You are on page 1of 19

Anggota Kelompok

:
* Ulul Amri
* Eko Anik
* Indri
* Retno Intan
* Gudel Astika

Efek Hall .

Efek Hall Sejarah Efek Hall ditemukan oleh Dr. Ia menemukan bahwa jika sebuah magnet di letakkan dan medan magnet tersebut tegak lurus dengan suatu permukaan pelat emas yang dialiri arus. . maka akan timbul beda potensial pada ujung-ujung yang saling berlawanan. Edwin Hall pada tahun 1879 ketika ia sedang menempuh pendidikannya untuk mendapatkan gelar doctor di  Universitas Johns Hopkins di Baltimore.

Efek Hall .

sebuah penghantar yang dikasih arus maka muatan negatif dari penghantar akan bergerak melawan arah arus sedangkan muatan positif akan bergerak searah arus.Efek Hall Prinsip kerja efek hall adalah gaya Lorenz.Sehingga tidak ada beda potensial diujung penghantar yang tegak lurus dengan arah arus.   .

.Efek Hall Beda halnya jika sebuah penghanar yang dialiri arus berada pada sebuah medan magnet yang tegak lurus denganarah arus. Muatan positif dan negatif akan menimbulkan gaya Lorenz yang arahnya sesuai denganaturan tangan kanan.

Efek Hall .

.

* Pengukuran Hall .

* Pengukuran pada wafer atau lapisan homogen untuk semikonduktor tipe-P .

memberikan beda tegangan VH pada sisi +y dan -y .*Pengukuran *  Medan magnet B diberikan ke arah +z tegak lurus arah arus I yang menuju +x * Hukum Lorentz membuat arus terdefleksi ke –y * Muatan terkumpul pada sisi –y.

*Pengukuran *  Beda potensial * Jika * Jika * : arah pembawa muatan selalu ke –y karena jika elektron (-q)(-v)=+qv. jika hole (+q)(+v)=+qv .

*Potensial Hall *  Gaya pada carrier Karena muatan hanya bergerak ke +x: Sehingga potensialnya: .

*Pengukuran Hall *  Koefisien Hall : * Sudut Hall : Dengan .

*Koefisien Hall *  Jika terdapat elektron dan hole: Dalam batas medan B tinggi dan rendah: .

.* Faktor hamburan *  didapatkan dengan asumsi mekanisme hamburan yang independen energi tanpa asumsi ini: Dengan .

*Mobilitas Hall *  Mobilitas hall: .

* Implementasi Pengukuran *  Untuk sampel (b) Dengan dan : .

Untuk lapisan tipis * Koefisien hall lapisan: dan * dengan .* Implementasi Pengukuran *  Dimana perubahan resistansi karena medan magnet.