You are on page 1of 14

MENJAHIT LUKA

DENGAN BERBAGAI MACAM TEKNIK JAHITAN

Andry Sartika, S.Kep

digunakan juga untuk jahitan situasi.MACAM-MACAM JAHITAN LUKA  Jahitan Simpul Tunggal Merupakan jenis jahitan yang sering dipakai. .

BENTUK JAHITAN SIMPUL TUNGGAL Tempat Penusukan Jarum Simpul Jahitan 1 2 Garis putus-putus menunjukkan bahwa benang Berada dibawah kulit yang dijahit Garis tepi Luka VID HECTING\Simple Interrupted Sutu re with Instrument Tie.mp4 .

2. . JAHITAN MATRAS VERTIKAL Jahitan dengan menjahit secara mendalam dibawah luka kemudian dilanjutkan dengan menjahit tepitepi luka. Biasanya menghasilkan penyembuhan luka yang cepat karena di dekatkannya tepi-tepi luka oleh jahitan ini.

BENTUK JAHITAN MATRAS VERTIKAL Tempat Penusukan Jarum Simpul Jahitan VID HECTING\Simple Interrupted Suture with Instrumen t Tie.mp4 Garis Tepi Luka .

3. sebelum disimpul dilanjutkan dengan penusukan sejajar sejauh 1 cm dari tusukan pertama.  Memberikan hasil jahitan yang kuat. JAHITAN MATRAS HORIZONTAL  Jahitan dengan melakukan penusukan seperti simpul. .

BENTUK JAHITAN MATRAS HORIZONTAL .

JAHITAN JELUJUR SEDERHANA  Jahitan ini sangat sederhana. sama dengan kita menjelujur baju. . Biasanya menghasilkan hasil kosmetik yang baik.4. tidak disarankan penggunaannya pada jaringan ikat yang longgar.

mp4 Garis putus-putus menunjukkan bahwa benang Berada dibawah kulit yang dijahit .BENTUK JAHITAN JELUJUR SEDERHANA Simpul Jahitan Tempat Penusukan Jarum VID HECTING\Simple Interrupted Suture with Instrumen t Tie.

5. JAHITAN JELUJUR INTRAKUTAN Jahitan jelujur yang dilakukan dibawah kulit. jahitan ini terkenal menghasilkan kosmetik yang baik .

mp4 Tempat Penusukan Jarum Akhir Penusukan Jarum Garis putus-putus menunjukkan bahwa benang Berada dibawah kulit yang dijahit .BENTUK JAHITAN JELUJUR INTRAKUTAN VID HECTING\Simple Interrupted Suture with Instrumen t Tie.

Tungkai bawah 10-14 g. Muka atau leher hari ke 5 b.ANGKAT JAHITAN Adalah proses pengambilan benang pada luka. Telapak tangan 10 d. Tungkai atas hari ke 10 f. Perut hari ke7-10 c. Jari tangan hari ke 10 e. Punggung hari ke 10-14 . Dada hari ke 7 h. Berdasarkan lokasi dan hari tindakan: a.

Angkat simpul dengan forsefs / pinset Potonglah benang yang posisinya dekat dengan kulit memakai gunting Tariklah benang keluar menuju luka VID HECTING\Simple Interrupted Suture with Instrumen t Tie.METODE PELEPASAN JAHITAN DENGAN GUNTING 1 VID HECTING\Simple Interrupted Suture with Instrumen t Tie.mp4 3 . 2. 3.mp4 2 1.

SELESAI .