You are on page 1of 15

Akuntansi Jaya, Akuntansi

Berkemajuan

Makassar, 10 November 2016

AKUNTANSI KEUANGAN
LANJUTAN II

M I R A, SE.,M.Ak
JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERISTAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

4 Transaksi Mata Uang Asing dan Instrumen
1 INTRODUCTION

Keuangan
1

Broker adalah perusahaan yang menjadi perantara terjadinya transaksi valuta asing. tingkat daya beli seseorang. Pemerintah. Bank Sentral. Bank Umum. foreign exchange. 3. Valuta asing atau biasa disebut juga dengan kata lain seperti valas. Pemerintah melakukan transaksi valuta asing untuk berbagai tujuan antara lain membayar hutang luar negeri.Mengenal MengenalValas Valas 1. 2. Dalam perkembangannya uang berkembang menjadi komoditas yang bisa di perdagangkan. Untuk memenuhi kewajibannya dalam bentuk valuta asing. 6. juga mempunyai fungsi-fungsi lainnya antara lain sebagai tolak ukur kekayaan sesorang. 5. Broker. danjuga sebagai alat untuk mengukur tingkat kesejahteraan seseorang. Biasanya bank sentral melakukan jual beli valuta asing dalam rangka menstabilkan nilai tukar mata uangnya yang biasa disebut dengan kegiatan intervensi. menerima pendapatan dari luar negeri yang harus di tukarkan lagi kedalam mata uang local. Mereka membantu kita untuk mencarikan pembeli ataupun penjual. Bank umum melakukan transaksi jual beli valas untuk berbagai keperluan antara lain melayani nasabah yang ingin menukarkan uangnya kedalam bentuk mata uang lain. 2 . Di banyak negara bank sentral adalah lembaga independent yang bertugas menstabilkan mata uangnya. Uang selain di gunakan sebagai alat pembayaran yang sah. forex atau juga fx adalah mata uang yang di keluarkan sebagai alat pembayaran yang sah di negara lain. 4.

Proses penyajian kembali transaksi mata uang asing dalam (setara) nilai rupiah disebut sebagai penjabaran atau translasi (translation) 3 . 5. 3. 2. 6. pembelian dan transaksi lain yang menimbulkan perpindahan mata uang asing atau pencatatan piutang atau utang yang didenominasikan yaitu nilainya akan dilunasi dalam suatu mata uang asing. 4.Mata MataUang UangDunia DuniaYang Yangdiperdagangkan diperdagangkan 1. Dolar Amerika / USD Poundsterling Inggris / GBP Euro Dolar / EUR Swiss Franc / CHF Japanese Yen / JPY Australian Dolar / AUD Canadian Dolar / CAD Transaksi TransaksiMata MataUang UangAsing Asing Transaksi mata uang asing (foreign currency transactions) perusahaan Indonesia meliputi penjualan. 7.

Transaksi TransaksiMata MataUang UangAsing Asing 1. 2. maka dapat digunakan kurs tengah BI Pos non moneter tidak boleh dilaporkan dengan menggunakan kurs tanggal neraca tetapi tetap harus dilaporkan dengan menggunakan kurs tanggal transaksi Pos non moneter yang dinilai dengan nilai wajar dalam mata uang asing harus dilaporkan dengan menggunakan kurs yang berlaku pada saat nilai tersebut ditentukan 4 . keuntungan dan kerugian yang timbul dari transaksi tersebut harus dinilai dan dicatat dalam mata uang fungsional entitas Pada setiap tanggal neraca. setiap aktiva.. 5. saldo yang tercatat dalam mata uang selain mata uang fungsional dari entitas yang melakukan pencatatan harus disesuaikan untuk mencerminkan kurs sekarang Pos aktiva dan kewajiban moneter dalam mata uang asing dilaporkan ke dalam mata uang rupiah menggunakan kurs tanggal neraca. penerimaan. 3. 10.. pengeluaran.PSAK PSAK10. Apabila kesulitan dalam menentukan kurs tanggal neraca. Pada tanggal transaksi diakui. 4. kewajiban.

maka seluruh selisih kurs diakui dalam periode tersebut 3... Jika timbul dan selesainya suatu transaksi berada dalam beberapa periode akuntansi maka selisih kurs harus diakui untuk setiap periode dengan memperhitungkan perubahan kurs masing-masing periode Kurs KursMata MataUang UangAsing Asing Kurs mata uang asing (foreign currency exchange rates) ditentukan setiap hari oleh pedagang mata uang asing yang bertindak sebagai agen untuk individu atau negara yang memperdagangkan mata uang asing Kurs Mata uang Asing ada 2 : 1. Kurs Tidak langsung (InDirect Exchange Rate/ IER) 5 .Transaksi TransaksiMata MataUang UangAsing Asing 1. Kurs Langsung (Direct Exchange Rate/ DER) 2.PSAK PSAK10. Keuntungan dan kerugian akibat translasi harus dinyatakan dalam perhitungan laba rugi saat kurs mengalami perubahan 2. Bila timbulnya dan penyelesaian suatu transaksi berada dalam satu periode akuntansi yang sama. 10.

400 = $ 0. Dari sudut pandang entitas Indonesia.0000806 6 .400 dapat diperoleh 1 dolar AS.400. kurs langsung dapat dipandang sebagai besarnya rupiah untuk memperoleh satu unit mata uang asing. kurs tidak langsung yaitu 1 : Rp 12.400 dapat diperoleh 1 dolar AS. Kurs Kurstidak tidakLangsung Langsung banyaknya unit mata uang asing yang dapat diperoleh dengan 1 unit mata uang (Rp) Rasio kurs Tidak langsung sbb: IER = 1 FCU Nilai Setara Rupiah Contoh: jika dengan Rp 12.Kurs KursLangsung Langsung Adalah banyaknya unit mata uang lokal (local currency units LCUs) yang diperlukan untuk memperoleh satu unit mata uang asing (foreign currency unit-FCU). kurs langsung dari rupiah terhadap dolar AS adalah sebesar Rp 12. Rasio kurs langsung sbb: DER = Nilai Setara Rupiah 1 FCU Contoh: jika dengan Rp 12.

032 7 .032 Rp 8.0001091 $ 0. satu rupiah memperoleh lebih banyak unit mata uang asing KURS MELEMAH 3.027 Rp 9.000 pada tanggal 1 Januari 2011 . Untuk menentukan nilai setara rupiah dari $25.000. Lebih sedikit mata uang rupiah yang diperlukan untuk memperoleh 1 unit mata uang asing 2. digunakan perhitungan sbb: Nilai setara rupiah = unit mata uang asing x kurs langsung Rp 225.000 x Rp 9.0001107 $0.760 Kurs tdk Langsung (Dollar Per 1Rp $ 0.167 Rp 9.000 = $ 25. Lebih banyak mata uang indonesia yang diperlukan untuk memperoleh 1 unit mata uang asing 4. satu rupiah memperoleh lebih sedikit mata uang asing Contoh Contoh Kete April Mei Januari Maret 2010 2010 2011 2011 Kurs Langsung (Rp – Setara dgn 1 dollar) Rp 9.Kondisi KondisiJika JikaAda AdaPerubahan PerubahanKurs Kurs Kondisi Jika ada Perubahan Kurs KURS MENGUAT: 1.0001109 $ 0.0001141 Contoh: suatu perusahaan manufaktur AS menjual mobil buatan Amerika seharga $25.800.

nilai setara rupiah dari $25. penguatan ini mempunyai dampak negatif pada perusahaan Indonesia yang menjual produk di negara tersebut.000: . 070 = Rp 100.000.000 x $ 0. Ekspor Indonesia ke AS akan lebih mahal bagi pelanggan AS.000. Contoh: perusahaan manufaktur Indonesia menjual mesin buatan Indonesia seharga Rp 100.000. Untuk menentukan nilai setara mata uang asing (dolar) dari Rp 100.000.Contoh: Antara jan sampai dengan maret 2011.0001107 8 . digunakan perhitungan sbb: Nilai setara rupiah = unit mata uang asing x kurs langsung Rp 219.000.000 = $ 25. kurs langsung turun saaat dollar menguat relatif terhadap Euro Pada maret 2011.000 pada tanggal 1 Januari 2011 digunakan perhitungan berikut: Nilai Setara Mata uang Asing= unit Rupiah x kurs Tidak angsung $ 11.000 x Rp 8.760 Menguatnya rupiah menguntungkan perusahaan Indonesia yang membeli barang dari negara lain.

167 Rp 8. Kurs tidak langsung meningkat → dolar melemah (perlu lebih banyak dolar AS untuk memperoleh 1 rupiah) 3. Antara April 2010 dan Mei 2010 melemahnya Rupiah: 1.760 $0.Hubungan Hubunganantara antaraMata Matauang uangdan danKurs Kurs Keterangan Kurs Langsung ( Rp/$) Kurs Tidak langsung ($/Rp) April 2010 Mei 2010 Maret 2011 Rp 9. Kurs langsung meningkat → rupiah melemah (perlu lebih banyak mata uang rupiah untuk memperoleh 1 dolar) Kurs tidak langsung turun → dolar menguat (perlu lebih sedikit dolar AS untuk memperoleh 1 rupiah)Impor Indonesia umumnya turun secara kuantitas → barang luar negeri yang diimpor ke Indonesia lebih mahal dalam rupiah Ekspor dari Indonesia umumnya naik secara kuantitas → barang ekspor Indonesia lebih murah dalam rupiah 9 . Ekspor dari Indonesia umumnya turun secara kuantitas → barang ekspor Indonesia lebih mahal (perlu lebih banyak dolar untuk memperoleh barang)Antara 1 Juli 2011 dan 1 Juli 2012.027 Rp 9. 3. Impor Indonesia umumnya meningkat secara kuantitas → barang luar negeri yang diimpor ke Indonesia lebih murah dalam rupiah (Rp 1 dapat memperoleh lebih banyak barang) 4. 4. Kurs langsung turun → rupiah menguat (perlu sedikit mata uang rupiah untuk memperoleh 1 dolar) 2.0001108 $0.0001091 $0. 2.0001141 Antara mei 2010 dan Maret 2011 menguatnya Rupiah: 1.

tidak dapat menyiapkan laporan keuangan konsolidasi jika akun-akun mereka dan akun-akun subsidiaries tidak diungkapkan dalam satu mata uang.  Tidak ada pertukaran fisik yang terjadi. Alasan lain : a. 2.  Nilai ekuivalen mata uang asing domestik diperoleh dengan mengalikan saldo dalam mata uang asing dengan kuota kurs langsung. baik domestic dan luar negeri 3. Skala kegiatan investasi internasional yang meluas saat ini meningkatkan kebutuhan penyampaian informasi kepada pembaca di negara lain yg signifikan menyusun laporan keuangan konsolidasi yang memungkinkan para pembaca laporan untuk mendapatkan pemahaman yang holistic atas operasi perusahaan. Melaporkan hasil operasi independen di luar negeri Terminologi Terminologi KONVERSI  Translasi tidak sama dengan Konversi. Mencatat transaksi valuta asing b.  Konversi : terjadi pertukaran fisik antar mata uang  Translasi hanya perubahan satuan unit moneter. Perusahaan dengan operasi luar negeri yaitu Perusahaan dengan operasi yang luas. 10 .  Tidak ada transaksi terkait yang terjadi.Alasan Alasandilakukan dilakukanTranslasi Translasi 1. seperti bila dilakukan konversi. Melaporkan aktivitas cabang internasional & anak perusahaan c.

Nilai tukar dinyatakan dalam 2 cara: Kuotasi langsung ($1=Rp 9.0001111111111) Pasar FORWARD Kesepakatan mempertukarkan jumlah tertentu suatu mata uang dengan mata uang lain di masa yang akan datang Pasar FORWARD Bid quote : jumlah yang dibayar pedagang (dealer) untuk suatu mata uang asing Ask quote : kurs yang diminta dealer yang menjual suatu mata uang asing Transaksi SWAP Transaksi bila pembelian spot dan penjualan forward atau penjualan spot dan pembelian forward mata uang asing terjadi bersamaan. Valuta Fungsional Valuta utama sebuah perusahaan dalam melakukan operasinya di luar negeri. biasanya valuta negara tempat operasi perusahaan yang bersangkutan. 11 .Terminologi Terminologi Pasar SPOT Kesepakatan mempertukarkan jumlah tertentu suatu mata uang dengan mata uang lain yang harus diserahkan dalam 2 hari. SPREAD Laba (profit) yang diperoleh dari perbedaan harga pembelian (harga bid) dengan harga jual (harga asking).000) Kuotasi tidak langsung (Rp1=$0.

Kurs Historis adalah kurs nilai tukar pada saat suatu aktiva dalam mata uang asing pertama kali diperoleh. 3. 2.Pengaruh PengaruhTranslasi Translasipada padapelaporan pelaporanKeuangan Keuangan ALTERNATIF KURS 1. transaksi dalam mata uang asing terjadi pada saat suatu perusahaan membeli atau menjual barang dengan pembayaran yang dilakukan dalam suatu mata uang asing atau ketika perusahaan meminjam atau meminjamkan dalam mata uang asing. tetapi diukur atau dicatat dalam mata uang yang lain 12 . Pengaruh penggunaan kurs terhadap laporan keuangan 4. Penggunaan kurs kini menimbulkan terjadinya keuntungan atau kerugian translasi. atau ketika suatu kewajiban dalam mata uang asing pertama kali terjadi. Suatu transaksi mata uang asing dapat berdenominasi dalam satu mata uang. Kurs rata-rata (average) adalah rata-rata sederhana dari kurs nilai tukar kini dan historis. Kurs kini (current) adalah kurs nilai tukar pada saat tanggal laporan keuangan. Penggunaan kurs nilai tukar historis melindungi laporan keuangan dari keuntungan dan kerungian translasi mata uang asing 5.

000 Jika pada Awal Juli 2011 kurs Rp 14. maka perusahaan mengalami kerugian sbb: Nilai Rupiah setara $ 5.000 = $ 5.000.000 1 Jan 2011. yang mencerminkan bahwa rupiah menguat pada tanggal 1 juli.000 1 Juli 2011 ( $ 5.000. dngan memiliki Dollar ($) selama dollar tsb melemah .Keuntungan Keuntungandan danKerugian Kerugiantranslasi translasi Keuntungan/kerugian transaksi : perbedaan di antara kurs pertukaran pada tanggal pencatatan transaksi dan kurs pada tanggal pelunasan x jumlah terutang dalam mata uang asing. Kurs Langsung Rp 14.000 dengan perhitungan sbb: Nilai setara rupiah = unit mata uang asing x kurs langsung Rp 71.200 = $1: sehingga perusahaan membayar Bank sebesar Rp 71. maka terjadi penurunan.000 Nilai Rupiah setara $ 5.100 .400 Jurnal: Unit Mata Uang Asing Rp 71.000 Kerugian transaksi mata uang asing Rp 500. untuk itu digunakan dlam pembelian barang dimasa depan suatu perusahaan di AS.000 x Rp 14.000 untuk $ 5.100) Rp 70.000.000.000 x Rp 12. Contoh: Sebuah Perusahaan Indonesia memperoleh $1 = Rp 5.000 x Rp 14.000 Jurnal: Kerugian transaksi Mata uang Asing (Rugi Kurs)Rp 500.000 13 .500.200) Rp 71.000.000 Kas Rp 71.000 Unit Mata Uang Asing Rp 500.000 1 Jan 2011 ( $ 5.

Secara terminologis.Pengaruh PengaruhTranslasi Translasipada padapelaporan pelaporanKeuangan Keuangan Hedging berasal dari bahasa Inggris hedge yang berarti “lindung nilai. dalam kamus lengkap ekonomi disebutkan bahwa hedging adalah suatu tindakan untuk mengurangi ketidakpastian mengenai gerak harga di masa yang akan datang dari suatu “komoditi” (commudity) “surat-surat berharga” (financial sucurity) dan “mata uang asing” (foreign currency) 14 .

Akuntansi Berkemajuan SEKIAN Mohon kritik dan saran Terima kasih .Akuntansi Jaya.