You are on page 1of 14

Kategori Sensor Dan

Jenis Sensor
By:
Fathul Hidayat
Riri Vebi Antika
Sylvia Mulyasari

panas dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik .Pengertian Sensor Sensor adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi atau mengukur sesuatu yang dapat mengubah variasi mekanis. magnetis. sinar.

Sensor Kimia .Kategori Sensor 1. Sensor Fisika 3. Sensor Biologi 2.

Sensor Biologi • Merupakan perangkat sensor yang menggabungkan senyawa biologi dengan tranduser • Transduser yaitu komponen atau elemen pendeteksi yang mengubah sinyal yang dihasilkan dari interaksi antara analit dan bioreseptor menjadi sinyal lain yang lebih mudah dibaca dan diukur .1.

mikroba. Hasil interaksi berupa panas.Prinsip Kerja Sensor Biologi 1. protein / enzim 2. arus listrik. dll . Biokatalis atau Bioreseptor berupa jaringan.

Pengaplikasian Sensor Biologi • Alat pendeteksi kadar gula dalam darah yang menggunakan teknologi sensor biologi .

Sensor penyandi h.2. Sensor magnet c. Sensor kecepatan g. Sensor sinar d. Sensor tekanan f. Sensor suhu i. Sensor gerak dan sensor level . Sensor Fisika Merupakan sensor yang mendeteksi suatu besaran berdasarkan hukum-hukum fisika Jenis-jenis sensor fisika : a. Sensor ultrasonik e. Sensor proximity b.

Sensor Proximity merupakan sensor atau saklar yang bekerja berdasarkan jarak objek terhadap sensor yang dapat mendeteksi jenis logam Jenis sensor proximity Proximity Inductive Berfungsi mendeteksi obyek besi atau metal Proximity Capacitive Berfungsi mendeteksi semua obyek metal maupun nonmetal .

Fotolistrik : sensor yang berprinsip kerja berdasarkan pantulan .Fotovoltaic : sensor sinar yang mengubah energi sinar menjadi energi listrik 2.Sensor Sinar • Terdapat 3 jenis sensor : 1.Fotokonduktif : sensor yang semakin tinggi intensitas cahaya yang di terima maka semakin kecil nilai tahanan 3.

Sensor Magnet Sensor yang akan terpengaruh medan magnet dan akan memberikan perubahan kondisi pada keluaran Sensor Ultrasonik Sensor yang bekerja berdasarkan pantulan gelombang suara Sensor Tekanan Berfungsi mengukur tegangan kawat dengan mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik Sensor Kecepatan Suatu poros/ obyek yang berputar pada generator akan menghasilkan tegangan yang sebanding kecepatan objek .

Sensor Penyandi Sensor yang mengubah gerakan linear atau putaran menjadi sinyal digital Sensor Suhu Sensor yang mengubah panas menjadi besaran listrik Sensor Gerak Sensor yang mengubah gaya gerak menjadi besaran listrik Sensor Level Sensor yang berfungsi mendeteksi ketinggian/volume suatu cairan /solid .

Sensor PH :digunakan untuk mengetahui asam/basa cairan 2.Sensor kimia adalah sensor yang mendeteksi jumlah suatu zat kimia dengan mengubah besaran kimia menjadi besaran listrik Terdapat 3 jenis sensor kimia : 1. Sensor gas : digunakan untuk mengetahui adanya gas pada kondisi tertentu 3. Sensor ledakan : untuk mengetahui adanya ledakan . Sensor oksigen : untuk mengetahui kadar oksigen 4.

Sensor PH Sensor gas Sensor oksigen .