You are on page 1of 16

ASPEK PASAR

Studi Kelayakan Bisnis-B Anggota Kelompok : 1. 2. 3. 4. 5. Anastasia Della N (140810301060) Risqi Rina Putri L (140810301118) Denis Nabila S (140810301123) Hening Cahyani (140810301129) Putri Wigrha (140810301134) .

Apa yang dimaksud dengan Pasar ? .

.

Faktor yang mempengaruhi penawaran Harga barang lain Biaya faktor produksi Tujuan perusaha an Tingkat teknologi .

BENTUK PASAR Dari sisi produsen • • • • Pasar persaingan sempurna Pasar monopoli Pasar oligopoli Pasarpersaingan monopolistik Dari sisi konsumen • Pasar konsumen • Pasar industri • Pasar penjual kembali .

Mengestimasi total permintaan pasar 1 Mengukur Permintaan Pasar Saat Ini 2 3 Mengestimasi wilayah permintaan pasar Mengestimasi penjualan aktual dan pangsa pasar .

Meramal Permintaan Mendatang Cara untuk meramal penjualan masa datang: Dengan menanyakan kepada mereka Survey niat pembeli Pendapat para tenaga penjual (wiraniaga) secara langsung. . Perusahaan meminta para tenaga penjualnya untuk mengestimasi penjualan tiap produk. kemudian semua estimasi individu dijumlahkan untuk mendapat ramalan penjualan secara keseluruhan.

Menyerahkan disiapkan kuesioner kepada para yang sudah ahli dalam bidangnya masing-masing.Pendapat para ahli Pendapat yang dihasilkan berdasarkan data dan analisis yang lengkap dan ilmiah baik dari para akademisi maupun dari para praktisi. Buat ringkasan data dari kuesioner putaran pertama yang telah disebarkan. Untuk mengetahui pendapat para ahli. Langkah kerja teknik Delphi Sebagai berikut: 1. data dari kuesioner . Buat ringkasan putaran kedua. 3. 2. dapat digunakan teknik Delphi.

Rumus: Y=a+bX Harga a dihitung dengan rumus: Y ( X )   X   XY  a n  X  ( X ) 2 2 2 Harga b dihitung dengan rumus: b n XY   X  Y n  X 2  ( X ) 2 .Analisis Regresi Seperangkat prosedur statistik untuk menemukan faktor-faktor nyata yang paling penting yang mempengaruhi penjualan.

musim dan residu yang prosesnya dapat menggunakan prosedur statistika. . suklus.Analisis Deret Waktu Analisis Deret Waktu adalah analisis yang memakai data kuantitatif masa lalu dimana data dirinci menjadi komponenkomponen trend.

Metode ini berbentuk linier sederhana. .Analisis Deret Waktu Analisis ini dapat menggunakan metode Kuadrat Terkecil (Least Square).

Analisis Rantai Markov Analisis Rantai Markov adalah alat analisis yang dapat digunakan untuk meramalkan pangsa pasar saat ini dan masa datang. Analisis ini dilakukan dengan menyurvei pasar menggunakan kuesioner. Analisis ini banyak digunakan dalam manajemen operasional. .

Implikasi pada SKB Dengan menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan permintaan konsumen dan penawaran produsen serta bentuk dari pasar : 1. baik dari sisi konsumen maupun produsen 3. baik dimasa sekarang maupun dimasa yang akan . Mampu menetukan jenis pasar yang dipilih. Mampu melakukan analisis untuk dapat menentukan pergerakan permintaan konsumen terhadap produk yang akan dijual serta pergerakan kemampuan produsen dalam penawaran di pasar. Mampu menetukan produk atau jasa yang dijadikan banchmark bagi rancangan produk jasa yang diperjual belikan 2.

Dengan melakukan analisis pada kasus perencanaan akan perdagangan suatu produk telfon genggam yang telah banyak diperdagangkan .Contoh sederhana dalam menganalisis peramalan pangsa pasar dengan Teknik Rantai Markov Rantai Markov merupakan salah satu model riset operasi yang banyak dipakai dalam manajemen operasional. . Dengan melakukan analisis menggunakan teknik Rantai Markov dapat memperkirakan perubahan-perubahan dimasa datang dalam variabel dinamis atas dasar perubahan dari variabel tersebut dimasa lalu. Dikembangkan untuk aplikasi dalam pemasaran.

Hal ini dapat dianalisis dengan membandingkan pangsa pasar masa datang dengan pangsa pasar diwaktu yang telah lalu.Langkah-langkah proses analisis menggunakan teknik Rantai Markov : 1. Melakukan analisis terhadap salah satu merk telepon genggam yang diamati dengan membandingkannya dengan merk lainnya (lihat eksibit 1) 3. Membuat kuesioner yang terdiri atas 3 bagian yakni : a) b) c) Produk yang sedang banyak dipakai dan alasan pemakaian serta daya tarik dari produk tersebut. hanya disini yang digunakan bagi reponden yang pernah menggunakan merk lain. Hasil yang didapatkan dengan melakukan perhitungan untuk periode medatang. . 2. Menggunakan 1 pertanyaan untuk mengetahui apakah responden pernah menggunakan merk lain Pertanyaan yang diajukan sama dengan (point a).