You are on page 1of 24

AKAL HATI, QALBU

DAN
ZIKIR

IMAM AL-GAZALI TENTANG TAZKIYAT AN-NAFS (PENYUCIAN JIWA) .

Ar-ruh. . alqalb. yakni: 1.IMAM AL-GAZALI TENTANG TAZKIYAT AN-NAFS (PENYUCIAN JIWA) Ada EMPAT istilah yang berkaitan erat dengan topik bahasan tazkiyat an-nafs. 4. al-aql 2. Nafs 3. Keempat istilah ini mempunyai perbedaan dan masing-masingnya memiliki dua pengertian. yakni pengertian fisik dan psikis.

tawadhu’. sum’ah mencintai keburukan dan kemaksiatan. mencintai kebaikan. sombong. (yaitu) pada hari ketika harta dan anak-anak tidak berguna. yakin. hasad. keinginan dan kecintaannya mengikuti kecintaan Allah. kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih[a] [a]. Oleh karena itu hatinya ikhlas. jujur. keraguan. tulus.HATI 88. kemunafikan. Hati yang bersih di sini maksudnya adalah hati yang bersih dari syirk. dengki. lapang dada dan memaafkan. menipu. . di mana dengannya ia dapat selamat dari siksa dan berhak memperoleh pahala. Inilah hati yang bermanfaat bagi seseorang di sisi Allah. 89. riya’. dendam.

maka rusaklah seluruh tubuh. Jika segumpal darah itu baik. maka baiklah seluruh tubuh. Namun. Ketahuilah. Bukhori dan Muslim) . “Sesungguhnya di dalam tubuh ada segumpal darah. segumpal darah itu adalah hati.” (HR.HATI Rasulullah Saw. jika segumpal darah itu rusak. bersabda.

SIFAT HATI DITENTUKAN OLEH : • AKAL • NAFSU .

NUR ALLAH “Penyatuan ” “BesertaNya” Nampak RUH (bersifat Suci) bersifat AlLatifah (Kelembutan) *) Hidayah Rahmat Rahim *) Indera *) Setan Maksiat AKAL *) + NAFSU *) *) Kemaua n ALLAH *) Pencegahan *) QALBU terbuka Kalau KLIK *) Klik yang benar Jika : Rukun Islam Rukun Iman Perbuatan Baik Zikir *) Berdo’a *) Bertaubat *) AlQur’an Al-dan Hadist .

.

.

.

.

tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Aku. Aku ini Allah. maka sembahlah Aku dan laksanakanlah shalat untuk mengingat Aku. .AT-THAHA (20) AYAT 14 Sungguh.

SYUKUR SABAR TAWAKKA L IKHLA .

Jalan rezeki Ujian keluar dan .

Perilaku Akal Hati Istiqamah .

karena sempurnanya ibadah tergantung sejauh mana pengenalannya kepada Allah. bahkan setiap kali seorang hamba bertambah ma’rifatnya. Mahatinggi Allah Yang Mahakaya dan tidak butuh kepada seorang pun dari berbagai sisi.Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT : AL-ANFAAL (8) AYAT 29 Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka kepada-Ku Inilah tujuanberibadah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menciptakan jin dan manusia. yakni untuk beribadah kepada-Nya yang di dalamnya mengandung ma’rifat (mengenal)-Nya dan mencintai-Nya. dan Dia mengutus para rasul untuk menyeru kepadanya. Hal ini tergantung pada ma’rifat (mengenal)Nya. maka ibadahnya semakin sempurna. Dia tidak menginginkan rezeki dari mereka dan tidak menginginkan agar mereka memberi-Nya makan. Untuk inilah Allah menciptakan manusia dan jin. dan mendatangi-Nya serta berpaling dari selain-Nya. bahkan semua makhluk butuh kepada-Nya dalam . kembali kepada-Nya. bukan karena Dia butuh kepada mereka.

ITULAH FUNGSI MANUSIA .

? PERAN MANUSIA AL-BAQARAH (2) AYAT 30 Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat. "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana. "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui . sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?" Dia berfirman." Mereka berkata. "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi.

PERAN MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH Peran manusia sebagai khalifah dijalankan sesuai fungsi PENYEMBAHANNYA kepada Allah .

kita bisa membeli rumah Tapi tidak bisa membeli tempat tinggal Mungkin saja…….. dengan uang kita bisa membeli tempat tidur Tapi tak satupun dari kita bisa membeli tidur Atau…. dengan uang kita bisa membeli buku Tapi belum tentu bisa membeli pengetahuan . Mungkin juga……. dengan uang kita bisa membeli jam Tapi tidak bisa membeli waktu Mungkin juga…….Mungkin dengan uang …….

.Mungkin saja Dengan uang kita bisa mendapat posisi Tapi belum tentu bisa mendapat rasa hormat Atau….. Mungkin dengan uang …… kita bisa mendapat darah Tapi pasti dengan uang…. Kita tidak bisa membeli kehidupan JADI……..

Menuju KEBAHAGIAAN ..JANGANLAH MENCARI KEBAHAGIAN DENGAN UANG Temukanlah kebahagiaan di dalam dirimu… di dalam hatimu… Karena di dalam hati mu ada CAHAYA ILAHI Yang senantiasa menerangimu….

UNTUK KITA RENUNGKAN .