You are on page 1of 13

ASUHAN KEPERAWATAN

PADA Tn.A DENGAN PRE OP HNP
( Hernia Nukleus Pulposus )

1. Anisa Ayu Pradhipta ( 05 )
2. Rukmana Yoga Persada
( 38 )

. yang disertai dengan kompresi dari akar – akar syaraf (betticaca.PENGERTIAN HNP Hernia nukleus pulposus ( HNP ) adalah suatu keadaan yang diakibatkan oleh penonjolan nukleus pulposus ke dalam anulus ( cincin vibrosa disekitar diskus ).2008). Hernia nukleus pulposus adalah suatu keadaan dimana terganggunya saraf-saraf tulang belakang khususnya daerah lumbal sehingga menyebabkan perasaan nyeri daerah punggung yang dapat menjalar ke daerah ekstremitas.

Akibatnya. Annulus fibrosus mengalami perubahan karena digunakan terus menerus.ETIOLOGI Penyebab dari Hernia Nucleus Pulposus (HNP) biasanya dengan meningkatnya usia terjadi perubahan degeneratif yang mengakibatkan kurang lentur dan tipisnya nucleus pulposus. annulus fibrosus biasanya di daerah lumbal dapat menyembul atau pecah (Moore dan Agus. . 2013).

P A T H W A Y .

Nyeri punggung bawah Manifestasi Klinis Paraparesis Hilangnya tonus sfingter Skiatika atau iskialgia .

2.Pemeriksaan Penunjang 3. 7. Mielografi Mielografi merupakan pemerikasaan dengan bahan Pemeriksaan diagnostik menurut muttaqin (2008) : kontras melalui tindakan lumbal dan penyinaran dengan 1.Kadang-kadang didapatkan antrosis menunjang tanda-tanda deformita vertebra. Elektromyografi Dapat menunjukan lokasi lesi meliputi bagian akar dilakukan untuk melihat derajat gangguan pada diskus saraf spinal. Pemeriksaan Laboratorium Pemeriksaan rutin dilakukan dengan laboratorium klinik untuk menilai komplikasi terhadap orang lain dari cidera tulang belakang. Lumbal functur : untuk mengetahui lokasi infeksi dan kondisi cairan serebro. . 5. 6.penyimpatan diskus Intervertebralis. sinar jika diketahui adanya penyumbatan hambatan kanalis Rontgen Foto Limbosakral Tidak banyak didapatkan kelainan. Epidural venogram : menunjukan lokasi hernisiasi. 4. MRI Pemeriksaan MRI didapat melokalisasi protusi diskus kecil jika secara klinilis tidak didapatkan pada MRI maka pemriksaan CT scan dan mielogram dengan kontras dapat spinalis yang mungking disebabkan HNP. vertebralis.

anti inlamasi atau kortikosteroid untuk mengatasi proses inflamasi yang biasanya terjadi pada jaringan penyokong dan radiks saraf yang terkena. 2001). antibiotik diberikan pasca operasi untuk mengurangi resiko infeksi pada insisi pembedahan (Smeltzer. relaksan otot.Penatalaksanaan HNP 1. sedatif (untuk mengontrol kecemasan yang sering ditimbulkan oleh penyakit diskus vertebra servikal).  Fisioterapi . Penatalaksanaan medis :  Pemberian obat-obatan seperti analgetik.

2. Traksi lumbal yang bersifat intermitten. tujuan peleburan spinal adalah untuk menjembatani diskus defektif untuk menstabilkan tulang belakang dan mengurangi angka kekambuhan.graft tulang (dari krista iliaka atau bank tulang) yang digunakan untuk menyatukan dengan prosesus spinosus vertebra . 4. . Disektomi dengan peleburan. Laminektomi Adalah eksisi pembedahan untuk mengangkat lamina dan memungkinkan ahli bedah spinalis. 3. 2001). (Smeltzer. Interbody Fusion (IF) merupakan penanaman rangka Titanium yang berguna untuk mempertahankan dan mengembalikan tulang ke posisi semula. mengidentifikasi dan mengangkat patologi dan menghilangkan kompresi medulla.Pembedahan : 1.

brace atau korset. • Mengajarkan teknik relaksasi napas dalam untuk mengurangi nyeri. • Kompres lembab panas (untuk 10 sampai 20 menit diberikan pada daerah belakang leher beberapa kali sehari untuk meningkatkan aliran darah ke otak dan menolong relaksasi otot bagi klien yang mengalami spasme otot). . traksi servikal. • Anjurkan mempergunakan posisi yang benar dan disiplin terhadap gerakan punggung yaitu membungkuk dan mengangkat barang. • Imobilisasi dengan menggunakan kolar servikal.Penatalaksanaan Keperawatan : • Tirah baring (biasanya 2 minggu) pada alas yang keras atau datar.

kerusakan neuromuskuler. gangguan nyeri terus menerus. • Nyeri akut/ kronis berhubungan dengan agen pencedera fisik. kompresi saraf. • Kurang pengetahuan mengenai kondisi. . spasme otot. • Gangguan mobilitas fisik berhubungan dengan nyeri dan ketidaknyamanan. spasme otot.Diagnosa Keperawatan Diagnosa keperawatan pada klien pre operasi HNP menurut Doenges (2000). • Ansietas berhubungan dengan krisis situasi. prognosis dan tindakan berhubungan dengan kurangnya pengetahuan atau informasi.

K A S U S D A N P R O S E S K E P E R A W A TA N .

PEMBAHASAN .