bahkan juga menghambat penambahan kekayaan Permintaan disebabkan oleh produksi Kekurangan permintaan (yakni over-produksi) buka penyebab gangguan perekonomian .

PENDUKUNG LAISSEZ FAIRE Frederic Bastiat adalah jurnalis ekonomi paling brilian yang pernah hidup.13) FREDERIC BASTIAT. Joseph Schumpeter (1954 : 500) 14) ANAK YATIM YANG LEMAH MENANTANG DUNIA (BASTIAT) 15) 16) BASTIAT MELAWAN ZAMAN REVOLUSI 1848 DAN REPUBLIK PRANCIS KEDUA .

17) BASTIAT DUDUK DISEBELAH KIRI DALAM MAJELIS NASIONAL Bastiat duduk disebelah kiri tempat kaum liberal dan radikal berada dengan penuh semangat menentang kebijakan sosialis dan komunis 18) BASTIAT MEPERLUAS PERJUANGAN MENUJU KEBEBASAN Kebebasan manusia harus diperluas seluas mungkin. “setiap manusia berhak untuk menggunakan seluruh kemampuannya sepanjang dia tidak membahayakan atau mengganggu orang lain pada saat menggunakan kemampuannya itu” (1996 : 51) .

perampasan legal. “daya tarik sosialisme yang memikat” 20) EKONOMI MENCAPAI PUNCAKNYA.19) BASTIAT MEMPERINGATKAN BAHAYA PERAMPASAN YANG LEGAL  2 sebab yang merusak hukum yaitu “keserakahan bodoh” dan kedermawanan palsu”  Hukum bukannya melindungi properti tetapi justru merampasnya  Menurut bastiat. LALU TURUN KEMBALI .

SEKIAN DAN TERIMA KASIH  .