You are on page 1of 17

MORFOLOGI SISTEMATIKA TUMBUHAN

Genje
Clerodendron indicum (L) O. Ktje.

&
Kecubung Gunung
Brugmansia suaveolens [H. et B.] B. et P

PRESENTED
BY

NUR AWALIA
JAFAR

saponin. terpenoid. Senyawa metabolit sekunder seperti alkaloid. streoid. dan lain-lain. sehingga sebagian tumbuhan dapat digunakan sebagai bahan obat. yang terdapat dalam tumbuhan merupakan zat bioaktif yang berkaitan dengan kandungan kimia dalam tumbuhan. flavanoid.000 jenis tumbuhan telah dimanfaatkan sebagai bahan obatobatan. .Sekitar 1000 jenis dari 30.

batang. adat istiadat. Bagian dari obat tradisional yang bisa dimanfaatkan adalah akar. . berdasarkan resep nenek moyang.Obat tradisional adalah obat-obat yang diolah secara tradisional. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkan efek samping karena masih bisa dicerna oleh tubuh. turun temurun. kepercayaan atau kebiasaan setempat. daun dan bunga. buah. Salah satu bahan obatobatan tradisional adalah kecubung gunung dan genje. baik bersifat magis maupun pengetahuan tradisional. rimpang.

. Ktje.Genje Clerodendron indicum (L) O.

.Klasifikasi Kingdom : Plantae (Tumbuhan) Subkingdom :Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) Sub Kelas : Asteridae Ordo Famili : Lamiales : Verbenaceae Genus :Clerodendron Spesies : Clerodendron indicum (L) O. Ktje.

tengahnya berongga. Tumbuhan ini bisa ditemukan pada tempat-tempat yang terkena sinar matahari atau sedikit terlindung pada dataran rendah sampai ketinggian 1.MorfologiA Genje tumbuh liar di hutan dan ladang. percabangan simpodial. retak-retak membujur.200 m dpl. . Perdu tegak dengan tinggi 1-3 m ini batangnya bulat berwarna hijau.

bertangkai pendek. warnanya cokelat.5 cm. Biji bulat berwarna hitam. bentuk payung. Bunga majemuk. pangkal menyempit. ujung runcing. Helaian daun bentuk lanset. Buah batu. lebar 3-4 cm. tepi rata. mahkota bentuk tabung. . panjang 1-1. warnanya putih. bulat telur.MorfologiA Daun tunggal. warnanya hijau tua mengilap. pertulangan menyirip. panjang 7–15 cm. letak berkarang. keluar dari ketiak daun dan ujung tangkai.

potong akar tipis-tipis. dan sesak napas (asma). demam. dan akarnya. lalu jemur. rematik. Daun dan akar genje digunakan untuk pengobatan radang saluran kencing. memar. dan antibatuk (antitusif).Khasiat dan Kegunaan Berkhasiat antiradang. nyeri lambung. pereda demam (antipiretik). pereda nyeri (analgesik). . Bagian tanaman genje yang digunakan sebagai obat adalah daun. Setelah dicuci. radang saluran napas (bronkhitis).

Akarnya juga mengandung polifenol.Zat Aktif Komposisi dari tumbuhan genje yaitu pada daun mengandung alkaloid. dan polifenol. . saponin. Akar dan kulit batang mengandung saponin dan flavonoid.

Kecubung Gunung Brugmansia suaveolens [H. et P .] B. et B.

& Presl .Klasifikasi Kingdom : Plantae (Tumbuhan) Subkingdom : berpembuluh) Tracheobionta (Tumbuhan Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) Sub Kelas : Asteridae Ordo : Solanales Famili : Solanaceae (suku terung-terungan) Genus : Brugmansia Spesies : Brugmansia suaveolens Bercht.

berkayu. . Tumbuhan ini biasa ditemukan pada ketinggian 700-2100 m dpl. bercabang-cabang. tinggi 2-4 m. Bunganya sangat khas berukuran besar dan menggantung seperti lonceng.MorfologiA Kecubung gunung (Brugmansia suaveolens ) adalah tumbuhan khas daerah ketinggian yang tidak dijumpai di daerah dataran rendah seperti pantai. tegak. Perdu kuat atau pohon kecil.

ujung runcing. lebar 4-17 cm. permukaan bawah berambut halus. Helaian daun besar. bulat telur atau bulat telur memanjang. panjang 9-35 cm.MorfologiA Ujung ranting berambut pendek yang sangat rapat. pertulangan menyirip. tepi berlekuk. permukaan daun berbulu jarang. pangkal tumpul atau runcing. . umumnya tidak sama sisi. bertangkai.

Buah buni memanjang. Mahkota berbentuk terompet. bertangkai. tidak membuka. menggantung. Kecubung gunung dapat diperbanyak dengan cara setek dan biji. panjang 9-11 cm. . berambut halus.MorfologiA Bunga tunggal di ketiak daun. Kelopak bunga hijau. tabung bersudut lima dan taju meruncing pendek. berbau enak pada malam hari. tidak berduri tempel. bentuk tabung. Biji berkulit tebal menyerupai gabus. berwarna putih atau jingga. berwarna abu-abu.

Adapun indikasinya adalah sebagai berikut.Khasiat dan Kegunaan Bagian yang digunakan sebagai pengobatan pada tumbuhan kecubung gunung ini adalah bunganya. Nyeri haid Sakit perut . Sesak napas.

. dan polifenol. Zat aktif ini bisa menimbulkan halusinasi. saponin. glikosida flavonoida.Zat Aktif Komposisi tumbuhan kecubung gunung pada bagian bunganya yaitu Alkaloid skopolamin.

Thank You .