You are on page 1of 26

Tahapan Operasi

Pemboran Pabum
FABIOLA LADY
KRISNANDA
13140039

Tahapan Operasi Panas Bumi
Eksplorasi

Data Foto
Udara
Data Geologi

Data Geofisika

Pemetaan
Vulcanolog
y
Manifestas
i
Resistivity, MT (Magneto Tellurik),
Gravity, Density

Data
Geohidrologi
Data Geokimia
Pembora
n

Pemboran
Dangkal
(Landaian
suhu)

Pemboran
Eksplorasi
(min. 3 well)

Prospek

Tahapan Operasi Panas Bumi Prospek Eksploit asi Pemboran Produksi Pengembang an surface facilities Pembanguna n power plant .

  .Interpretasi foto udara merupakan kegiatan menganalisa citra foto udara dengan maksud untuk mengidentifikasi dan menilai objek pada citra tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip interpretasi .Eksplorasi Data Foto Udara .Foto udara dapat memberikan data dalam pembuatan dan penyempurnaan peta geologi yang merupakan perangkat dasar dari eksplorasi geologi.

Eksplorasi Data Geologi Pemetaan .

daerah prospek panas bumi ditemukan di ring of fire dan berada pada post vulkanik. ilmu vulkanologi sangat penting dalam eksplorasi panas bumi untuk mengetahui data-data gunung api yang prospek sebagai panas bumi . Maka.Eksplorasi Data Geologi Volcanolog y Seperti kita ketahui.

Eksplorasi Data Geologi Manifesta si Fumarol Fumarol adalah lubang kecil yang memancarkan uap panas kering (dry steam) atau uap panas yang mengandung butiran— butiran air (wet steam) Geyser adalah mata air panas yang menyembur ke udara secara intermittent dengan ketinggian air beraneka ragam. merupakan manifestasi permukaan system dominasi air Mata air panas Mata air panas ini terbentuk karena danya aliraan air panas dari bawah permukaan melalui rekahan-rekahan batuan Geyser .

Adanya perbedaan massa jenis batuan dari suatu tempat dengan tempat lain menimbulkan medan gravitasi yang tidak merata dan perbedaan inilah yang terukur di permukaan bumi. Inhomogenitas batuan pembentuk litosfer akan memberikan kontras densitas batuan beserta pendekatan keterdapatan struktur maupun perubahan jenis batuan secara vertikal dan horisontal. Perbedaan terjadi karena distribusi massa jenis batuan yamg tidak merata. berdasarkan sebaran pola anomalinya Metode gravitasi menggunakan hukum Newton п tentang gravitasi. yang mengukur adanya perbedaan kecil dari massa bumi yang besar.Eksplorasi Data Geofisika Gravit y Metode gravitasi pada dasarnya adalah mengukur besaran densitas batuan. . Metode ini dilakukan untuk membuat peta anomali gravitasi dengan tujuan mengetahui pola penyebaran batuan dan kondisi geologi serta struktur daerah tersebut.

Eksplorasi Data Geofisika Hasil survey metode Gravity .

digunakan untuk memperkirakan kondisi geologi bawah permukaan yang didasarkan pada distribusi resistivitas mediumnya. baik secara lateral maupun vertikal. Pengukuran sifat kelistrikan batuan tersebut dilakukan dengan menerapkan Hukum Ohm.Eksplorasi Data Geofisika Resistivita s Prinsip metode resistivitas adalah mengalirkan arus ke dalam bumi dan mengukur beda potensial pada titik tertentu. V(volt) = I (ampere) . R(ohm) .

Respon tersebut berupa komponen horizontal medan magnet dan listrik bumi yang diukur pada permukaan bumi pada posisi tertentu . Tahanan jenis dari metode ini dihitung berdasarkan perbandingan magnet. besarnya medan listrik dan medan . Metode ini mengukur respon bumi dalam besaran medan listrik (E) dan medan magnet (H) terhadap medan elektromagnetik (EM) alam.Eksplorasi Data Geofisika MT (Magneto Tellurik) Metode MT memanfaatkan gelombang elektromagnetik.

Eksplorasi Data Geofisika MT (Magneto Tellurik) .

Eksplorasi Data Geohidrologi Tujuan Survei Geohidrologi adalah untuk mengetahui siklus air tanah dalam dimana pada sistem panas bumi untuk mengetahui aliran air dari recharge area ke dalam reservoir .

karakterisasi fluida di bawah permukaan.memperkirakan problema-problema yang mungkin terjadi (korosi dan scale) .memperkirakan jenis dan temperatur reservoir (Geothermometer) .asal muasal air .Eksplorasi Data Geokimia Pada tahap ini sampel fluida dan gas harus diambil dari semua manifestasi yang ada di daerah tersebut dan di daerah sekitarnya untuk dianalisis kandungannya Selain itu juga perlu dibuat peta manifestasi permukaan. . Hasil analisis kimia berguna untuk : . yaitu : peta yang menunjukkan lokasi serta semua jenis manifestasi di daerah tersebut.

Menentukan jenis air Data Geokimia Jenis Air ba Segitiga Giggenbach .

Data Geokimia Geothermometer .

05  t.0000 0.SK I 84.5583 0.1653 0.CO2  36.0051 0.1 jika % CO2 < 75 PCO2 = 1.1613 1.3689 0.Data Geokimia Rumus dan perhitungan Analisa Sampling Gas KODE CO2 H2S SO2 NH3 H2 O2+Ar N2 CO CH4 FM.8202 1.0984 5.gas  24775 Note : PCO2 = 0.0 jika % CO2 > 75 PCO2 = 10 jika % CO2 > 75 CH4 > 2H2 H2S > 2H2 .0530 1.SK II 84.5678 0.1913 7.0004 0.1060 3.6022 0.4583 0.4140 Rumus D’Amore & Panichi (1981)   1   273  2 log (CH 4 / CO2 )  6 log ( H 2 / CO2 )  3 log ( H 2 S / CO2 ) 7 log P.0001 FM.3694 5.

Pemboran Eksplorasi .

Bila luas area tersebut sekitar 10-100 km 2 biasanya dibor 1-5 sumur eksplorasi.  Jumlah sumur eksplorasi tergantung dari besarnya luas daerah yang diduga mengandung energi panasbumi.Pemboran Eksplorasi  Tujuan dari tahap ini adalah untuk membuktikan adanya sumberdaya panasbumi di daerah yang diselidiki dan menguji model sistem panasbumi yang dibuat berdasarkan data-data survei lanjut. karena merupakan suatu indikasi ditembusnya rekahan yang diharapkan merupakan media tempat mengalirnya fluida .  terjadinya loss of circulation sangat diharapkan.

Pemboran Eksplorasi Landaian Suhu Landaian suhu normal Landaian suhu hasil pemboran geothermal .

. litologi dan struktur geologi) serta untuk mengetahui landaian suhu dan batas daerah prospek pada lapangan panasbumi. Adapun tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran keadaan geologi bawah permukaan (pengaruh ubahan hidrothermal. ditunjukkan dengan landaian suhu yang terus meningkat suhunya Keseluruhan hasil survei akan digunakan sebagai data dasar dalam penyelidikan selanjutnya dimasa yang akan datang.Pemboran Eksplorasi Landaian Suhu Maksud dilakukan survei landaian suhu adalah untuk mengetahui ada tidaknya anomaly temperatur pada lubang sumur dan untuk menguji daerah anomaly geolistrik (tahanan jenis rendah < 10 ohm-m) dari hasil penyelidikan terdahulu. Daerah prospek panas bumi merupakan daerah yang memiliki suhu yang tinggi.

Dari seluruh kegiatan eksplorasi. setelah ditemukan daerah yang prospek. kemudian dilakukan pengembangan untuk sumur produksi panas bumi Pengembangan Surface Facilities dan Power Plant .

.

.

.

TERIMAKASIH .