You are on page 1of 21

PIRO

METALLURGY
UNTUNG SUKAMTO
HASYWIR THAIB

DEFINISI PIROMETALLURGY
PROSES MENDAPATKAN METAL
DARI ORE, KONSENTRAT, SLAG,
SCRAP, DLL. DENGAN CARA
PEMANASAN (> 500OC) YANG
MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR
PADAT, CAIR, MAUPUN GAS.
PROSES PEMANASAN DIGUNAKAN
TANUR, YANG DILAPISI
REFRACTORY

FENOMENA PIROMETALURGY  BERLANGSUNGNYA REAKSI KIMIA YANG MENGHASILKAN LOGAM DARI SENYAWA-SENYAWANYA  TERBENTUKNYA DUA FASE ATAU LEBIH YANG MEMUNGKINKAN TERPISAHNYA LOGAM YANG DIKEHENDAKI DARI YANG TIDAK DIKEHENDAKI ( SLAG) .

SLAG ATAU TERAK  SG LEBIH RINGAN DARI METAL. SEHINGGA SELALU ADA DIBAGIAN ATAS  VISKOSITAS KECIL. P2O5)  SLAG MERUPAKAN HASIL REAKSI ANTARA FLUX DENGAN METAL PENGOTOR . LEBIH ENCER DARI LOGAM CAIR  TIDAK MELARUTKAN LOGAM KASAR (RAW METAL) MAUPUN DINDING TANUR (REFRAKTORY HRS SESUAI)  SLAG ADA YANG BASA (SENYAWA OKSIDA) DAN ASAM (MENGANDUNG SiO2.

METALOTHERMIC  PROSES PELEBURAN REDUKSI DENGAN MENGGUNAKAN LOGAM LAIN  DILAKUKAN BILA TIDAK DAPAT DIREDUKSI DENGAN KARBON. TDK DAPAT DIREDUKSI DENGAN KARBON.  KERUGIANNYA ADALAH REDUKTORNYA RELATIF MAHAL . KECUALI PADA TEMPERATUR TINGGI ATAU OLEH HIDROGEN  DEMIKIAN JUGA UNTUK LOGAM YANG MEMBENTUK KARBIDA.

HYDRO METALLURGY .

PENGENDAPAN. PENGUAPAN.HYDROMETALLURGY  PROSES MENDAPATKAN METAL DENGAN JALAN PELARUTAN / PELINDIAN (LEACHING) SELECTIVE  METAL DIAMBIL DARI LARUTAN KAYA DENGAN ION EXCHANCE. SOLVENT EXTRACTION  PEMURNIAN .

ION EXCHANGE. FILTER)  PENGAMBILAN METAL DARI LARUTAN KAYA / PREGNANT SOLUTION (SOLVENT EXTRACTION. PENGENDAPAN.TAHAPAN DALAM HYDROMETALLURGY  KOMINUSI & SIZING  PENGHILANGAN SLIME (THICKENER)  PROSES LEACHING (DENGAN AGITATOR) DIDAPATKAN LARUTAN KAYA (PREGNANT SOLUTION)  PEMISAHAN LARUTAN KAYA DENGAN PADATAN (DENGAN THICKENER. DLL)  PEMURNIAN .

FAKTOR PELARUTAN          KEADAAN BIJIH UKURAN PARTIKEL KEKUATAN LARUTAN pH LARUTAN % SOLID LAMANYA PROSES PELARUTAN AGITASI DAN AERASI PENGARUH TEMPERATUR PENAMBAHAN REAGEN LAIN .

METODE PELARUTAN  LEACHING IN PLACE/ DITEMPAT  HEAP LEACHING  DUMP LEACHING  SLIME LEACHING  PRESURE LEACHING. OKSIGEN DIMASUKKAN DENGAN TEKANAN TINGGI .

DUMP LEACHING .

HEAP LEACHING .

ELECTRO METALLURGY .

ELECTRO THERMIC PROCESS 5.ELECTROMETALLURGY  PROSES MENDAPATKAN METAL DENGAN MENGGUNAKAN ENERGI LISTRIK  TENAGA LISTRIK DAPAT DIUBAH MENJADI PANAS. ELECTRO PLATTING 4. ELECTROLISA GARAM LEBUR (FUSED SALT ELECTROLYSIS) . SEHINGGA DAPAT DILAKUKAN PELEBURAN DAN DAPAT PULA DIGUNAKAN SEPERTI PADA PROSES ELEKTROLISIS  TERMASUK ELECTROMETALLURGY: 1. ELECTRO REFINING 3. ELECTRO WINNING 2.

dll. Pelapis : Cr. Sn. Pt. warna yang menarik. Cu. Au. Pada Electrowinning terjadi pengendapan logam tertentu dari logam yang berada pada elektrolit ke katoda  Pada Electrorefining logam yang dimurnikan dicetak sebagai anoda. Ag. anoda (+) Tujuan : tahan korosi. dsb. larutan platting. sehingga terjadi perpindahan logam dari anoda (reaksi oksidasi) ke katoda (reaksi reduksi)  Pada Electroplatting terdiri dari sistem platting yaitu : cell. . katoda (-) barang yang dilapis. Ni.

Mg. Li. Na. Ca. Ba.Elektrolisis . Ti dll  Arus listrik digunakan untuk : .Sumber panas .FUSED SALT ELCTROLYSIS  Beberapa logam tidak bisa membentuk water solution. hanya bisa sebagai molten salt. contoh : Al.

ferro chromium dan ferro tungsten  Keuntungan : Produkta rendah sulfur.Digunakan pada pembuatan ferro alloy.Panas bahan bakar tidak cukup . temperatur peleburan mudah diatur. untuk melebur logam  Digunakan bila : .Listrik lebih murah dari bahan bakar .ELECTRO THERMIC PROCESS  Arus listrik digunakan untuk sumber panas. tidak ada gas dan abu .

ELECTRO REFINING .

ELECTRO PLATTING .

TUGAS MAHASISWA  APAKAH PERBEDAAN ANTARA ELECRO WINNING DENGAN ELECTRO REFINING  APAKAH YANG DIMAKSUD METALO THERMIK DAN ELECTRO THERMIK  APAKAH HUBUNGAN ANTARA UKURAN MATERIAL DENGAN PROSES PBG YANG MENGGUNAKAN JIG DAN FLOWING FILM CONCENTRATION .