You are on page 1of 26

DISUSUN OLEH

Kharisma
Vernanda Putri
Izzati/D500130036
Arista
A/D500130144
DwiRahmawati/D50014
Reistu
0056
Widiastutik/D50014008

K

AR

A K

T ERI

AI

K

ST I

R

.

₰ ₢ ₪ Karakteristik Air DEFINISI AIR PROSES TERBENTUKNYA AIR KARAKTERISTIK DAN SIFAT AIR SIFAT-SIFAT KIMIA DAN FISIKA ¶ MANFAAT AIR ¥ .

APA ITU AIR??? .

Menurut Eko Budi (2008) “Air merupakan suatu senyawa kimia sederhana yang terdiri atas 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O)” .

PROSES TERBENTUKN YA ???? .

Siklus .

.

sifat sebagai penyimpanan panas yang sangat baik pelarut yang baik memerlukan panas yang tinggi dalam proses penguapan . air berwujud cair.Karakteristik air Kisaran Suhu kisaran 0˚C (32˚F) – 100˚C.

Air ternyata malah menyusut jika dipanaskan dari suhu 0 ke 4 C .ANOMALI AIR Prinsip Semua zat yang akan memuai jika dipanaskan .tetapi air mempunyai keanehan dalam hal ini.

.

SIFAT-SIFAT FISIKA-KIMIA KECERA HAN DAN KEKERU HAN KOND UKTIVI TAS SUH U WARN A PADATAN TOTAL. LARUTAN TERSUSPE NSI ANOMA LI AIR .

algae dari filum chloropphyta dan diatom akan tumbuh dengan baik pada kisaran suhu berturut-turut 30-35 C dan 20-30 C SUHU .Organisme akuantik memiliki suhu tertentu yang disukai bagi pertumbuhannya.

KECERAHAN DAN KEKERUHAN Kecerahan air tergantung pada warna dan kekeruhan. kecerahan merupahan ukuran transparasi perairan. yang ditentukan secara .

WARNA Warna perairan dikelompokkan menjadi warna sungguhan disebabkan oleh bahan-bahan terlarut Warna tampak warna yang tidak hanya disebabkan oleh bahan terlarut tetapi jugA OLEH BAHAN .

Nilai DHL berhubungan erat dengan nilai padatan terlarut total .KONDUKTIVIT KONDUKTIVIT AS AS Gambaran numeric dari kemampuan air untuk meneruskan aliran listrik oleh karena itu. semakin banyak garam-garam terlarut yang dapat terionisasi semakin tinggi pila nilai DHL.

TERLARUT TESUSPENSI Padatan total adalah bahan yang tersisa setelah air sampel mengalami evaporasi dan pengeringan pada suhu .PADATAN TOTAL .

7 picometer 104.5° 450 kJ/mol 7 (dalam keadaan .SIFAT-SIFAT KIMIA AIR H H O • Atom-atom hydrogen tertarik pada satu sisi atom oksigen yang mengasilkan molekul air yang mempunyai muatan positif dan negatif • Molekul air berbentuk seperti huruf V • Bersifat polar Panjang ikatan O— H Sudut H--O---H Energi ikatan O-H pH 95.

MANFAAT AIR .

.Air sebagai pengolahan biasanya dilakukan secara terbatas seperti penjernihan dan aerasi terutama untuk mengurangi kadar besi yang biasanya berasosiasi dengan air dari sumber sumur dalam (deep well).

2. Pelarut yang Baik Pelarut yang sering digunakan adalah air. Hal ini disebabkan karena air merupakan zat yang mudah di dapat dan mempunyai kemampuan tinggi untuk melarutkan zat .

. Air lainnya yang digunakan yaitu air bertekanan tinggi dan air biasa. Air untuk pendingin (Cooling Water) pada cooling tower. heat exchanger dll Karakteristik dari air pendingin yaitu air tawar yang  tahan terhadap radiasi.3.

dimana diperlukan air yang terlebih dahulu di oleh melalui ion exchange untuk meminimalisir timbulnya karat serta sumbatan pada pipa api dan jalur distribusi uap dan kondensatnya . hydrolisis serta produksi H2. Air proses (Process Water) Kebutuhan process water untuk boiler.4.

.

TH AN K YO U .